Windows Update menguras kuotamu

Halo sobat semuanya kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang komputer. Untuk pembahasan kita kali ini adalah tentang windows update. Kita disini membuat artikel karena ada beberapa user yang memberikan keluhan setelah mereka menggunakan windows update. Lalu sebenarnya apakah windows update ini menguntungkan atau justru membuat kita rugi. Lalu apa juga penyebab dari windows update bisa menguras kuota. Meskipun pengurangan kuota ini tidak serta merta karena windows update, tetapi windows update ternyata mengurangi kuota kita. Untuk itu kita akan segera membahasnya dalam artikel ini. Sebelumnya kita akan memahami dahulu apakah itu windows update. Dan mengapa ini ada pada setiap sistem operasi berbasis windows. Berikut ini adalah pengertian dari windows update.

Pengertian windows update
Windows update merupakan sebuah layanan dari microsoft yang menyediakan perbaikan serta pembaruan terhadap sistem operasi yang berbasis windows serta komponen-komponennya. Windows update ini biasanya disediakan melalui sambungan internet. Dengan peningkatan-peningkatan tersebut maka kita butuh sebuah kuota untuk mengunduh pembaruan tersebut. Maka dari itulah windows update ini dapat mengurangi kuota anda. Sebenarnya layanan ini bisa membuat anda lebih mudah untuk melakukan peningkatan terhadap sistem pada komputer anda. Dan karena ini berupa peningkatan maka dari itu kita akan mendapat perbaikan setelah kita melakukan update terhadap komputer atau sistem operasi kita.

Sebenarnya windows update ini memiliki fungsi juga. Salah satunya adalah peningkatan keamanan pada sistem operasi ini. Karena dalam windows update terdapat banyak komponen yang diperbarui yang dapat menigkatkan performa pada komputer dan sistem operasi kita. Jadi pada semua versi dari windows ini memiliki update masing-masing. Oleh karena itu kita dapat memberi kesimpulan bahwa windows update adalah layanan pembaruan pada sistem operasi windows yang berfungsi untuk meningkatkan performa pada sistem operasi.

Lalu mengapa windows update ini dapat menguras kuota anda. Ya karena pada windows ini membutuhkan koneksi internet, maka saat tersambung ke internet akan secara otomatis mengunduh pembaruan. Akan kita jelaskan berikut ini.

Mengapa windows update menguras kuota
Untuk melakukan peningkatan performa pada suatu komputer atau sistem operasi maka kita butuh sebuah pengunduhan pada resource di server. Maka dari itu kita akan membuat komputer kita menjadi lebih baik dan kita akan memerlukan sebuah pengunduhan. Jadi yang ditingkatkan dalam windows update ini memang bukan sekedar pada keamanan tetapi kadang bisa melakukan penambahan fitur dalam sistem operasi. Maka dari itu banyak kuota yang bisa dikuras oleh si windows update.

Jadi begini sebenarnya windows update ini menguras kuota anda dengan perlahan maka dari itu anda perlu menggunakan tool yang bisa membuat anda tau lalu lintas data. Intinya anda mempunyai speed meter. Jadi anda bisa melihat apakah sedang berjalan update atau tidak. Saya belum faham betul berapakah data yang diperlukan untuk melakukan update ini tapi yang jelas ini cukup banyak karena ini benar benar berjalan setiap detik dan setiap detik ini bisa mencapai 1 sampai 2 kb jadi bukankah ini akan membuat pemborosan. Kalau anda sendiri mempunyai internet tanpa batas mungkin hal ini tidak masalah. Karena ini tidak akan mengurangi kuota anda. 

Cara mengatasi
Akan saya bahas cara mengatasi hal ini supaya windows update ini tidak membuat kuota anda semakin menipis. Jadi kita punya beberapa cara yang cukup efektif supaya anda tidak resah karena kuota anda tidak berkurang. Maka dari itu kita akan bahas dalam pembahasan bereikut ini.

1. Update melalui wifi
Baiklah untuk cara yang pertama ini kita akan membuat windows update berhenti, dengan cara menuruti windows update ini. Jadi kalau windows update ini meminta kita supaya melakukan update. Maka ya kita lakukan saja update tersebut. Lalu bagaimana cara kita supaya bisa mengakali hal tersebut. Supaya kuota kita tidak terkurangi. Jadi begini anda bisa pergi ke area wifi id atau area free wifi. Dan anda koneksi ke wifi tersebut. Dan saat anda tersambung dengan wifi yang perlu anda lakukan adalah mengupdate. Tapi disini anda tidak kehilangan kuota anda kan. Jadi anda bisa melakukan update tanpa kuota anda. Jadi inti dari trik ini adalah melakukan update tetapi menggunakan koneksi yang lain.

Dan dalam melakukan update silahkan anda tunggu sampai selesai melakukan download. Karena biasanya file yang diunduh memang cukup banyak. Tapi perlu anda ingat lagi. Bukankah pengembangan itu selalu berjalan. Jadi akan ada saatnya si windows mengeluarkan fitur baru dan akan melakukan update lagi. Dan anda bisa lakukan trik ini lagi sebenarnya jadi anda tidak perlu takut kehilangan kuota. Tapi cara ini saya anggap kurang efektif karena pada cara ini kita tidak tau kapan akan terjadi update. Dan update ini adalah secara tiba-tiba. Maka dari itu anda bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu cara dibawah ini.

2. Mematikan melalui pengaturan
Seperti pada umunya setiap komputer perangkat mobile dan sebagainya pasti ada yang namanya pengaturan atau setting. Jadi kita bisa memanfaatkan menu ini untuk mematikan windows update pada komputer kita. Jadi untuk cara ini adalah cara yang lebih mudah dan anda hanya perlu masuk ke setting dan mencari bagian dari windows update. Lalu dimana kah letak windows update ini. Baiklah akan saya jelaskan sebagai berikut.

#buka settings
Untuk membuka setting ini anda cukup membuka windows atau tekan tombol windows dan disitu akan tampil yaitu settings. Untuk itu kita bisa langsung buka.


#buka menu update & security
Setelah kita masuk dalam settings kita bisa melihat ada pilihan disitu. Tapi yang akan kita atur adalah windows update. Maka kita pilih Update & security.

#pilih Advanced options
Saat bagian menu update & security telah terbuka maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini. Jadi yang akan kita atur adalah di Advanced options

#setting bagian notify dan defer
Jadi isi dari advanced setting adalah seperti pada gambar dibawah. Maka kita centang bagian Defer upgrades. Bagian ini yang akan menghentikan windows updatenya. Dan jangan lupa pada pilihan diatasnya silahkan jika masih automatic ganti saja dengan Notify to schedule restart. Dengan mengganti seperti itu maka jika ada pembaruan. Maka pembaruan tersebut hanya akan dinotifikasikan kepada kita tetapi tidak dikerjakan

Setelah beberapa settingan diatas anda atur maka windows update yang berjalan akan berhenti. Dan pembaruan terbaru pun tidak akan dimulai. Tapi, menurut pengalaman saya sendiri dan saya juga pernah memperbaiki ini pada komputer seseorang. Untuk settingan ini belum maksimal menurut saya dikarenakan pada waktu tertentu maka windows update akan kembali berjalan. Dan anehnya komputer anda akan kembali ke settingan semula dalam hal windows update. Maka dari itu telah saya siapkan cara yang ketiga.

3. Mematikan service
Baiklah kita akan lanjut ke cara yang ketiga atau yang menurut saya adalah cara yang paling ampuh. Karena ini secara umumnya adalah mematikan dari akarnya. Jadi si windows update akan dinonaktifkan service nya. Bagaimanakah cara nya? Yaitu sebagai berikut ini

#buka service
Baiklah untuk membuka service sendiri bagi anda yang belum tau. Saya beri tau cara yang paling mudah saja. Yaitu dengan melakukan pencarian pada windows. Anda ketikkan saja service. Jika hasil nya sudah tampil silahkan buka aplikasi tersebut.

#matikan Background Intelligent Transfer Service
Setelah sevice berhasil dibuka yang pertama kita cari adalah Background Intelligent Transfer Service. Pada bagian tersebut anda bisa klik kanan dan akan muncul pilihan, anda pilih pada properties. Selanjutnya stop service dan pada bagian startup type pilih disable

#matikan windows update
Untuk cara selanjutnya adalah anda cari dahulu servicenya windows update kemudian anda klik properties.

Saat sudah di properties silahkan stop service dan pada bagian startup type pilih disable. Dan secara otomatis juga windows tidak akan melakukan update. Dan saat windows ini dinyalakan maka windows tidak akan melakukan update.

Demikian tutorial tentang cara menghentikan windows update pada windows. Dimana windows update ini cukup menjengkelkan terkadang. Maka dari itu silahkan nonaktifkan windows update tersebut dengan cara cara diatas.
Scroll To Top