Virus bagaikan penyusup

Halo sobat semua pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang virus. Jika kita lihat dari judulnya kita bisa simpulkan bahwa pada virus ini bisa melakukan penyusupan pada komputer kita. Lalu bagaimanakah cara virus tersebut menyusup ke komputer kita. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh si virus ini. Dikarenakan virus ini juga dibuat oleh seseorang yang cukup hebat jadi pasti punya cara-cara unik untuk melakukan penyusupan dan masuk ke dalam sebuah komputer.

Bahkan jika kita terkoneksi ke internet saja kita bisa disusupi oleh virus tersebut. Tapi dibalik beberapa cara virus menyusup tersebut juga ada cara bagi para user untuk melakukan perlindungan terhadap data yang mereka miliki. Kalau begitu kita akan langsung ke pembahasan saja. Dan untuk membukanya kita akan membahas terlebih dahulu tentang virus.

1. Pengertian virus
Jika anda belajar ipa maka secara umum virus ini adalah suatu parasit yang menginfeksi suatu sel. Jika kita lihat saja dari namanya sudah jelas bahwa virus ini punya sifat parasit yang bisa kita artikan sifat yang merugikan. Jadi virus ini biasanya akan hinggap pada sel atau yang lain lalu melakukan sebuah pengrusakan terhadap sel tersebut. Maka dari itu sebagian besar virus ini akan merugikan sel yang ditumpanginya. Oleh karena itu perlu kita basmi virus-virus tersebut. Dan biasanya virus tersebut juga menular ke sel atau organisme yang lain. Tetapi apakah virus pada komputer juga memiliki karakteristik yang cukup sama dengan virus pada sains.

Jadi bagini untuk virus pada komputer sebenarnya sama saja. Tetapi yang beda adalah bentuk virus dan yang diganggu atau yang dirugikan. Jadi pada virus komputer tentunya akan mengganggu perangkat-perangkat komputer juga. Jadi virus komputer ini bisa dikatakan sebuah file atau program yang dapat menggandakan diri dan menyebar melalui media komunikasi pada sebuah komputer. Jadi intinya pada virus komputer ini yang diganggu adalah komputer dan cara penyebaran virus ini juga melalui media-media pada komputer.

Maka dari itu kita perlu memahami sebenarnya virus ini apa. Dan apakah kita perlu untuk menghapus virus tersebut atau tidak. Kita bisa melakukan pengecekan pada komputer kita. Dikarenakan pada virus ini terdapat sebuah karakteristik yaitu menyebar. Jadi jika salah satu sudah terinfeksi juga akan berpotensi membuat yang lain terkena virus tersebut. Dan virus ini juga kan membuat kinerja dari komputer kita terganggu serta menurunkan performa komputer kita. Karena banyaknya virus yang bertebaran di dunia ini maka tidak ada salahnya kita membuat cara penanggulangan terhadap virus ini. 

2. Cara penyebaran virus
Pada poin ini kita akan bahas tentang cara virus tersebut menyebar. Jadi virus ini bisa menyebar dengan media atau cara yang bagaimana. Sebenarnya jika sebuah perangkat sudah diamankan dan diberi antivirus maka potensi komputer tersebut tersebar virus adalah sedikit. Karena antivirus ini biasanya akan melakukan deteksi komputer apakah komputer tersebut terinfeksi virus dan jika terinfeksi virus maka si antivirus akan menghapus virus tersebut. Tepi jika anda penasaran dengan cara virus menyebar adalah sebagai berikut.

Melalui flashdisk
Cara yang pertama atau cara yang biasa terjadi adalah melalui flashdisk. Jadi coba anda pikirkan kembali, pernahkah anda melakukan transfer file dengan kerabat anda menggunakan flashdisk. Apakah anda sudah yakin bahwa flshdisk teman anda tersebut aman dari virus dan tidak akan menyebar ke komputer anda. Maka dari itulah hal-hal yang sederhana seperti ini perlu diperhatikan oleh kita para pengguna. Jika virus-virus pada flashdisk tersebut dibiarkan tersebar maka akan lebih banyak lagi perangkat yang akan terinfeksi virus. Dan cara ini biasanya cukup simple, jika komputer tertancap flashdisk yang bervirus maka virus akan menyusup ke komputer kita dan masuk ke sistem komputer kita. Kemudian yang lebih lagi jika virus tersebut menempel pada sebuah file dan file tersebut kita copy. Maka secara otomatis kita juga telah mengcopy si virus tersebut. Dan akhirnya virus tersebut masuk ke perangkat kita.

Melalui file
Untuk cara virus menyebar yang kedua adalah melalui file. Jadi bagaimanakah virus tersebut menyebar melalui file. Jadi begini file yang saya maksud adalah file secara universal baik file yang berasal dari flashdisk tadi, maupun file yang berasal dari perangkat lain atau cara lain seperti contohnya lewat jaringan.  Jadi cara virus ini cukup cerdik. Mereka menempel pada file tersebut dan file tersebut akan terbawa dan ke komputer lain. Dan biasanya di komputer lain ini akan dibuka dan begitulah. Virus akan tersebar ke komputer dan terjadilah pengrusakan pada komputer anda. Jadi intinya virus ini menempel pada file. Untuk cara yang ini biasanya cukup cepat karena ini juga akan berlaku pada file-file yang ada di internet. Jadi file-file yang ada di internet itu mengandung virus yang bisa tersebar dengan sangat cepat karena memang banyak orang yang mengakses file yang ada di internet.

Melalui internet
Untuk media yang ketiga yang digunakan virus untuk melakukan penyebaran adalah melalui internet. Jadi karena semua hal dapat diakses ke internet maka jika sebuah virus tersebut diupload ke internet oleh pembuat virus tersebut maka virus tersebut akan tersebar dengan luas bukan. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet. Usahakan kita dalam surfing di internet kita harus hati-hati. Hindari situs-situs yang tidak terpercaya. Dan yang paling penting adalah anda jangan sampai asal klik pada saat di internet karena pada saat kita klik sesuatu kita bisa saja masuk ke halaman yang tidak dikenal dan komputer kita akan terkena virus atau hal merugikan yang lain. Maka dari itu cara untuk mencegah penyebaran virus melalui internet ini kita harus membentengi diri kita sendiri dengan antivirus dan browsing yang aman.

Jadi dari beberapa pembahasan tentang virus ini bisa kita simpulkan bahwa virus ini cukup berbahaya dan jika kita tidak hati-hati maka kita akan terkena virus tersebut. Tetapi jika bicara cara mereka menyebar memang banyak cara juga dan dari cara-cara yang telah disebutkan tersebut juga merupakan cara atau kegiatan yang sering kita lakukan. Maka dari itu yang perlu kita lakukan adalah kita harus hati-hati. Dan kita juga harus punya pengaman supaya kita tidak terjangkit virus tersebut. Maka dari itu silahkan install antivirus dan sebagainya supaya komputer kita aman dari serangan virus tersebut dan aman.
Scroll To Top