Tipe data dalam web programming

Halo sobat semuanya pada pembahasan kali ini akan saya bahas tentang tipe data dalam suatu pemrograman web. Sebenarnya tipe data baik dalam pemrograman web maupun pemrograman yang lain sama saja dan hampir mirip. Jadi kita bisa mudah dalam mempelajari tipe data ini karena di dunia ini kalau tipe data saya kira cukup umum ada beberapa bentuk-bentuk dasar yang digunakan dan biasanya digunakan dalam pembuatan aplikasi. Entah aplikasi berbasis web, dekstop maupun android. Ini semua sebenarnya menggunakan tipe-tipe data yang sama dan mirip maka dari itu kita sebenarnya penting untuk mempelajari tipe data ini.

Dan sebelum terjun ke bagian pembuatan aplikasi dalam website sebaiknya anda memahami dahulu tipe data tersebut supaya anda nanti tidak bingung. Karena memang data yang dimasukkan sama tapi beda bentuk atau beda penulisan saja ini akan membuat nama tipe data tersebut menjadi berbeda. Dan yang perlu dipahami adalah juga dengan penggunaannya. Karena diciptakan banyak tipe data ini tentunya karena memang ada keperluan masing-masing yang tidak bisa dilakukan oleh tipe data yang lain. Oleh karena itu diciptakan beberapa tipe data. Baiklah untuk akan kita bahas satu persatu dari tipe-tipe data tersebut. Silahkan anda simak sebagai berikut.

1. Tipe data integer
Baiklah untuk yang pertama adalah tipe data yang cukup banyak digunakan yaitu tipe data integer. Jadi tipe data integer ini adalah tipe data yang didalamnya berisi angka. Tapi bukan semua angka akan dianggap sebagai tipe data integer tetapi hanya bilangan bulatlah yang akan dianggap sebagai integer. Misalkan kita punya angka 13 maka angka 13 tersebut adalah bilangan bulat dan tersebut adalah tipe data integer. Beda lagi jika anda memasukkan data dengan nilai 13.4 maka itu tidak akan dianggap sebagai tipe data integer. Karena bilangan 13.4 adalah bilangan pecahan jadi tidak dianggap tipe data integer.

Untuk itu untuk memahami tipe data integer ini kita perlu memahami tentang bilangan bulat. Jadi bilangan bulat ini iyalah bilangan yang utuh atau tidak punya pecahan. Biasanya tipe data ini juga digunakan dalam sebuah penghitungan dalam sebuah aplikasi. Contohnya saat kita membuat aplikasi kalkulator dalam basis web. Tentunya kita akan memerlukan tipe data ini.dan tipe data ini akan banyak digunakan juga dalam pembuatan projek-projek yang lain contohnya dalam database kita memberi id dari suatu data dengan menggunakan tipe data integer. Karena tipe data ini merupakan tipe data yang cukup mudah alias simple.

2. Tipe data char 
Tipe data char adalah tipe data yang berisi satu karakter. Jadi karakter disini pada contohnya adalah huruf a, b , c huruf a itu merupakan satu karakter. Jadi kita bisa mendefinisikan bahwa tipe data ini akan membentuk tipe data lain jika digabung. Dan perlu kita garis bawahi pada tipe data ini supaya anda lebih mudah memahami kia pahamkan dengan tipe data char ini adalah tipe data yang berisi data-data yang ada pada keyboard kecuali spasi. Jadi jika kita tulis spasi maka itu tidak akan dianggap tipe data char. Ya intinya adalah tipe data char ini adalah tipe data yang terdiri dari satu karakter. Dan satu karakter disini maksudnya adalah satu huruf ataupun simbol. 

3. Tipe data string
Tipe data string adalah tipe data yang terdiri dari gabungan antara tipe data char. Jadi beberapa char yang digabungkan akan mejadi sebuah string. Jadi tipe data string ini adalah tipe data yang berisi beberapa karakter. Dan karakter disini maksudnya adalah tipe data karakter, jadi jika anda sudah faham dengan tipe data char maka anda akan mudah memahai tipe data yang satu ini. Jika anda sulit untuk memahami tipe data char adalah tipe data yang terdiri dari satu karakter dalam keyboard. Sedangkan untuk tipe data string ini terdiri dari beberapa karakter. Jadi jika tunggal merupakan char jika lebih dari satu disebut string. Baiklah akan kita sebutkan contohnya supaya anda paham. Contoh dari tipe data string ini adalah ‘agung’ dan ‘prabowo’ dua kata tersebut merupakan tipe data string karena itu terdiri dari beberapa tipe data char atau yang jelas lebih dari satu char.

4. Tipe data boolean
Tipe data boolean ini adalah tipe data yang paling simple dibanding dengan tipe data yang lain karena pada tipe data yang ini hanya memiliki 2 value atau nilai. Dan nilai itu juga nilai yang cukup penting dan sangat perlu dalam berbagai pembuatan. Lalu apakah 2 nilai tersebut. 2 nilai tersebut adalah true dan false. Bisa kita artikan benar dan salah. Jadi dalam tipe data boolean ini hanya mempunyai 2 value yaitu tipe true dan juga false.

Maka tipe data boolean memiliki cukup banyak fungsi. Contohnya menentukan suatu pernyataan apakah pernyataan tersebut benar atau salah. Untuk tipe data boolean ini biasannya juga dipakai dengan nilai 0 atau 1. Jadi nilai 0 menunjukkan false dan 1 menujukkan true. Atau jika kita jabarkan 0 menunjukkan salah dan 1 menunjukkan benar. Salah satu contohnya adalah jika kita membuat suatu pernyataan jika bernilai true maka boleh login sedangkan jika bernilai false maka tidak boleh login kedalam suatu website. Ini biasanya memang digunakan pada perumpamaan yang sebelumnya didefinisikan nilai true dan false.

5. Tipe data array
Selanjutnya adalah tipe data yang gunanya sangat banyak meskipun dalam penggunaannya memang tidak semudah dengan tipe data yang sebelumnya. Tipe data yang satu ini adalah tipe data yang mampu menampung beragam data. Pengertian untuk tipe data array ini adalah tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data dan ini biasanya juga digunakan untuk menyimpan data yang banyak dengan adanya ketentuan dalam setiap datanya. Jika ada fungsi untuk melakukan input data tipe data array ini akan menjadi tipe data yang cukup berguna karena mempunyai fleksibilitas yang cukup baik. Dan setiap data yang tersimpan ini biasanya disimpan dalam variabel-variabel tersendiri yang bisa kita definisikan contoh untuk tipe data array ini adalah sebagai berikut.

$data=array(
‘nama’=’agung’
‘alamat’=’ponorogo’
);

Diatas adalah contoh dari penggunaan tipe data array $data merupakan bagian yang menujukkan nama dari arraynya. Kemudian nama dan alamat adalah indeksnya sedangkan pada agung dan ponorogo adalah bagian valuenya atau nilainya. Tipe data ini memiliki dimensi yang berbeda tapi untuk dasar saja array itu seperti yang saya jelaskan diatas
Scroll To Top