Terhapusnya file di windows

Ketidaksengajaan memang terkadang membuat kita melakukan sesuatu yang tak terduga. Bahkan sesuatu tersebut dapat merugikan kita sendiri. Dan dalam melaksanakan sesuatu sebaiknya diri kita melakukan dengan penuh hati-hati. Supaya kita tidak menyesal di kemudian hari atau sesaat setelahnya. Sama seperti saat anda menggunakan komputer anda. Pernahkah anda melakukan ketidak sengajaan untuk menghapus file pada komputer anda. Entah file tersebut penting atau tidak. Tapi mungkin secara spontan anda akan kaget saat melihat tiba-tiba file anda terhapus. Lalu apakah yang anda pikirkan pertama kali saat file tersebut terhapus. Tentunya anda berusaha untuk mengembalikan file tersebut. Jelas file yang terhapus memang bisa dikembalikan tapi tidak semua file bukan.

Jadi ada ketentuan tertentu tentang beberapa file yang tidak dapat dikembalikan saat anda menghapus file tersebut. Kita ingat saja saat kita menghapus secara manual dengan cara klik kanan kemudian pilih delete. Saat itu file telah terhapus dan saat file terhapus file tersebut sebenarnya hanya berpindah saja. Lalu kemanakah teempat perpindahan dari file tersebut. Tentunya ke tempat sampah. Dan tempat sampah yang ada pada komputer kita adalah recylce bin. Dan di recycle bin ini banyak file-file sejenis yang anda hapus juga dengan cara serupa. Lalu bagaimana jika anda telah menghapus file tersebut dengan klik pada tombol delete tentu file akan terhapus secara permanen. Dan saat file terhapus permanen, hilang sudah file tersebut dari permukaan explore.

Lalu apa usaha kita untuk mengembalikan file tersebut. Ya saya juga pernah mendapati di beberapa waktu saat setelah menghapus suatu file terdapat undo dan file yang terhapus telah kembali lagi. Jika dengan cara ini simple bukan. Kita dapat melakukan reinkarnasi terhadap file kita. Lalu jika si undo tidak muncul, panik sudah hati kita. Apalagi file tersebut adalah file penting adalah file tugas file laporan apalagi file skripsi. Tentu kita tak bisa tidur tak enak makan. Maka dari itu kita disini akan melakukan pembahasan tentang penghapusan file pada windows ini.

1. Bagaimana file bisa terhapus
Baiklah untuk pertanyaan diatas tentunya kita bisa jawab dengan mudah yaitu karena file kita klik kanan lalu kita pilih delete dan file kita terhapus atau kita memencet tombol delete dan juga file kita terhapus juga. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah saat kita tidak sengaja.  Pada contohnya saat kita salah melakukan klik pada file yang akan dihapus. Dan kita sudah terlanjur menghapus file tersebut. Jadi pada poin-poin berikut ini akan saya jelaskan mengapa file tersebut bisa terhapus.

Sengaja dihapus
Yang pertama adalah mengandung unsur kesengajaan karena apa. Disini kita mengahapus sendiri. Karena suatu file sudah tidak penting maka alangkah baiknya jika kita menghapus file tersebut. Tidak lain tidak bukan adalah supaya penyimpanan kita terasa lebih lega dan lebih enteng.

TERhapus
Baiklah yang kedua hanya perlu sedikit pemahaman kata lagi. Disini kita ucapkan terhapus artinya disini artinya luas. Bisa saja kita sendiri yang menghapus dan jika hal ini terjadi tentu sebab utamannya adalah karena kita kliru atau gugup saat memegang suatu komputer. Dan pada akhirnya kita malah menghapus file kita sendiri. Dan ini akan merugikan kita sendiri bukan. Bisa juga saat kita memberi akses komputer kita kepada orang lain. Kemudian orang lain tersebut sembrono maka kita bisa saja dirugikan dengan file kita dihapus oleh mereka dan alhasil kita kehilangan file kita.

2. Antisipasi supaya file aman
Karena diri kita terkadang melakukan sebuah kelalaian maka kita harus melakukan sebuah perlindungan pada file kita sendiri maka dari itu file itu penting. Jika kita sudah tau penyebab file-file tersebut terhapus tentunya yang perlu kita lakukan adalah melakukan antisipasi supaya file tak terhapus. Maka dari itu kita perlu melakukan langkah-langkah antisipasi supaya kita tidak menghapus file kita sendiri. Mungkin langkah-langkah tersebut seperti pada contoh berikut ini.

Fokus
Baiklah untuk cara yang pertama adalah kita harus fokus dalam mengoperasikan komputer kita. Jika data terhapus dan tanpa kesengajaan maka kita akan termasuk kategori lalai atau kategori kurang fokus. Jadi marilah tingkatkan konsentrasi dan kita jangan terlalu terpaku pada layar monitor. Jika kita serasa lelah sudah sebaiknya kita istirahat dan memberi udara segar pada tubuh kita. Jangan sampai memaksakan diri kita untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Karena justru kita malah tidak maksimal dalam mengerjakan pekerjaan kita tersebut. Jadi intinya kita fokuskan diri dan istirahat jika lelah.

Budayakan membaca
Kita pahami dahulu judulnya “budayakan membaca”, baiklah yang kita maksud dengan budayakan membaca disini adalah membaca suatu notifikasi dalam komputer. Atau membiasakan untuk membaca pop up yang muncul pada komputer kita. Jadi begini misalkan kita menghapus suatu file pasti sebelum file tersebut terhapus kita akan melihat suatu notifikasi untuk menghapus file dengan nama tertentu. Jadi kita baca dahulu isinya apakah yang akan dihapus. 

Budayakan membaca jangan asal klik. Jika kita asal klik maka ya begitulah hasilnya, file penting atau tidak penting terhapus. Dengan kita membaca suatu pop up yang muncul maka kita sudah bisa membaca arti dari aksi yang akan terjadi. Jadi kita bisa melakukan antisipasi terhadap sebuah file jika akan terhapus. Jadi jangan asal klik bacalah dahulu.

Jauhkan dari anak kecil
Baiklah untuk cara yang ketiga ini cukup unik. Yaitu jauhkan dari anak kecil. Ini seperti warning pada sebuah produk saja. Jadi begini jika kita punya sebuah komputer. Jangan sampai boleh dipegang oleh orang yang kurang tau dengan komputer. Sebenarnya tidak kok kita berprasangka buruk. Tapi kita antisipasi hal buruk. Jika saja seorang anak kecil secara ngawur melakukan klik terhadap file kita. Dan tombol yang diklik merupakan tombol hapus tentunya akan membuat file kita terhapus. 

Dan sebuah antisipasi yang paling tepat tentunya adalah menjauhkan anak tersebut dari komputer kita. Tapi perlu di ingat jika anak kecil terus datang maka kita yang harus menjauh supaya aman. Apalagi kita seorang pekerja yang menggunakan komputer tentunya kita harus menjaga komputer kita dengan aman.

Baiklah saya kira beberapa poin diatas cukup menjelaskan tentang bagaimana file kita terhapus dan bagaimana antisipasi supaya kita bisa mengamankan file-file kita. Karena file-file kita cukuplah penting dan harus kita amankan sedemikian rupa. Jadi cara-cara diatas adalah cara antisipasi yaitu cara yang bisa kita lakukan sebelum hal tersebut terjadi. 

Scroll To Top