Sistem operasi 32 bit dan 64 bit

Dari sistem operasi yang begitu banyak kita dapat melakukan pengelompokkan berdasarkan kompatibilitas nya, sistem operasi dibedakan menjadi sistem operasi 32 bit dan sistem operasi 64 bit. Dan kedua sistem operasi ini tentunya memiliki perbedaan masing-masing. Dan kita akan bahas bagaimana karakternya masing-masing. Serta kegunaan dari keduanya berbeda sesuai kemampuan dan kebutuhan. Karena tentunya semua tipe sistem operasi yang ada sebenarnya juga terdiri dari sistem operasi 32 bit dan sistem operasi 64 bit.

Jadi dari keduanya secara umum adalah sama sistem operasi tetapi yang membedakan mereka adalah tentang program yang dapat di instal di keduanya. Ada ketentuan-ketentuan dari kedua sistem operasi ini tentang bisa tidaknya di instal sebuah aplikasi dalam komputer tersebut. Dan juga dalam pemasangan perangkat secara hardware tentunya juga berbeda antara sistem operasi yang 32 bit dan sistem operasi yang 64 bit. Dan ini nanti akan menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk memilih mana yang lebih cocok untuk anda gunakan dalam komputer anda. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai kedua sistem operasi tersebut.

1. Pengertian sistem operasi 
Untuk mengawali pembahasan pada kali ini, pertama akan kita bahas terlebih dahulu tentang sistem operasi. Jadi sistem operasi merupakan sebuah sistem yang menjembatani antara pengguna dengan perangkat. Jadi ini yang akan mempermudah para pengguna dalam menggunakan suatu komputer. Jadi sistem operasi inilah yang yang akan menjadi jembatan dalam hubungan antara pengguna dan perangkatnya.

Maka sistem operasi ini sangatlah penting dalam suatu komputer, karena tanpa adanya sistem operasi maka tidak akan dapat menjalankan fungsi dari sebuah komputer. Setelah kita paham tentang pengertian nya dari penjelasan diatas. Kemudian akan kita bahas tentang jenis nya yaitu 32 bit dan 64 bit. Jadi dari masing-masing sistem operasi memiliki perbedaan. Dan akan kita bahas pada poin-poin berikut ini.

2. Sistem operasi 32 bit dan 64 bit
Yang membedakan keduanya adalah pada data yang dapat mereka proses dalam satuan bit. Maka dari itu dalam sebuah sistem operasi dapat dibedakan berdasarkan data yang dapat diproses. Jadi jika sistem operasi yang memiliki 32 bit dapat melakukan pemrosesan data 232 bit dalam satu kali pemrosesan data. Tapi beda lagi dengan sistem operasi 64 bit. Yang 64 bit ini akan mampu memroses data sampai 264 bit dalam satu kali pemrosesan. Jadi kita bisa bedakan bahwa sistem operasi 64 bit memroses data lebih cepat dibanding 32 bit. Meskipun perbedaan mereka sedikit tapi ini juga akan berpengaruh.

Dalam hal perangkat keras keduanya juga dibedakan. Jadi pada sistem operasi yang 32 bit tidak akan bisa dipasangi dengan ram lebih dari 3 Gb tapi jika kita menggunakan yang 64 bit, maka kita akan bisa menggunakan ram atau memasang ram lebih dari 3 Gb dalam komputer kita. Jika dalam penggunaan ram ini sistem operasi yang 64 bit lebih unggul maka kembali lagi kita harus melihat bahwa sistem operasi 32 bit memang masih dibawah sistem operasi 64 bit. Setelah ini akan kita bahas tentang perbedaan dari keduanya dalam beberapa hal.

3. Dalam hal menjalankan program
Jika kita bicara sistem operasi mana yang bisa menjalankan program dengan lebih baik. Dan mana yang lebih efektif dari keduanya. Maka akan kita coba jelaskan satu persatu. Contohya seperti ini, jika kita menggunakan sistem operasi 32 bit kemudian membuka apliksi 64 bit. Maka aplikasi tersebut akan error saat dijalankan. Bisa dibilang aplikasi tidak bisa dijalankan. Tapi saat sistem operasi 32 bit menjalankan aplikasi 32 bit. Maka aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Kemudian pada kasus yang kedua kita punya sistem operasi 64 bit, kemudian kita ingin menjalankan aplikasi yang 64 bit . Maka aplikasi berjalan dengan lancar. Karena aplikasi tersebut memang diperuntukkan untuk sistem operasi 64 bit. Kemudian kita punya aplikasi 32 bit dan kita jalankan di sistem operasi 64 bit. Maka aplikasi tersebut akan berjalan dengan baik pula. Karena sistem operasi 64 bit ini sangat powerfull dengan bisa menggunakan aplikasi 32 bit dan 64 bit. Jadi dari segi aplikasi yang dapat dijalankan maka sistem operasi 64 bit lebih unggul kembali dibanding sistem operasi 32 bit.

4. Dalam penggunaan ram
Dalam penggunaan ram antara sistem operais 32 bit dan sistem operasi 64 bit tentunya memiliki perbedaan. Perbedaan itu terletak pada kapasitas RAM yang dapat dipakai dalam sistem operasi tersebut. Jika menggunakan sistem operasi 32 bit maka kapasitas ram akan dibatasi sebanyak 3 Gb. Sedangkan jika kita menggunakan sistem operasi 64 bit, kita bisa memakai RAM lebih dari 3 Gb. 

Dan bisa kita analisa jika sebuah komputer memiliki ram yang lebih besar maka akan lebih cepat dalam melakukan pemrosesan data. Dan dalam keadaan ini dapat kita artikan bahwa jika sama-sama dimaksimalkan dalam hal penggunaan ram maka akan lebih baik sistem operasi 64 bit karena untuk sistem operasi 64 bit bisa menampung ram lebih banyak dari sistem operasi yang 32 bit. Jadi kita bisa simpulkan kembali bahwa sistem operasi 64 bit lebih unggul dari yang 32 bit.

5. Kesimpulan
Dari penjelasan penjelasan diatas dapat kita artikan bahwa sistem operasi yang 64 bit memiliki beberapa kelebihan dibanding 32 bit. Tetapi pilihan kembali pada diri sendiri masing-masing tentang mana yang lebih baik dan cocok untuk anda. Ini juga akan menyesuaikan sesuai dengan penggunaan dari pengguna tesebut. Tapi jika bicara kualitas tentunya untuk sistem operasi yang 64 bit lebih unggul dibanding sistem operasi yang 32 bit. Maka dari itu anda bebas memilih karena keduanya sama-sama sistem operasi. Dan saya pribadi juga pernah memakai keduanya dan hasilnya sama saja.

Dari kedua sistem operasi ini sama sama memiliki kinerja yang baik. Hanya saja jika masalah aplikasi yang bisa diinstal menurut saya pribadi lebih mudah jika kita menggunakan sistem operasi yang 64 bit. Karena bisa dibilang jika kita memakai sistem operasi 64 bit. Maka akan bisa menginstal semua aplikasi.

Scroll To Top