Sistem kerja pada komputer

Halo sobat semua pada kesempatan kali ini saya akan melakukan pembahasan berkaitan dengan sistem kerja dari komputer. Jika kita pikirkan sistem kerja dari komputer ini mirip seperti sistem kerja pada manusia. Apakah dulu memang dalam penciptaan komputer ini juga memang meniru dari sistem kerja dari tubuh manusia atau bagaimana kita tidak tahu. Jadi dalam sebuah komputer itu ada sebuah sistem yang tidak bisa dipisahkan fungsinya satu sama lain. Maka dari itu kita perlu untuk memakai dan menerapkan mereka secara bersamaan. Dalam komputer ini ada tiga sistem yaitu sistem input, sistem output dan sistem pemroses.

Jadi mereka bertiga adalah sebuah relasi yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain. Maka dari itu pengerjaannya atau penerapannya harus secara bersama-sama. Sebenarnya bisa mereka berjalan sendiri-sendiri tapi yang jelas tidak maksimal atau bahkan tidak membuahkan hasil. Dan ini tidak dapat digunakan oleh user, jadi pada artikel kali ini akan saya jelaskan ketiga sistem tersebut satu persatu supaya anda faham. Dan seperti biasa akan saya jelaskan konsep kerjanya kepada anda. Agar anda paham. Saya juga akan buat beberapa perumpamaan dalam pembahasannya.

1. Sistem input
Baiklah untuk sistem yang akan pertama dibahas adalah sistem input. Sebelum membahas terlalu jauh kita harus memahami terlebih dahulu tentang pengertian dari sistem input ini. Baiklah kita bahas dahulu tentang input. Jadi input merupakan sebuah arti untuk masukkan jadi input artinya hal yang berkaitan dengan masukkan. Jadi intinya adalah sistem input ini adalah sebuah sistem dalam komputer yang memiliki fungsi memberikan masukkan data atau perintah kedalam suatu sistem komputer.

Contoh penerapan dalam komputer adalah pada keyboard dan mouse, lalu apakah kedua perangkat tersebut termasuk kedalam kategori alat input. Kedua alat tersebut masuk kedalam jenis input karena ini merupakan sebuah perangkat yang mengirimkan sinyal atau perintah kepada komputer. Jadi ini sifatnya memasukkan. Lalu apa yang dimasukkan? Yang dimasukkan adalah perintah seperti memasukkan huruf saat kita mengetik. Misalnya kita mengetik huruf a. Maka akan tampil huruf a, itu karena si keyboard telah memasukkan data kedalam komputer berupa huruf a.

Jika anda masih belum faham lagi akan kita akan coba umpamakan lagi dengan hal lain. Inputan ini adalah mulut. Jadi kita ibaratkan mulut sebagai suatu sistem input karena mulut ini digunakan untuk memasukkan makanan kedalam tubuh kita ini. Dan tubuh kita ini kita ibaratkan komputer. Jadi mulut tersebut sebagai organ yang bisa untuk memasukkan makanan. Jadi bisa kita simpulkan mulut ini memasukkan. Jadi mulut ini merupakan input. Jadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa sistem input adalah sebuah sistem yang mempunyai fungsi umum adalah memasukkan sebuah data.

2. Sistem proses
Yang kedua adalah sistem proses. Sistem ini merupakan sistem yang cukup penting karena bisa kita katakan inilah kunci dari kinerja komputer itu. Untuk mengawali mari kita jelaskan terlebih dahulu dengan pengertian dari sistem proses ini. Jadi sistem proses ini adalah sebuah sistem yang melakukan pemrosesan data pada sebuah komputer. Berbeda dengan input yang melakukan masukkan.

Pada proses ini yang dilakukan adalah pemrosesan karena ini merupakan sistem proses. Akan coba kita sebutkan penggunaanya secara langsung pada komputer kita. Proses ini berada pada motherboard atau kita simpulkan saja dalam processor atau dalam cpu. Jadi perangkat itu melakukan penghitungan dan sebagainya dalam suatu komputer. Jadi apapun bentuk data dalam sebuah komputer jika ingin diproses maka menggunakan processor ini karena processor ini merupakan perangkat pemroses.

Maka dari itu processor ini menentukan baik tidaknya suatu kinerja sebuah komputer. Jika semakin baik processor juga akan semakin baik juga kinerjanya. Apa anda sudah faham dengan pembahasan ini. Jika sudah silahkan langsung ke perangkat output. Tetapi jika belum akan kami umpamakan dengan perut. Dalam manusia yang bertugas sebagai pemroses adalah karena apa saat kita makan maka akan ke perut. Dan perut ini yang akan mengolah makanan kita. Sama juga dalam komputer pada processor ini akan mengolah data. Jadi kesimpulannya singkat saja sistem pemroses ini adalah  sistem yang melakukan pengolahan terhadap data dalam suatu komputer.

3. Sistem output
Yang ketiga sistem output. Yang dimaksud sistem output adalah sebuah sistem dalam komputer yang intinya adalah melakukan pengeluaran terhadap data. Jadi jika kita sudah mengenal input sebagai masukkan dan proses sebagai pengolahan. Lalu yang terakhir ini adalah output yang bertugas sebagai pengeluaran. Untuk contoh pada komputernya bisa kita amati pada perangkat monitor. Jadi pada monitor ini kita akan melihat data-data dalam komputer kita, dan darimanakah asal dari data ini.

Tidak lain adalah dari data input kita tadi dan data tersebut juga telah diproses dalam komputer. Contoh lain adalah pada perangkat speaker jadi pada speaker ini tugasnya adalah mengeluarkan suara. Lalu suara inilah outputnya. Jadi perangkat output ini adalah perangkat yang mengeluarkan data. Jika anda belum faham bisa anda amati saat anda BAB. Jadi saat bab anda mengeluarkan yang sama dengan output. Cara kerja output tidak jauh beda dengan kegiatan tersebut. Jadi bisa kita simpulkan seperti ini sistem output adalah sebuah sistem yang fungsinya untuk menampilkan atau mengeluarkan data dari sebuah komputer.

Konsep kerja sistem komputer
Jika kita sudah memahami setiap sistemnya selanjutnya kita akan mulai memahami pada cara kerja atau konsep kerja dari ketiga sistem tersebut. Kenapa tadi pada awal dikatakan ketiga sistem ini merupakan sebuah relasi yang tidak dapat dipisah. Jadi dalam sistem komputer sistem input proses output menjadi sebuah hubungan karena mereka saling membutuhkan. Misalkan perangkat process tidak mungkin memroses data jika tidak ada data masuk dari input. Dan output juga tidak bisa menampilkan apapun jika pemroses tidak melakukan pengolahan data. Jadi pada keterangan tersebut bisa kita simpulkan cara kerja seperti pada bawah ini.

Data dimasukkan melalui sistem input. Data diterima kemudian diolah oleh sistem proses dan sistem proses ini akan mengirim olahan datanya kepada sistem output. Lalu sistem output menampilkan atau mengeluarkan hasil pemrosesan data dari proses tersebut. Jadi kinerja mereka cukup berhubungan serta berurutan. Jika salah satu dari mereka tidak ada tentunya sebuah komputer tidak bisa dioperasikan dengan baik. Dan tentunya akan membuat komputer sendiri tidak berfungi. Cukup sekian pembahasan tentang sistem komputer ini dan terima kasih.
Scroll To Top