Sistem keamanan jaringan komputer

Halo sobat semua kali ini kita akan membahas tentang keamanan pada jaringan. Sebelumnya kita juga telah membahas keamanan pada komputer. Maka kali ini kita akan membahas sistem keamanan pada jaringan komputer. Jadi jika sebuah jaringan komputer tidak diberi keamanan jaringan dan terserang suatu virus atau sebagainya. Jadi jika yang diserang adalah jaringannya tentunya hal ini akan menjadi lebih fatal. Karena ada banyak orang yang membutuhkan jaringan tersebut dan jaringan tersebut terhubung ke banyak klien. Maka dari itu pentingnya keamanan jaringan ini harus kita ketahui. Dan supaya kita mengerti kita akan coba bahas pada artikel berikut ini. 

1. Pengertian sistem keamanan jaringan
Sistem keamanan jaringan menurut saya adalah suatu metode atau proses untuk mencegah suatu jaringan dari gangguan. Jadi ini adalah sebuah sistem dan sistem ini adalah yang membentengi jaringan ini sendiri. Jadi ini harus ada pada setiap jaringan. Supaya jaringan tidak terancam dari ancaman ancaman yang dapat membuat jaringan menjadi kacau dan terjadi kesalahan pada jaringan itu sendiri.

Dan jika tidak diberi keamanan dan jaringan tersebut berhasil terbobol oleh seseorang tentunya ini akan merugikan bagi kita. Sebagian orang juga menyebut sitem keamanan jaringan ini dengan firewall. Jadi setiap jaringan sebenarnya sangat perlu dipasang sebuah sistem keamanan jaringan. Maka dari itu kita harus memahami juga jenis-jenis keamanan jaringan ini dan apa saja hal yang mengganggu keamanan ini sendiri. Jadi kita bisa memperkirakan keamanan apa yang harus ada pada jaringan kita.

Supaya jaringan itu aman dan tidak terjadi kendala. Meskipun sebagian orang mengatakan “ no system is safe “, tetapi tidak ada salahnya kalau kita membuat sistem keamanan dalam jaringan kita. Kalaupun jaringan tersebut masih bisa dibobol maka ya kita harus tingkatkan lagi keamanan dalam jaringan kita. Tapi setelah paham dengan pengertian ini marilah kita pahami dahulu hal yang mengancam sistem keamanan jaringan.

2. Ancaman pada sistem keamanan jaringan
Denial of Service (DoS)
Untuk ancaman dos ini secara umum adalah serangan yang dilakukan dengan cara mengirim suatu pesan ataupun paket data kepada server dengan tujuan server akan down dan tidak berfungsi. Serangan ini tentunya akan merugikan kita karena dalam serangan ini biasanya akan melibatkan banyak orang. Dan bisa dibayangkan jika satu orang mengirim 1000 pesan dan dikalikan dengan banyaknya orang yang melakukan dos ini. Tentunya server akan kewalahan dengan banyaknya data yang dikirim kepada server tersebut. Alhasil server menjadi down dan serangan ini berhasil. Sebenarnya ini masih ada cara mengatasinya. Dan ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Bahwa jika kita ingin jaringan aman tentunya harus disertai dengan keamanan. Maka dari itu diciptakanlah sebuah sistem keamanan jaringan.

Ping of death
Ya dari judulnya saja sudah bisa kita simpulkan bahwa ancaman yang ini cukup mematikan. Jadi begini ping of death ini adalah sebuah serangan dimana orang yang melakukan ping of death ini mengirimkan paket ping kepada korban dengan jumlah yang sangat banyak. Jadi akan membuat korban menjadi lambat. Dan dapat menghentikan kinerja dari komputer korban. Pada dasarnya pada ancaman yang ini hampir sama dengan ancaman dos karena fungsinya masih sama yaitu membuat server tidak berfungsi atau down. Jadi intinya ini adalah sebuah serangan yang dilakukan dengan cara mengirimkan sebuah paket ping kepada korban dengan ukuran yang sangat banyak sehingga membuat server down.

Spamming
Baiklah untuk gangguan selanjutnya adalah gangguan yang kita sebut dengan spam. Tentunya ini sering anda dengar di sosial media yang berkaitan dengan spam ini. Terkadang ada sesorang yang komen tidak penting dan akan ditanggapi oleh pengomentar lain dengan kata “spam”. Lalu apa sebenarnya arti dari kata spam ini. Spam menurut saya adalah konten atau pesan yang tidak penting yang dan  biasanya spam ini akan muncul dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi pada intinya spam ini merupakan pesan tidak penting yang dikirim ke suatu jaringan sehingga akan membuat pengguna jaringan menjadi terganggu. Maka dari itu ini lebih ke penggangguan daripada proses pengrusakan.

Sniffer
Untuk ancaman pada sistem keamanan selanjutnya adalah sniffer. Apa yang dimaksud dengan sniffer. Sniffer merupakan sebuah serangan yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan data dari user dengan cara memanfaatkan trafic pada jaringan tersebut. Jadi pada sniffer ini sebenarnya adalah menyerang para pengguna. Maka dari itu biasa yang dicuri adalah data pada saat melakukan transaksi online. Maka si sniffer ini akan mengambil data dari atm atau kartu kredit korban. Dan ini bisa digunakan untuk keuntungan si pelaku karena pelaku akan mendapatkan sebuah informasi yang penting alias berhasil mendapat informasi berkait dengan atm korbannya. 

3. Manfaat sistem operasi jaringan
Dari pembahasan diatas kita sudah bisa mengetahui apa saja gangguan pada keamanan sistem operasi jaringan. Jadi kita ini tin4ggal mencari tahu seberapa penting sistem operasi jaringan ini. Berikut ini adalah manfaat dari sistem operasi jaringan tersebut.

Membuat data user dalam suatu jaringan aman
Maksud dari pernyataan ini adalah lebih ditekankan dengan kenyamanan user dalam suatu jaringan tersebut maka dari itu kita perlu untuk membuat jaringan miliki kita aman. Fungsinya yaitu supaya data dari user yang menggunakan jaringan kita ini bisa aman dan terkendali. Karena kita tahu sendiri ada ancaman sniffer yang bisa membobol data dari pengguna dan ini tentunnya akan sangat merugikan jika sampai terjadi pada jaringan kita. Maka dari itu jaringan yang aman ini akan menjadi kunci kenyamanan dari pengguna.

Melindungi
Maksud melindungi ini adalah melindungi jaringan itu sendiri. Jadi sistem keamanan jaringan ini mempunyai manfaat untuk menolak sebuah data yang tidak baik kedalam jaringan kita. Dan yang jelas adalah mencegah jaringan kita dari gangguan-gangguan dalam jaringan seperti yang disebutkan pada pernyataan diatas.

Jadi kesimpulannya adalah kita harus memperhatikan jaringan kita tidak hanya dari segi kecepatan tetapi juga dari segi keamanan. Jadi jaringan yang aman tentunya akan membuat para pengguna menjadi lebih nyaman dalam menggunakan jaringan tersebut. Mengingat banyaknya gangguan-gangguan terhadap suatu jaringan yang sangat merugikan. Dan lagi jaringan ini gangguannya juga disebabkan oleh seseorang karena pasti ada orang yang iseng atau bahkan memang niat untuk membobol suatu jaringan untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu kita harus memperhatikan terhadap keamanan pada jaringan kita. Untuk jenis-jenis keamanan jaringan bisa anda lihat pada artikel kami selanjutnya.
Scroll To Top