Proses login dan registrasi dalam suatu website

Halo sobat semuanya pada kesempatan kali ini akan kita jelaskan bagaimana cara kerja dalam sebuah login atau registrasi disebuah website. Jadi yang akan dijelaskan disini adalah bagaimana cara kerjanya bukan kodenya. Untuk itu kita belum praktek disini. Jadi kita akan pahami dahulu bagaimana cara kerjanya kemudian jika sudah faham maka akan membuatnya. Jadi jika konsepnya kita sudah menguasai maka membuatnya juga akan lebih mudah. Dan pada kesempatan lain juga akan kami bahas tentang kode programnya. Tapi untuk kali ini hanya sekedar untuk konsepnya atau logikanya saja. Untuk itu silahkan dipahami satu persatu secara berurutan apa saja tahap-tahap dari login dan registrasi ini. Baiklah untuk pertama akan bahas dahulu dari login.

1. Konsep kerja login
Baiklah akan kita jelaskan tentang login. Disini perlu digaris bawahi bahwa dalam konsep kerja login yang akan saya jelaskan adalah pada login di website yang punya basis database. Jadi memiliki database. Baiklah akan kita mulai untuk pertama yang jelas adalah sudah ada databasenya. Dan dalam database itu tersimpan username dan juga password. Jadi yang akan dibutuhkan nanti adalah data dari database ini. Pertama yang akan dilakukan dari user adalah memasukkan data yaitu username dan juga password.

Kemudian pada pemrograman akan membuat sebuah variabel yang akan menampung dua data tersebut. Saat data sudah berhasil terdefinisi dengan variabel tertentu. Selanjutnya adalah mengambil data dari database dan data ini akan dicocokkan dengan yang diinput oleh user. Langkah selanjutnya adalah melakukan pencocokkan username terlebih dahulu. Pada pengecekan username ini menggunakan fungsi yang gunanya untuk mencari data yang sesuai dengan inputan dari user. Jika ada data yang sama akan dilanjutkan ke pengecekan yang selanjutnya. Jika tidak sama maka akan disuruh untuk memasukkan username lagi. Disini kalau versi tampilannya biasanya login gagal.

Jadi saat login gagal ini akan membuat user harus memasukkan kembali data yang sesuai dengan di database. Dan dalam login ini biasanya menggunakan session atau sesi yang berfungsi untuk mencegah halaman diakses tanpa login. Jadi halaman utama suatu website tersebut tidak dapat diakses sebelum melakukan login dengan benar. Pada halaman utama ini dilakukan perumpamaan bahwa jika sesi berhasil terbentuk maka akan diperbolehkan mengakses.

Tapi jka sesi belum terbentuk maka akan kembali ke halaman login kembali. Dan sesi akan terbentuk dari hasil inputan user. Jika inputannya benar dan sesuai dengan yang ada di database maka akan terbentuk. Dan jika tidak sesuai maka sesi tidak akan terbentuk. Dan persyaratan untuk masuk kedalam halaman utama adalah sesi telah terbentuk. Jadi untuk urutan-urutan dalam melakukan login ini adalah user input data > data masuk ke variabel > username dicocokkan > jika cocok lanjut pengecekan kedua > pengecekan password > jika username password benar tercipta sesi > jika sesi tercipta user bisa lanjut ke halaman utama jika sesi tidak tercipta maka akan kembali ke halaman login.

2. Kosep kerja logout
Setelah kita memahami login kita akan bahas untuk bagian logout. Jadi untuk bagian logout ini biasannya memiliki kontrol yang sama dengan bagian login dan  functionnya pun juga biasanya berhubungan. Kita ingat kembali pada login tadi persyaratan untuk melakukan login adalah terbentuknya suatu sesi dan jika suatu sesi telah terbentuk maka kita bisa melakukan login dan masuk ke halaman utama.

Tapi sesi tadi terbentuk juga karena username dan juga password. Tapi apakah untuk logout ini juga memerlukan peran serta username serta password untuk menjalankan fungsi logout ini. Jawabannya tidak, untuk melakukan logout ini tidak perlu memasukkan username dan password dikarenakan username dan password tadi fungsi utamanya adalah membuat sesi. Dan jika sesi tadi tidak terciptakan tidak bisa login atau masuk ke halaman website.

Maka dari itu untuk bagian logout ini hanya akan melakukan perintah untuk menghapus sesi, jadi jika sesi telah terhapus maka persyaratan untuk masuk kedalam website kita akan hilang. Dan jika hilang maka sesi tidak berhasil terbentuk. Dan ini akan membuat anda terlempar kembali kedalam halaman login dan harus melakukan login lagi. Jadi jika kita simpulkan urutan atau alur dari logout ini adalah user melakukan logout dengan klik tombol tertentu > pada bagian pemrograman akan melakukan penghancuran pada sesi > sesi hancur > persyaratan untuk masuk halaman utama telah hilang > user dialihkan ke halaman login lagi.

3. Konsep kerja registrasi
Selanjutnya adalah untuk konsep kerja pada registrasi. Untuk registrasi ini sebenarnya hampir mirip dengan login dan database yang digunakan pun sama. Jadi untuk registrasi ini data yang di input adalah data yang akan dipakai untuk login tadi. Baiklah akan kita mulai jelaskan alurnya. Pertama adalah user masuk kedalam form pendaftaran dan mengisikan username serta password. Dan username dan password disini adalah juga username dan password yang akan digunakan untuk login pada website tersebut. Jadi ini akan dipakai untuk login .

Selanjutnya jika data sudah berhasil diinput maka data tersebut dimasukkan kedalam database yang sama dengan database login tadi. Untuk memasukkan ini pada pemrogramannya adalah halaman website melakukan post username dan password yang dimasukkan oleh user. Ketika user sudah memasukkan maka data yang dimasukkan tadi akan didefinisikan kedalam sebuah variabel. Kemudian akan melakukan insert ke database dengan value atau nilai sesuai dengan data yang ada pada database. Database akan menyimpan data inputan dari user tersebut. Dan data tersebut nantinya akan dipanggil lagi dalam proses login jika user melakukannya. Jadi akan kita ringkas alurnya untuk bagian registrasi ini. User memasukkan username > user memasukkan password > username dan password dimasukkan kedalam array > data diinsert ke dalam database > data disimpan dalam database.

Penjelasan-penjelasan diatas merupakan sebuah konsep dasar dari proses login dan memang kebanyakan yang diigunakan adalah konsep-konsep seperti pada keterangan diatas. Pemahaman terhadap konsep-konsep seperti ini cukup penting saya saja juga bingung kalau hanya menghafalkan code dari pemrogramannya tapi jika kita menggunakan alur yang sesuai dengan yang kita tulis diatas maka akan mudah faham. Dan kode ini biasanya akan menyesuaikan. Serta konsep-konsep diatas juga dapat digunakan ke selain pemrograman dalam web. Bisa saja digunakan dalam pemrograman desktop maupun andorid. Tapi yang terpentinig adalah alurnya jika kita sudah faham dengan alurnya maka kita akan dengan mudah dalam mengerjakan kodenya.
Scroll To Top