Pilih opera atau chrome

Para pengguna internet tentu akan membutuhkan sebuah browser untuk melakukan surfing di internet. Tapi anda sebagai seorang pengguna yang sudah berpengalaman tentu akan bisa merasakan tentang bagaimana browser yang anda gunakan. Apakah browser tersebut sudah enak anda pakai. Jika anda sudah nyaman dengan suatu browser tentu anda tidak akan mencoba browser yang lainnya. Tapi ukuran untuk seseorang tentang bagus tidak nya suatu browser ini tentu akan berbeda-beda. Dan jika kita menilai suatu browser itu bagus tapi belum tentu bagi yang lainnya akan dinilai baik juga. Jika kita ini memakai 2 aplikasi yang berbeda, tentu kita akan melihat mana kelebihan dari satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya.

Maka dari itu kita kali ini akan melakukan compare atau membandingkan antara 2 browser yang cukup terkenal yaitu browser chrome dan browser opera. Kedua browser yang cukup terkenal ini juga saya pakai. Dan saya sudah merasakan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan yang jelas ini akan subjektif bagi setiap orang tentang kehandalan browser. Dan seperti biasa pada suatu aplikasi tentu akan ada kelebihan dan juga kekurangan. Jika kita melakukan perbandingan disini tentu kita akan dapat menilai mana yang lebih cocok untuk anda sebagai seorang dengan apa yang anda pakai saat ini. Karena kebutuhan orang itu beda-beda dan akan cocok dengan browser tertentu.

1. Pengertian 
Chrome merupakan software dari google yang menawarkan sebuah layanan untuk melakukan browsing pada sebuah komputer. Aplikasi ini cukup terintegrasi dengan baik dengan perusahaan yang mengeluarkan mereka yaitu google. Jadi browser ini akan sangat kompatibel jika kita gunakan untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan google. Seperti pada contohnya adalah menonton youtube dan membuka gmail. Tapi menurut saya ini browser ini juga cukup baik jika digunakan dalam hal lainnya. Jadi tidak hanya dengan fungsi tertentu tapi ini juga masih ada fungsi yang lainnya.

Opera merupakan sebuah aplikasi atau software yang dibuat oleh perusahaan bernama opera software. Jadi ini merupakan sebuah browser yang memiliki fungsi yang sama dengan chrome dan browser yang lain. Jadi opera adalah suatu browser yang memiliki kelebihaan pada fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini. Tentu akan ada banyak fitur-fitur baru yang ada dalam aplikasi yang satu ini jika kita bandingkan dengan browser lainnya. Seperti pada contohnya adalah suatu jendela untuk membuka whatsapp web dan telegram. Tentu ini akan memudahkan kita dalam berkomunikasi. Inilah yang sebagian orang jadikan alasan mengapa mereka memilih opera. Karena dalam opera ini ada banyak fitur yang ditawarkan.

2. Kecepatan
Chrome memiliki kecepatan dalam browsing yang cukup baik. Karena dalam chrome ini merupakan browser yang baru dan tentu memiliki kemampuan yang cukup baik. Karena pada umumnya kecepatan pada suatu browser ini ditentukan oleh tingkat kecepatan pada perangkatnya. Jika kita memiliki koneksi internet yang cukup cepat tentu akan membuat browser kita menjadi lebih cepat. Karena browser-browser yang ada di pasaran biasanya juga sama saja dan tidak ada perbedaan dalam hal kecepatan yang ditawarkan. Kecuali mereka menggunakan beberapa adblock atau fitur lain seperti data saver. Maka mereka akan membuat data yang dimuat dalam suatu website akan menjadi lebih sedikit dan akan lebih cepat dalam memuat suatu halaman website.

Opera juga hampir sama dengan chrome yakni browser tidak mempengaruhi kecepatan dalam browsing. Karena pada dasarnya yang mempengaruhi kecepatan ini adalah dari faktor koneksi internet. Artinya loading cepat jika koneksi yang digunakan juga cepat. Jika internet yang kita gunakan cukup cepat tentu akan meningkatkan kecepatan dalam pemuatan suatu website. Jadi tingkat kecepatan ini sebenarnya dipengaruhi oleh koneksi yang dimiliki dan data yang dimuat. Data sekecil apapun kalau memang koneksinya lambat juga akan lambat. Karena itu akan kita luruskan bahwa browser ini tidak akan mempengaruhi dalam kecepatan dalam melakukan browsing.

3. Add on
Chrome memiliki fitur-fitur tambahan yang disebut dengan extentions. Dalam extentions ini akan ada banyak sekali fitur-fitur yang dapat kita tambahkan kedalam chrome kita. Karena add on akan menambah suatu fitur baru dalam browser kita. Dengan extentions tertentu kita juga mampu mengubah tampilan website yang kita akses menjadi versi mobile dan sebagainya. Jadi ini akan membatu kita dalam membuat website menjadi lebih fungsional. Maka dari itu kita bisa memaksimalkan fungsi yang satu ini.

Opera juga tak kalah dengan chrome karena juga memiliki extentions yang juga memiliki banyak fitur juga. Karena pada opera ini memiliki extentions yang tidak sebanyak milik chrome. Tapi extentions pada opera ini juga cukup fungsional dan dapat kita manfaatkan. Tapi ada istimewanya juga dalam salah satu extentions di bagian opera ini karena extentions ini dapat mengimpor extentions dari chrome. Jadi akan sangat lengkap dan opera anda juga akan punya cukup banyak extentions. Karena itu dari keduanya juga memiliki fungsi masing-masing yang cukup baik dan saling memiliki kelebihan dan kekurangan.

4. Mana yang lebih ringan ?
Saya sudah memakai kedua browser ini dan sudah membuktikan bagaimana kinerja antara keduanya. Ini saya coba di komputer saya yang memiliki spesifikasi RAM 2Gb dan hasilnya chrome lebih lambat saat aplikasi baru dibuka. Dan chrome ini juga mulai melambat saat membuka terlalu banyak tab. Tapi terkadang juga diakibatkan oleh sebuah website yang memiliki  resource cukup besar dan akan membuat website ini menjadi lebih berat untuk dimuat. 

Jika pada opera sampai saat ini cukup baik-baik saja karena pada dasarnya aplikasi opera ini cukup ringan dibandingkan chrome. Saat awal membuka opera juga tidak membutuhkan waktu yang cukup banyak. Karena itu ini saya nilai bahwa opera ini cukup ringan. Tapi ringan tidaknya suatu aplikasi ini juga dipengaruhi dari perangkat yang digunakan. Jika perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup memadai tentu akan membuat aplikasi ini berjalan dengan lancar. Tapi jika perangkat berspesifikasi rendah dan penggunaannya tidak disesuaikan dengan kemampuannya akan membuat komputer tersebut malah menjadi lambat. Begitulah perbedaan dari keduanya dalam hal keringanan.

Scroll To Top