Penjelasan tentang RAM

Dalam setiap mesin komputer pastinya mempunyai komponen-komponen yang cukup banyak  untuk melakukan fungsi-fungsi pada komputer tersebut. Kali akan kita bahas sebuah komputer dari sisi storage. Yang akan kita bahas kali ini adalah tentang ram. Lalu kenapa ram ini masuk ke bagian storage. Apakah ram ini sebenarnya menyimpan sebuah file. Benar sekali sebenarnya pada ram tersebut terjadi sebuah penyimpanan file yang file tersebut disimpan secara sementara. Dan file tersebut akan hangus jika komputer tersebut dimatikan. Jadi penyimpanan pada ram ini benar-benar sementara. Dan bisa kita lihat penerapannya pada saat kita mengetik pada komputer kita kemudian file kita belum kita simpan. Data-data yang kita ketik ini sebenarnya tersimpan pada ram.

Untuk lebih memahami tentang ram ini kali ini akan kita bahas tentang bagaimana cara kerja dari ram ini. Sebenarnya ini konsepnya masih pada konsep penyimpanan yang pasti menyimpan data yang sedang atau akan di proses dalam suatu komputer. Kita perlu untuk mengkaji bagaimana sifat data-data yang tersimpan dalam ram tersebut. Bagaimana data tersebut. Apakah data tersebut bisa terhapus atau bagaimana. Itu akan kita bahas dalam artikel kali ini. Dan yang pasti kita juga akan bahas definisi dari ram ini sendiri. Maka dari itu silahkan anda simak.

1. Pengertian ram
Definisi dari RAM adalah sebuah perangkat pada komputer yang melakukan penyimpanan data secara sementara pada komputer. Dan ram ini sebenarnya merupakan kependekan dari Random Access Memory. Dari kata-kata dalam nama nya tersebut bisa kita analisa bahwa ram ini menyimpan secara acak. Dan kita sebenarnya sangat memerlukan ram ini dalam komputer kita. Dan bisa kita bilang bahwa semakin banyak ram maka sebuah komputer akan semakin cepat. Mungkin karena ini merupakan sebuah penyimpanan sementara maka jika jumlahnya banyak membuat data yang disimpan akan lebih banyak. Dan jika ini mempengaruhi tidak heran jika banyak orang yang membeli komputer dan yang pertama mereka lihat adalah ramnya. Karena ram ini cukup penting dan perlu diperhatikan.

Ram ini akan membuat komputer kita mampu memroses data yang ada di komputer kita. Jadi data yang ada pada ram ini akan bisa kita eksekusi sesuai perintah kita. Pada contohnya adalah jika kita ini melakukan penyimpanan data. Maka data yang kita simpan ini sudah masuk ke penyimpanan yang permanen. Maka bisa juga kita simpulkan meskipun pada ram ini sangat berguna tetapi data yang ada pada ram ini juga mudah hilang. Maka dari itu kita juga perlu melakukan penyimpanan dari data yang ada pada ram.

2. Perangkat ram 
Baiklah yang perlu kita pahamkan adalah seperti apa bentuk atau rupa dari ram ini. Sebenarnya ram ini merupakan sebuah pheriperal yang ada di motherboard sebuah komputer. Dan ram ini biasanya terdapat 2 jenis yaitu ram onboard dan ram eksternal. Dua klasifikasi ini saya bedakan berdasarkan cara untuk memasangkan ram ini. Untuk ram yang onboard cara memasangnya adalah sudah dari pabrik. Jadi ram ini sudah menancap secara permanen di komputer. Untuk ram jenis ini biasanya tidak bisa diganti karena memang tidak untuk dibongkar pasang. Dan ini akan menjadi ram default dari komputer tersebut. Untuk penggunaan yang ini biasanya digunakan pada sebuah laptop. Karena pada umumnya pada laptop ram yang digunakan adalah ram yang onboard atau tertancap secara langsung. Dan ram ini yang menancapkan adalah dari pabrik nya.

Yang kedua adalah jenis ram eksternal. Untuk ram eksternal ini bisa kita lepas atau kita ganti. Ini tentunya lebih mudah dibanding ram yang pertama karena untuk yang kedua ini jika saja ram terjadi sebuah kesalahan maka akan mudah untuk melakukan pergantian atau perbaikan terhadap ram ini. Untuk ram ini pada umumnya digunakan pada sebuah perangkat pc. Yang mempunyai ram ini bisa lebih leluasa dalam mengolah ramnya karena bisa diupgrade ataupun ditambah sesuai keinginan kita.  

3. Fungsi ram
Dengan definisi yang jelas yaitu untuk melakukan penyimpanan. Tentunya jika kita membahas tentang fungsi nya sudah jelas. Bahwa fungsi dari ram ini adalah sebagai tempat penyimpanan. Tapi penyimpanan pada ram ini adalah penyimpanan yang sementara dan akan hilang saat komputer kita dimatikan. Saat komputer kita di nyalakan kita akan kehilangan data yang tersimpan pada ram tadi. Kemudian ram menyimpan data baru yang lainnya. Makanya saat kita mengetik pada ms word saat komputer kita tiba-tiba mati kita akan kehilangan kata-kata yang telah kita ketik. Tapi jika kita telah menyimpannya maka tidak akan hilang saat komputer kita mati secara tiba-tiba.

Ram ini juga sebagai bagian dari hal yang penting dalam sebuah komputer. Fungsi ram yang kedua adalah sebagai alat pemroses. Jadi dalam ram ini melakukan penyimpanan data serta melakukan pemrosesan terhadap data-data yang tersimpan dalam ram tersebut. Dan jika kita ini melakukan pembelian komputer pastikan kita memilih perangkat yang mempunyai ram banyak supaya dapat melakukan pemrosesan secara cepat. Karena jika ukuran ram ini besar maka juga akan dapat menampung data yang cukup banyak. Maka dari itu kita perlu memaksimalkan ram ini supaya kita dapat menggunakan komputer kita secara maksimal juga.

4. Penggunaan ram 
Setelah kita faham dengan definisi dan juga telah mengetahui tentang fungsi-fungsi dari ram ini sekarang akan kita lanjutkan pada penggunaan ram ini sendiri. Yang paling sederhana akan kita mulai. Pada saat kita melakukan pengetikan pada sebuah aplikasi text editor ini seperti notepad. Saat kita melakukan pengetikan biasa tulisan tulisan yang ada pada notepad tersebut adalah tulisan yang bersifat sementara karena tulisan tersebut akan hilang saat komputer kita dimatikan. Lalu kita bisa simpulkan bahwa file ini atau tulisan dari notepad tersebut tersimpan pada ram. Dan jika saja kita melakukan save pada file tersebut. Baru tulisan atau file tersebut telah masuk ke penyimpanan yang permanen dan tidak akan hilang jika kita tidak menghapusnya. 

Penggunaan atau penerapan yang kedua akan kita tunjukkan yang cukup rumit. Yaitu pada saat bermain game. Saat kita bermain game bukankah kita melihat sebuah tampilan yang sangat banyak berupa video atau gambar. Dan taukah anda dimana letak video atau gambar ini saat kita bermain game. Letaknya adalah dibagian ram. Jadi saat kita bermain game file-file ini tersimpan secara sementara dibagian ram. Dan saat kita menutup game kita maka akan terhapus juga file pada ram ini. Tapi untuk yang kedua ini membutuhkan lebih banyak ram. Maka dari itu kita sering kali menjumpai laptop atau komputer-komputer gaming memiliki banyak sekali ram supaya mampu menjalankan game dengan lancar.

Scroll To Top