Pengalamatan jaringan

Setiap kompuer yang terhubung ke suatu jaringan pasti punya suatu alamat. Dan ini juga sama saja dengan seorang yang hidup di dunia ini. Setiap orang memiliki alamat dan alamat ini dikenali satu sama lain. Sama dengan komputer yang terhubung ke sebuah jaringan juga memiliki sebuah alamat yang disebut dengan ip address. Ip address ini yang akan menjadi identitas bagi komputer yang terhubung. Supaya ada alamat tujuan dan alamat asal dalam suatu pengiriman data. Maka diciptakanlah sebuah ip address. Dan ip address ini juga berfungsi sebagai identitas komputer tersebut supaya dapat dikenali oleh komputer yang lain dalam suatu jaringan.

Dalam sebuah jaringan setiap komputer yang terhubungkan memiliki ip sendiri sendiri dan ip ini akan berbeda dengan yang lainnya. Sama dengan alamat seseorang yang satu dengan yang lain akan berbeda. Dan untuk lebih memahami tentang ip address ini kali ini akan kita bahas tentang ip address. Kita akan mendefinisikan bagaimana ip address ini serta bagaimana ini bekerja. Apakah ini memang alamat bagi sebuah komputer. Serta bagaimana struktur dari ip address ini akan kita bahas pada artikel kali ini. Karena sebenarnya ip address ini cukup penting dalam setiap hubungan ke jaringan.

1. Pengertian ip address
IP address adalah sebuah alamat bagi sebuah komputer yang terhubung ke sebuah jaringan. Disini kita akan analisa kata-katanya satu persatu. Yang pertama “alamat bagi sebuah komputer”  jadi pada komputer pasti memiliki sebuah alamat. Jika tidak memiliki alamat maka komputer tersebut tidak mampu terhubung ke internet atau sebuah jaringan. Maka dari itu setiap komputer yang terhubung ke jaringan akan di beri ip address. Entah ip secara statis maupun ip secara dinamis. Jadi ip address ini akan kita simpulkan bahwa inilah identitas bagi komputer kita. Jika komputer kita ingin terhubung ke sebuah jaringan.

Kata yang kedua adalah “terhubung ke sebuah jaringan”. Jadi dalam pernyataan tersebut bisa kita simpulkan bahwa ip address ini hanya ada pada komputer yang terhubung ke jaringan. Lalu yang dimaksud jaringan disini jaringan apa. Jadi yang dimaksud jaringan disini adalah semua jenis jaringan. Jadi entah itu jaringan secara lokal maupun jaringan secara publik. Setiap komputer yang terhubung ke jaringan ini akan menerima atau akan diberi ip address. Intinya jaringan disini adalah sesuatu yang akan menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain. Jadi jika sebuah komputer ingin terhubung satu sama lain akan dibutuhkan sebuah ip address.

2. Manfaat ip address
Dalam pemberian suatu alamat jaringan tentunya memiliki tujuan serta manfaat tertentu. Jadi dalam setiap ip address disebuah komputer akan membuat kita tau tentang alamat dari komputer kita. Pada poin ini akan kita bahas tentang manfaat dari ip address ini. 

Sebagai identitas dari komputer
Dalam suatu jaringan, setiap komputer yang terhubung tentu akan berbeda-beda. Dan untuk membedakan itu akan dibutuhkan suatu pembeda bagi setiap komputer yang terhubung ke jaringan. Maka dari itu akan membuat satu komputer berbeda dengan komputer lain. Jadi ip address dari komputer satu dengan komputer yang lain akan berbeda. Dan untuk membedakan ini tentunya ada beberapa cara yaitu ada cara yang sederhana dan ada cara yang otomatis. Untuk cara yang sederhana adalah dengan cara memberi ip pada setiap komputer dalam suatu jaringan, dan komputer ini akan diberi ip static. 

Jka menggunakan ip static, maka setiap komputer dalam jaringan harus dibedakan dan tidak boleh sama. Jika ipnya sama akan terjadi ip conflict. Kemudian cara pemberian ip yang kedua adalah pemberian secara dinamis atau secara otomatis. Jadi setiap komputer yang sudah terhubung ke jaringan akan diberikan ip secara otomatis dan berbeda beda. Dan akan secara otomatis mendapat ip saat komputer tersebut terhubung ke dalam jaringan.

Sebagai alamat
Fungsi kedua adalah sebuah alamat bagi sebuah komputer. Jadi jika komputer tersebut sudah terhubung ke jaringan. Maka ip address ini akan menjadi alamat sebuah komputer. Sama halnya dalam sebuah rumah pasti mempunyai sebuah nomer-nomer tersendiri. Supaya jika orang lain mencari rumah tersebut akan lebih mudah mengidentifikasi berdasarkan nomer rumahnya. Sama saja dengan ip address, ip address ini akan menjadi sebuah alamat dalam komputer yang terhubung ke sebuah jaringan. Jadi jika kita ingin mengirim suatu paket data, maka alamat tujuan dari komputer yang kita kirimi data adalah berupa ip address ini.

3. Kelas ip address
Dalam ip address terdapat beberapa perbedaan yang dan akan dikelompokkan dalam kelas-kelas. Yang disebut dengan kelas ip. Jadi dalam ip address ini akan ada 5 kelas ip address yaitu dari kelas A sampai kelas E. Dan dari setiap kelas ip ini memiliki beberapa perbedaan karakteristik dan tentunya memliki kegunaan yang berbeda-beda. Jika anda penasaran akan kami bahas satu persatu dari kelima kelas ip tersebut.

Kelas A
Ip kelas A merupakan sebuah ip yang memiliki host sangat banyak karena host dari ip kelas A ini mencapai 16juta. Dan ip pada segemen ini adalah dimlai dari 0 hingga 126. Jadi ini akan memiliki banyak sekali jumlah host. Dan ini menurut saya kurang cocok jika digunakan pada jaringan yang memiliki sebuah client yang sedikit. Ini akan cocok jika digunakan dalam jaringan yang mempunyai client banyak.

Kelas B
Untuk ip kelas B ini juga memiliki range ip yang cukup banyak yaitu sekitar 65ribu ip. Dan dalam ip ini juga cukup biasa atau cukup umum digunakan dalam sebuah jaringan lokal. Jadi ip ini cukup ideal jika digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai host yang menengah. Jadi tidak banyak dan tidak sedikit.

Kelas C
Untuk ip kelas c ini sangat banyak ditemui dan memang ip yang ini sangat umum digunakan dalam sebuah jaringan lokal atau dalam sebuah lan. Karena ip ini memiliki ip dari 192 sampai 256 serta memiliki range ip sebanyak 254. Maka ip ini sangat cocok jika digunakan dalam jaringan jaringan lokal.

Kelas D
Untuk ip kelas D ini biasanya hanya digunakan untuk keperluan multicasting. Dan sebenarnya untuk ip kelas d ini cukup jarang digunakan dalam sebuah jaringan komputer yang bersifat universal.

Kelas E
Untuk ip kelas E yang memiliki ip antara 240 sampai 256 maka ip ini tidak digunakan dalam sebuah jaringan yang umum. Tetapi ip ini hanya digunakan untuk percobaan saja. Tetapi ini juga masih perlu kita pelajari tentang ip ini.
Scroll To Top