Monitoring jaringan mu

Dengan banyaknya pemakaian pada sebuah jaringan komputer dan jaringan tersebut juga akan selalu melakukan perubahan. Kita sebagai seorang administrator jaringan tentunya harus bisa melakukan monitoring pada jaringan yang kita gunakan. Supaya kita dapat mendapatkan sebuah informasi yang cukup tentang jaringan kita dan kita mampu menganalisa apa yang harus kita lakukan setelah ini. Untuk itu itulah pentingnya melakukan monitoring sebuah jaringan. Dan jika kita sebagai orang yang tau akan jaringan pasti akan terus melakukan peningkatan terhadap jaringan kita. Supaya kita mampu membuat jaringan kita menjadi maksimal dalam hal pemakaian dan dalam hal kemampuan. Karena jaringan yang cepat dan stabil tentunya sangat diinginkan oleh banyak orang. 

Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan kami bahas tentang monitoring jaringan, supaya anda dapat melakukan analisa tentang jaringan yang anda miliki. Disini akan kita ulas apa itu monitoring jaringan dan macamnya. Dan seperti apa juga manfaatnya bagi kita sebagai seorang pengguna maupun sebagai seorang administrator jatingan. Yang jelas semua rangkaian dari monitoring ini mempunyai manfaat umum yaitu untuk mengetahui kondisi dari jaringan yang sedang kita gunakan. Dan jika kurang maksimal kita bisa melakukan upgrade dan jika sudah cukup maka kita lakukan perawatan yang bagus juga supaya jaringan kita tetap baik. Baiklah akan kita mulai pembahasannya.

1. Pengertian monitoring jaringan
Yang akan kita bahas pertama adalah tentang definisi dari monitoring jaringan ini sendiri. Jadi Monitoring jaringan adalah sebuah metode atau proses untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi dari suatu jaringan. Dan tujuan dari pengecekan inilah adalah yang pertama adalah melihat bagaimana kondisi dari jaringan ini dan yang kedua adalah melihat apa yang akan kita lakukan terhadap jaringan kita setelah kita melakukan monitoring. Dalam arti ini adalah jika kita mengetahui tentang hasil dari monitoring jaringan, yang kedua adalah kita akan mengetahui bagaimana kondisi dari jaringan kita ini.

Jika jaringan ini sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan maka kita tidak perlu melakukan hal lain. Dalam hal ini yang dimaksud adalah melakukan perbaikan atau melakukan upgrade terhadap jaringan kita. Tapi beda lagi jika hasil dari pengamatan kita ini telah menunjukkan bahwa jaringan kita ini adalah jaringan yang kurang atau memiliki kelemahan. Jadi kita akan melakukan perbaikan terhadap jaringan kita ini. Jika ada kekurangan dalam jaringan kita. Kita akan mengetahui pada saat kita melakukan monitoring jaringan ini. Dan apa yang perlu dilakukan juga tergantung dari kebutuhan jaringan kita sendiri. Maka dari itu kita perlu melakukan ini supaya kita tau kondisi dari komputer kita dan apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Jika hasil dari monitoring baik maka kita hanya perlu merawat dan menggunakan dengan sebaik-baiknya.

2. Macam monitoring jaringan
Dalam melakukan monitoring jaringan ini terdapat 2 jenis atau terdapat 2 macam. Jadi dalam pelaksanaan dari monitoring ini kita akan mengecek berkaitan dengan 2 hal yaitu tentang lalu lintas data dan tentang koneksi dari jaringan tersebut. Dalam poin ini akan kita bahas satu persatu dari keduanya.

Monitoring lalu lintas
Pada monitoring yang pertama ini kita akan melakukan pengecekan pengecekan yang berkaitan dengan lalu lintas data dan kita akan mengetes juga bagaimana jaringan kita dalam beroperasi. Apakah kecepatannya cukup memadai atau bagaimana. Kita perlu menganalisa hal ini karena ini juga akan menjadi sebuah patokan bagi kita untuk menentukan sebuah keputusan pada saat kita selesai melakukan monitoring jaringan. Jadi dalam monitoring jenis yang ini kita akan menganalisa bagaimana kecepatan download dan kecepatan upload. Dan beberapa orang juga menyebut ini dengan trafic up dan trafic down. Jadi jika kita melakukan analisa tentang lalu lintas data yang mungkin akan kita dapat adalah bagaimana jaringan kita ini dalam hal kecepatan. Dan kita juga akan mengetahui tentang trafic data yang terjadi dalam jaringan kita. Jadi untuk bagian ini menurut saya adalah ditekankan pada bagian kecepatan.

Monitoring koneksi
Untuk monitoring koneksi ini kita akan melakukan pengecekan apakah jaringan kita memiliki koneksi yang memadai. Kita akan mengetahui kondisi dari jaringan kita jika kita sudah melakukan monitoring. Kemudian yang kedua adalah masalah jangkauan dari jaringan kita. Jika kita membicarakan tentang jangkauan tentunya kita harus melakukan deteksi pada media jaringan. Kita cek media penghantar dari jaringan kita. Jika kita memakai kabel maka kita bisa cek kabelnya. Jika kita pakai wireless maka kita cek juga sejauh mana jangkauan dari jaringan kita ini.

3. Fungsi monitoring jaringan
Kita akan bahas fungsi secara umum dari monitoring jaringan. Jadi fungsi dari monitoring jaringan ini adalah melakukan analisa tentang jaringan yang sedang digunakan. Jadi dalam jaringan tersebut bisa kita lihat bagaimana kondisi kita bagaimana supaya jaringan tersebut bisa berjalan dengan normal. Yang kedua adalah dalam analisa sebuah jaringan ini tentunya akan membuahkan hasil dan hasilnya akan menjadi patokan bagia kita untuk melakukan sesuatu terhadap jaringan kita. Entah kita ingin meningkatkan kualitas atau mengatur bagaimana supaya jaringan tersebut efektif digunakan. Jadi jika kita ingin melakukan perbaikan pada jaringan kita ada baiknya jika kita terlebih dahulu melakukan monitoring terhadap jaringan kita. Jadi kita akan lebih maksimal dalam melakukan perbaikan tersebut. Karena kita akan tau bagian mana yang perlu kita perbaiki dan bagian mana yang perlu di update. Maka dari itu hasil dari monitoring jaringan ini sangat penting bagi kita untuk ketentuan dalam mengambil keputusan. Dan jika analisa kita tepat maka jaringan akan menjadi lebih bagus.

4. Aplikasi monitoring jaringan
Dalam melakukan monitoring pada sebuah jaringan tentunya kita akan melakukan pengecekan secara software juga. Jadi jika melakukan monitoring secara software kita akan memakai beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan monitoring terhadap jaringan kita. Kita akan bahas beberapa saja. Yaitu sebagai berikut.

Angry ip scanner
Yang pertama adalah sebuah software mungil yang punya banyak manfaat bagi kita. Jadi dalam software angry ip scanner ini akan bisa melakukan pendeteksian terhadap jaringan yang sedang kita gunakan atau jaringan yang sedang jalankan. Software ini juga cukup unik karena dalam software ini juga bisa untuk mencegah para penyusup untuk masuk kedalam jaringan kita.

Networx
Software kedua adalah software networx. Software ini juga saya pasang dalam komputer saya karena memiliki fungsi yang cukup baik. Networx ini sangat berguna jika kita ingin menganalisa trafic dari jaringan yang kita gunakan. Kemudian kita juga bisa melihat tentang history pemakaian dari jaringan tersebut dalam komputer kita.

Scroll To Top