Mengenal lebih dalam layanan DHCP

Kita sebagai pengguna komputer tentu akan terhubung dalam sebuah jaringan. Dan dengan beragam jaringan yang ada tentu anda pernah melakukan sebuah hubungan dengan jaringan dimana anda mendapatkan ip address atau sebuah alamat jaringan secara otomatis. Tentu anda akan bertanya kenapa saya mendapat ip tertentu. Dan dari mana ip itu berasal serta apa ada ip yang lain yang juga sama dengan milik kita ini. Jika kita ingin mengetahui nya tentu itu hal yang baik. Karena anda telah menjadi orang yang peka. Maka dari itu kita akan melakukan sebuah pemahaman tentang layanan yang dapat memberi ip secara otomatis ini. 
DHCP adalah sebuah layanan yang akan memberikan ip secara otomatis kepada user atau pengguna dalam suatu jaringan. Lalu dimana letak konfigurasi dari DHCP ini. Apakah ini ada dikomputer kita. Tidak ini ada pada komputer server. Jadi pada komputer server terlah di instal serta dikonfigurasikan sebuah layanan bernama DHCP yang akan membuat sebuah komputer atau perangkat dapat mendapatkan ip secara otomatis. Dan ip ini tentunya akan sangat teratur. Dan dengan begitu tentu akan memudahkan kita sebagai pengguna suatu jaringan karena kita tak perlu melakukan pengisian pada ip dan ip akan secara otomatis terisi atau mendapatkan langsung dari server.

Baiklah untuk menambah pemahaman tentang layanan DHCP ini kita akan melakukan pembahasan tentang DHCP ini. Dan perlu kita pahami bahwa kita akan bahas mulai dari pengertian serta kelebihan-kelebihan dari layanan ini dan silahkan anda baca sebagai berikut.

1. Pengertian DHCP
DHCP adalah sebuah layanan pemberian ip address dalam suatu jaringan dimana ip address diberikan secara otomatis kepada user yang menjadi client dalam jaringan tersebut. DHCP ini merupakan singkatan dari Dinamic Host Control Protocol. Jadi intinya DHCP ini merupakan sebuah layanan dalam suatu jaringan komputer dimana akan memberi ip kepada client yang terhubung. Dan juga dalam client tentunya perlu dilakukan sebuah setting dengan cara mengatur bagian ip address menjadi automatic atau bisa dibilang menjadi DHCP.

Jika sudah diatur maka akan secara otomatis melakukan request ip address saat komputer tersebut terhubung ke internet dan dalam servernya tentu juga harus sudah terinstal atau terkonfigurasi layanan DHCP ini. Maka dari itu layanan ini ada dan memberi banyak kelebihan bagi kita serta memudahkan kita untuk melakukan konfigurasi dalam suatu jaringan. Jika saja kita ingin menyeting 100 pc kita tidak perlu melakukan pengisian ip satu persatu pada setiap komputer. Dan jika kita melakukan hal tersebut tentu akan memakan waktu dan tenaga yang cukup ekstra. 

Jika saja kita sudah tau layanan tentang dhcp tentu kita akan menggunakan layanan tersebut. Karena layanan ini sangat simple dan tentu akan memudahkan. Dalam dengan layanan DHCP ini para client tidak akan mengalami ip conflict. Asalkan semua client yang ada tidak ada yang melakuan konfigurasi ip address. Jika ada ip lain yang menyamai ip kita padahal kita dapat ip ini dari server tentu ini tetap akan menimbulkan ip conflict. Maka dari itu jangan pakai yang statis jika tidak karena keperluan tertentu karena pemberian ip secara statis ini cukup boros waktu serta kemungkinan ip untuk sama itu ada. Maka dari itu lebih efektif jika kita menggunakan ip secara dhcp dan dengan dhcp tersebut ip akan terstruktur dan lebih mudah digunakan.

2. Para client mendapat ip sendiri sendiri
Dalam sebuah layanan dhcp client akan mendapatkan ip. Dan perlu dipahami bahwa semua komputer yang terhubung ke jaringan dan menggunakan layanan DHCP ini akan mendapat ip secara otomatis. Serta ip yang didapatkan akan berbeda, karena kita ingat kembali bahwa ip address merupakan sebuah identitas bagi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan. Dan dalam sebuah indentitas ini tentu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Jika kita request ip ke dhcp ini akan mendapat ip yang berbeda dari yang lain. Dan ini tidak peduli kita ini terhubung ke jaringan tersebut secara apa dan kita terhubunga dahulu atau yang kahir kita akan tetap mendapat kan sebuah ip. Dan ini akan membuat ke efektifan dalam sebuah jaringan. Jika jaringan dibuat dengan cara DHCP ini akan membuat jaringan kita anti ip conflict.

Dan dalam melihat ip masing-masing komputer ini akan lebih mudah karena akan satu kelas antara satu client dengan client yang lainnya. Jika kita fikirkan akan lebih mudah jika kita ini lebih memahami tentang ip statis dan dinamis. Jika kita telah memahami hal tersebut mungkin dalam diri kita akan tercermin tentang bagaimana keunggulan satu dengan yang lainnya.

3. Memudahkan server dan client
Dalam sebuah jaringan tentu akan ada server dan client. Dan keduanya akan memiliki fungsi satu persatu. Jika kita lihat pada bagian server ini akan memiliki fungsi sebagai sebuah bagian dari sebuah jaringan yang akan melakukan pelayanan dengan clientnya. Jika saja pada bagian klien ini akan memiliki sebuah alamat yang akan secara otomatis terisi pada saat komputer tersebut ke sebuah jaringan.

Tapi sebelum ada dhcp ini tentu server atau yang saya maksud disini adalah seorang yang mengoperasikan sebuah server ini akan melakukan pengisian ip address pada client dengan satu persatu. Jika hal ini dilakukan maka akan membuat sebuah server menjadi kelamaan dalam memberi identitas pada setiap  klien yang mereka layani. Jika saja dalam melakukan pemberian identitas ini akan lama maka akan membuat dalam melakukan manajemen suuatu jaringan akan menjadi lama.

Belum nanti jika suatu saat ada ip yang sama dan akan menimbulkan suatu ip conflict yang akan membuat kita bingung dimana letak komputer yang mengalami error tersebut. Jika user yang ada hanya sedikit masih bisa diatasi dengan cepat. Tapi jika usernya banyak tentu akan membuat bingung dan akan menguras banyak waktu anda. Tapi jika anda menggunakan dhcp maka perawatan dan troubleshooting akan lebih mudah dan jarang dalam suatu jaringan DHCP terjadi kasus ip conflict. Karena memang pemberian ip pada dhcp ini memang satu perangkat diberi satu ip. Jadi tidak mungkin sama.

Baiklah dari penjelasan-penjelasan diatas kita sudah bisa memahami bahwa inilah pentingnya menggunakan suatu layanan yang bernama DHCP karena layanan ini memiliki banyak keunggulan yang akan membuat suatu jaringan menjadi lebih efektif dan dapat digunakan secara cepat serta minim error atau kesalahan. Maka dari itu jika anda adalah seorang network administrator anda harus menguasai dengan ini dan anda wajib bisa konfigurasi DHCP ini. Karena ini akan sangat membantu anda serta client-client anda yang memakai jaringan tersebut.
Scroll To Top