Mengenal kabel jaringan( UTP & STP )

Dalam suatu jaringan pasti terdapat beberapa komponen-komponen yang dapat mendukung dalam melakukan komunikasi. Salah satu komponen tersebut adalah media transmisi. Jadi dalam melakukan komunikasi pasti akan membutuhkan media transmisi. Dan media transmisi ini ada beberapa jenis yaitu media berkabel dan media tanpa kabel. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai  media yang dilewati dalam pengiriman data. Tetapi hanya beda bentuknya saja. Dan pada kesempatan kali ini akan kita bahas untuk media transmisi yang berkabel. Atau yang biasa kita sebut dengan wired, wired sendiri artinya berkabel dan berlawanan dengan yang satunya yaitu tanpa kabel atau wireless.

Jadi pada kesempatan kali ini akan kita kupas lebih dalam tentang media jaringan yang berkabel ini. Jadi kabel ini akan digunakan sebagai media penghubung antara pengirim ke penerima. Kita sudah tau tentang komponen dalam suatu pengiriman data tentunya ada 4 yaitu pengirim, penerima, data yang dikirim, dan media transmisi.  Jadi ke empat hal ini akan terlibat dalam pengiriman suatu data dari satu komputer ke komputer lain. Jadi kita akan melakukan tentang kabel dari jaringan ini seperti apa, serta kita akan bahas jenis jenis dari media transmisi berkabel ini seperti apa.

Baiklah akan kita bahas tentang media transmisi dalam suatu jaringan komputer. Dan seperti biasa yang akan kita pahami dahulu adalah pengertian dari media transmisi berkabel itu sendiri. Jika kita nantinya sudah faham dengan pengertiannya baru kita akan melakukan pembahasan dengan jenis jenis dari kabel jaringan ini. Dan juga akan kita bahas satu persatu dari media jaringan ini sendiri.

1. Pengertian media berkabel
Media berkabel atau jaringan kabel jaringan adalah sebuah alat atau media yang digunakan sebagai perantara dalam suatu pengiriman data disuatu jaringan. Jadi ini yang akan dilewati oleh data yang dikirimkan dari pengirim ke penerima dalam sebuah jaringan. Media ini akan jelas bentuknya secara fisik. Yaitu dalam  bentuk sebuah kabel. Dan transmisi data tersebut juga akan dilakukan dalam kabel itu, jadi dalam kabal jaringan dialiri sebuah data. Jadi jika kabelnya diputus maka koneksinya juga akan terputus.

Dari media media berkabel ini juga bukan hanya satu jenis saja tetapi ada beberapa jenis kabel dalam jaringan komputer. Dan kabel jaringan ini dibedakan dari bentuk serta bahan untuk membuat kabel ini. Jika diklasifikasi ada 3 jenis sebenarnya yaitu yang pertama jenis twisted pair, kemudian jenis coaxial, dan yang terakhir adalah kabel optic. Dan dari ketiga jenis kabel jaringan ini tentunya memiliki perbedaan karakteristik. Serta akan berbeda penggunaannya dalam sebuah jaringan. Selain berbeda dalam hal penggunaan ini juga akan berbeda dalam hal kualitas dalam transmisi. Tapi dalam segala hal pasti akan memiliki kekurangan dan memiliki kelebihan masing-masing. Jadi kabel-kabel ini akan digunakan pada keadaan dan kondisi tertentu.

Selanjutnya akan kita bahas tentang jenis-jenis kabelnya. Yaitu yang 3 jenis tadi akan kita bahas satu persatu agar anda lebih memahami lagi tentang kabel ini sesuai dengan karakteristik masing-masing.

2. Kabel twisted pair
Kabel twisted pair ini adalah kabel yang bahannya dari tembaga. Kabel ini adalah kabel yang sangat umum digunakan dalam sebuah jaringan local area network. Bentuk dari kabel ini adalah sebuah kabel yang terdiri 8 tembaga yang terlilit, makanya kabel ini disebut dengan twisted. Tetapi dalam hal ini tidak hanya terdapat satu jenis twisted pair. Tetapi terdapat 2 jenis kabel yaitu kabel unshielded twisted pair dan shielded twisted pair. 

Keduanya sebenarnya memiliki kesamaan yaitu sama-sama menggunakan lilitan dalam kabelnya karena keduanya sama-sama sebuah kabel twisted pair yang terbuat dari tembaga yang terlilit. Jadi jika kita ingin membedakan antara keduanya kita bisa melakukan analisa pada pelindung dalam kabel ini. Tapi setelah ini akan kita bahas satu persatu tentang kedua kabel ini. Tidak lupa tentang konektor yang digunakan dalam kabel. Kabel ini menggunakan konektor RJ 45. Jadi inilah yang biasa anda pakai saat anda menyambung komputer anda ke jaringan lokal.

Kabel UTP adalah sebuah kabel jaringan yang terbuat dari tembaga yang saling terlilit tanpa pelindung. Jadi UTP ini merupakan singkatan dari unshielded twisted pair, jadi kata unshielded disini adalah sebuah makna jika dalam kabel ini tanpa ada pelindung yang melindungi lilitan kabel ini Karena dalam twisted pair memang ada yang disertai dengan pelindung yaitu jenis yang kedua yang disebut dengan STP. Jika kita ingin menemui contoh dari kabel UTP adalah pada jaringan LAN di kantor atau lab sekolah.

Kabel STP adalah sebuah kabel jaringan yang terbuat dari tembaga yang terlilit satu sama lain dan terdiri dari 8 kabel serta memiliki sebuah pelindung dalam kabelnya. Jadi perbedaan twisted pair yang ini dengan yang satunya adalah adanya pelindung dalam kabel ini. Kalau masalah bahan ya masih sama yaitu sama sama menggunakan tembaga. Kalau masalah kecepatan sebenarnya sama saja dan tergantung pada cat berapa kabel tersebut.

3. Kelebihan dan kekurangan twisted pair
Jadi dalam suatu kabel jaringan yang berbeda-beda ini pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang akan menjadi karakteristik dari kabel tersebut. Maka dari itu kabel-kabel jaringan ini akan digunakan pada kondisi dan keadaan tertentu supaya kabel ini dapat berfungsi dengan maksimal. Karena tidak akan berfungsi dengan baik jika cara instalasi dan tempat instalasi dari kabel ini tidak tepat atau tidak sesuai dengan aturan. 

Contohnya kabel utp yang dipasang diatas rumah. Tentu ini akan membuat kabel ini akan menjadi lebih rapuh dan rentan dengan kerusakan. Maka dari itu setiap kabel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan akan kita bahas pada kelebihan dan kekurangan kabel twisted pair sebagai berikut.

Kelebihan kabel twisted pair
Mudah digunakan
Hemat biaya
Instalasi mudah
Konektor mudah didapatkan

Kekurangan kabel twisted pair
Rentan terhadap noise
Untuk yang STP harga lebih mahal

Baiklah diatas merupakan penjelasan untuk kabel jaringan yang berkabel dan untuk yang dijelaskan diatas adalah baru pada bagian kabel twisted pair. Dan untuk membahas yang lain akan kami teruskan pada artikel kami yang selanjutnya. Maka dari itu terus simak artikel artikel pada blog ini.
Scroll To Top