Mengembalikan file yang terhapus

Menyambung artikel kami yang sebelumnya tentang penghapusan file. Jika anda belum membaca silahkan anda lihat lagi di blog kami. Pada kesempatan kali akan kita ulang lagi tentang penghapusan tapi yang akan kita bahas disini adalah bagaimanan mengembalikan file yang telah terhapus. Karena akan panik juga jika suatu saat file kita terhapus. Mungkin yang pertama kita pikirkan adalah mengembalikan file tersebut. Maka dari itu kita akan bahas tentang hal tersebut. Tapi sebelumnya juga akan kita bahas tentang sedikit review tentang penghapusan file disini. Untuk memahamkan anda tentang ini akan kami bahas reviewnya dan cara mengatasi jika saja file anda terhapus.

Baiklah pertama menghapus artinya menghilangkan file dari komputer kita, jadi file akan hilang dan tidak ada lagi. Tapi kalo kita bicara tentang pengembalian tentunya kita memanggil kembali file kita yang telah terhapus. Tapi ada juga ketentuan supaya file-file tersebut dapat kita kembalikan. Yaitu file tersebut tidak terehapus secara permanen. Karena file terhapus ini berbeda-beda. Ada file yang terhapus permanen ada juga yang hanya terhapus secara sementara. Dan untuk pembahasan kali pada awalnya akan kita jelaskan dahulu tentang 2 penghapusan ini. Supaya anda tidak bingung pada pembahasan yang berikutnya.

1. Macam file terhapus
Baiklah file terhapus dalam suatu komputer atau dalam windows ini berbeda-beda. Ada yang terrhapus bisa dikembalikan. Ada juga yang saat terhapus sudah langsung musnah. Dan 2 kondisi ini tentunya juga dipengaruhi oleh cara kita menghapus file tersebut. Supaya kita lebih mudah memahami akan saya tentukan juga nantinya bagaimana file bisa terhapus secara permanen atau hanya terhapus secara sementara. Tentunya keduanya punya sebab yang berbeda. Dan penanganannya juga pasti akan berbeda. Tentunya akan lebih  mudah yang hanya terhapus sementara. Karena file bisa dikembalikan  dengan cepat dan file biasanya masih sempurna. Baiklah untuk itu mari kita bahas macam file terhapus terlebih dahulu.

Terhapus secara permanen
Kata permanen disitu cukup menjelaskan kepada kita bahwa file yang terhapus telah permanen dan file tersebut sudah tidak bisa lagi dikembalikan. Tentunya kalau sampi hal ini terjadi kita akan bingung. Apa lagi file kita tersebut adalah file yang penting. Atau file tugas file laporan atau bahkan skripsi. Oleh karena itu jangan samapai melakukan hal ini secara sembrono. Kita hanya boleh lakukan ini ketika kita ingin menghapus file yang benar benar tidak kita inginkan atau file tersebut benar benar tidak penting.

Untuk sebab dari file terhapus permanen ini adalah anda menghapus file dengan cara menekan pada tombol delete. tapi sebenarnya jika anda jeli saat akan menghapus pasti ada sebuah notofikasi jika file tersebut akan dihapus secara permanen. Maka dari itu tanpa persetujuan anda sebenarnya file tersebut tidak akan terhapus. Dan sebab kedua adalah anda mengosongkan recycle bin. Jika file-file yang terhapus dan bersifat sementara ini dibuang ke recycle bin. Maka jika recycle bin terhapus akan terhapus juga file-file yang terhapus sementara tadi. Ini juga berlaku saat anda masuk kedalam recycle bin kemudian menghapus pada file tertentu. Dan file tersebut telah terhapus secara permanen sebenarnya.

Terhapus secara sementara
Untuk jenis yang kedua ini sebenarnya hanya berpindah tempat saja. Lalu dimana file tersebut berpindah? tentunya berpindah ke tempat sampah yaitu ke recycle bin. Dan saat di recycle bin kita bisa mengolah sesuai keinginan kita. Jika kita ingin file kita hapus secara permanen maka kita tinggal melakukan delete terhadap file tersebut. Tetapi jika kita ingin file tersebut kembali kita tinggal melakukan restore pada file yang kita inginkan. Disinilah yang dapat saya katakan sebagai file yang terhapus secara sementara. File yang sudah terhapus masih bisa dikembalikan ke explore lagi dan masih utuh. Berbeda dengan yang sudah terhapus secara permanen.

Untuk itu saya jelaskan sekalian tentang bagaimana supaya file yang terhapus sementara ini dapat dikembalikan. Pertama yang paling jelas adalah melakukan restore pada file yang kita ingin kembalikan. Jadi file akan ke lokasi semula saat kita menghapus file tersebut. Cara yang kedua adalah dengan cara melakukan undo. Perlu kita perhatikan cara undo ini bisa kita lakukan saat setelah kita menghapus file kita. Dan saat baru terhapus sebenarnya sudah bisa kita undo jika kita belum melakukan aksi yang lain. Kemudian cara yang ketiga adalah jangan clear menggunakan cleaner atau melakukan pengosongan pada recycle bin. Karena hal ini dapat membuat file tersebut terhapus permanen.

2. Cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen
Baiklah kita akan masuk ke pembahasan inti yaitu melakukan restore pada file yang telah terhapus secara permanen. Pada cara yang ini kita bisa menggunakan bantuan pada sebuah software supaya file yang terhapus masih bisa dikembalikan lagi. Jadi aplikasi ini akan bisa melakukan scanning terhadap file yang terhapus. Bahkan bukan hanya pada harddisk tapi ini juga bisa kita gunakan di flashdisk juga. Maka dari itu ini adalah aplikasi yang cukup berguna bagi kita. Dan ini bisa anda cari di internet supaya anda bisa mengembalikan file-file kesayangan anda. Baiklah langsung saja kita masuk ke aplikasi dan caranya.

Pc Inspector File Recovery
Baiklah jika dilihat dari namanya saja kita bisa tebak tentang fungsinya. Yaitu melakukan sebuah recovery terhadap file yang ada di pc. Dan perlu anda ketahui software serba guna ini dapat anda temukan banyak di internet dan bisa anda download secara gratis. Dan jika anda ingin menggunakannya anda bisa ikuti pada tutorial berikut ini. Supaya anda faham silahkan simak tutorial ini dengan seksama. 
#Install aplikasi

#Buka aplikasi

#Pilih bahasa

#Scan drive
#Cari file 

#Klik kanan dan pilih save as

File anda telah kembali

Baiklah jadi sebenarnya file-file kita yang telah terhapus masih bisa kita kembalikan tetapi memang ada aplikasi tertentu. Dan ada syarat tertentu. Jadi jangan langsung bingung ketika anda tanpa sengaja menghapus file anda karena sekarang ada banyak orang pintar di dunia ini jadi anda sebagai seseorang tentunya harus bisa menggunakan karya-karya mereka. Maka dari itu kita perlu untuk mencari cari trik supaya kita bisa melakukan banyak hal. Jadi pesan saya adalah anda harus berhati-hati dalam menggunakan komputer anda supaya anda tidak menghapus file anda sendiri. Dan jika terpaksa terjadi anda masih bisa gunakan trik diatas. Sebarkan artikel ini jika menurut anda ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Scroll To Top