Melindungi diri dengan VPN

Dalam dunia internet tentunya tak ada yang 100% aman. Karena ada yang bilang bahwa "no system is safe“. Jadi mau seperti apapun sebenarnya masih banyak celah dalam suatu jaringan komputer. Kita sebagai pengguna terkadang sangat khawatir dengan keamanan pada diri kita. Karena kita tau banyak gangguan yang bisa terjadi pada jaringan internet. Dan ini akan membuat jaringan kita tidak aman. Ditambah lagi dengan adanya orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan membuat suatu jaringan menjadi tak aman. Seperti contohnya seorang hacker yang membobol sistem suatu jaringan. Kemudian orang-orang yang melakukan pencurian terhadap data pribadi. Maka dengan tidak amannya komputer saat terhubung ke internet ini menimbulkan diciptakannya beberapa keamanan dalam suatu jaringan.

Sebagai manusia jaman milenial kita tentu membutuhkan suatu informasi dari suatu internet. Serta informasi tersebut pasti  kita dapatkan dari internet. Jika dalam suatu proses searching kita sudah dihantui oleh ketidakamanan dari suatu jaringan yang kita pakai. Tentu ini akan menimbulakan kekhawatiran pada diri kita. Dan untuk menciptakan keamanan dan melindungi diri kita sendiri maka kita akan memakai aplikasi yang bernama vpn. Vpn ini adalah singkatan dari virtual private network. Jadi ini adalah sebuah jaringan virtual yang akan menyembunyikan identitas dari komputer kita saat melakukan terhubung ke internet.

Baiklah untuk memahami lebih lanjut tentang vpn ada baiknya kita langsung membahas vpn ini secara rinci mulai dari definisinya dan yang lain-lain. Karena tentu vpn ini sangat penting dalam menjaga kita saat terhubung dalam suatu jaringan internet. Dan untuk memahaminya silahkan simak pada pembahasan berikut ini.

1. Pengertian VPN
Pengertian VPN adalah sebuah jaringan private yang digunakan dalam sebuah jaringan internet. Jadi  dalam transmisi datanya masih tetap menggunakan jaringan komputer. Jadi ini akan membuat jaringan vpn bersifat privat antara satu jaringan dengan jaringan yang lain. Dan inilah keunggulan dari vpn. Dengan jaringan yang bersifat privat ini akan membuat jaringan menjadi lebih aman digunakan. Karena dalam suatu jaringan yang memakai vpn ini akan membuat data yang terkirim akan dikirim secara acak. Meskipun pada bagian penerima data akan tetap utuh. Tapi ini akan menjadi keamanan yang cukup baik. Karena dalam pengiriman data yang dilakukan dengan jaringan vpn terdapat proses enkripsi yang akan membuat data yang dikirimkan akan menjadi lebih aman dan sampai ke tujuan dengan lebih baik dan lebih terjamin.

Tentunya vpn ini dapat melindungi dari para pencuri data yang memanfaatkan transmisi data. Karena dalam vpn ini bersifat privat serta memiliki keamanan yang luar biasa, contohnya adalah pada bagian enkripsi tadi dan pada pengiriman datanya juga dilakukan pengacakan. Dan ini bisa menjadi solusi anda untuk melindungi komputer anda saat anda sedang terhubung ke internet. Jadi jika anda takut untuk terhubung ke internet karena alasan keamanan. Dalam vpn ini ip anda juga dapat disamarkan menjadi ip yang acak. Inilah yang disebut pengiriman data secara acak tadi. Jadi jika terdeteksi tersebut adalah ip anda tetapi anda diluar disana menggunakan ip yang tidak sebenarnya. Jadi ini akan lebih aman dari sebelumnya.

2. Kelebihan dari VPN
Jaringan yang bersifat privat ini tentunya mempunyai beberapa kelebihan sehingga jaringan ini dapat digunakan untuk keamanan suatu jaringan. Berikut ini adalah kelebihan dari vpn:

Rahasia
VPN membuat jaringan internet yang awalnya rawan. Menjadi jaringan yang lebih baik atau lebih aman lagi. Karena dalam suatu vpn ini akan terjadi proses pengacakan dan pengkodean pada data. Jadi sangat sulit jika sebuah jaringan yang menggunakan vpn ini kemudian di curi datanya oleh seseorang karena memang data data yang ditransmisikan menggunakan vpn ini memang cukup aman.

Pemeriksaan
Dalam vpn tidak akan sembarang melakukan pengiriman data karena dalam vpn akan melakukan pemeriksaan terhadap data yang terkirim. Apa yang akan diperiksa. Jadi yang diperiksa adalah mulai dari pengirimnya sampai dengan penerimanya. Keduanya akan melalui tahap pemeriksaan jika melakukan pengiriman data dengan menggunakan vpn ini. Dan ini akan membuat jaringan pada sebuah vpn akan benar-benar aman karena yang diperiksa dan diamankan buka hanya dari segi datanya tetapi juga dari segi pengirim dan penerima data tersebut akan di cek. Apakah usernya sudah sesuai atau belum. Jika belum maka kemungkinan tidak akan bisa dilanjutkan pengiriman datanya.

Data sampai tujuan
Kita tau bahwa melakukan pengiriman data dengan menggunakan komputer tersebut akan sampai ke tujuan. Tapi apakah berbeda dengan yang ada dalam pengiriman pada vpn ini. Karena dalam vpn ini akan membuat data terkirim dengan sempurna atau dengan utuh ke alamat tujuan. Ini kita bahas karena kita lihat bahwa data telah diacak dan telah terjadi enkripsi. Tetapi ini akan utuh saat diterima oleh si penerima. Maka dari itu inilah keunggulan dari jaringan yang menggunakan vpn.

3. Konsep kerja vpn VPN
Dalam melakukan pekerjaan atau dalam melakukan sebuah transaksi akan membutuhkan beberapa komponen-komponen tertentu, beberapa contohnya adalah komputer penerima dan komputer pengirim, kemudian 2 vpn yaitu vpn klien dan vpn server, serta dalam vpn ini tentunya juga butuh sebuah koneksi internet jika yang berhubungan tersebut berada tidak satu jaringan. Jadi konsep kerja mereka adalah sebagai berikut ini.

Komputer pengirim akan melakukan pengiriman data kemudian akan melalui VPN client data akan terenkripsi dan sebagainya. Kemudian data tersebut akan dikirimkan melalui internet dan nantinya akan diterima di vpn server. Saat itu juga vpn server akan meneruskan data ke bagian vpn client. Dan akan membuat data yang terkirim diterima di vpn klien. Baru vpn klien ini yang akan memasukkan data pada komputer penerima tersebut.

Baiklah jadi dalam sebuah jaringan yang menginginkan keamanan bisa menggunakan sebuah vpn. Jadi jika kita menggunakan vpn ini akan membuat pengiriman data menjadi lebih efektif serta lebih aman dibanding dengan pengiriman yang tanpa perlindungan. Dan akan membuat data menjadi lebih mudah dicuri dan tentu ini akan membuat kita menjadi khawatir saat ingin menggunakan internet. Maka dari itu vpn hadir dan akan membuat kita lebih aman dalam melakukan akses terhadapa internet. Dan jika kita sudah melakukan keamanan tentunya kita akan nyaman dalam menggunakan internet. Jika anda ingin tau tentang info-info keamanan jaringan yang lain anda bisa terus melihat pada blog ini. Dan silahkan anda berkomentar dan membagikan jika anda suka dengan artikel ini.
Scroll To Top