Layanan pada server

Halo sobat semua kali kita akan membahas tentang layanan pada server. Setelah kita memahami apa itu server selanjutnya kita akan memahami layannnya. Lalu apa saja layanan yang ada pada server tersebut. Jadi server ini mempunyai banyak layanan yang bisa memudahkan kinerja para clientnya. Lalu apakah layanan pada server tersebut. Kita akan bahas pada pembahasan berikut ini

Fungsi layanan server
Sebelum kita pergi untuk membahas layanannya kita perlu memahami secara umum tentang fungsi dari layanan umum tersebut secara garis besar. Jadi fungsi dari layanan-layanan pada server ini yang paling utama adalah melayani client. Dan untuk melayani client yang mempunyai banyak kebutuhan kita sebagai server harus mempunyai pelayanan yang baik dengan cara kita juga memiliki aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk pelayanan terhadap client tersebut.

Jika dalam suatu jaringan ingin mengerjakan suatu pekerjaan tentunya akan membutuhkan cukup banyak layanan yang dibutuhkan client. Maka dari itu semakin banyak layanan pada server maka akan semakin baik juga server tersebut. Tapi menurut saya server yang baik adalah server yang mempunyai layanan sesuai kebutuhan. Jadi hanya aplikasi aplikasi yang akan digunakan yang di instal dalam server kita. Maka dari itu server akan lebih ringan dan kinerjanya lebih cepat. Untuk itu akan mulai kita bahas tentang beberapa layanan dari server tersebut.

1. DHCP
Baiklah untuk yang pertama adalah dhcp atau dinamic host control protocol. Merupakan sebuah layanan pada server yang digunakan untuk memberi ip address secara otomatis kepada client. Jadi pada komputer client hanya perlu mengubah pengaturan ip address manjadi otomatis atau dhcp maka client akan langsung mendapatkan ip secara otomatis. Layanan ini tentunya sangat memudahkan bagi pemilik jaringan tersebut. Karena jika jaringan tersebut punya 100 client. Maka tidak mungkin akan mengisi ip satu persatu pada setiap komputer. Dan ip pada komputer itu haruslah berbeda. Maka dari itu akan sangat sulit. Untuk itu layanan dhcp datang dan memberi kemudahan bagi kita.

2. DNS
DNS atau domain name system merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan translate dari ip address menjadi nama domain dan sebaliknya. Jadi  ini memiliki fungsi yaitu mengubah nama domain menjadi ip address dan sebaliknya. Jika layanan ini memang sangat banyak digunakan. Pada contohnya adalah pada website-website yang punya domain. Sebenarnya saat kita mengakses website mereka yang kita akses adalah ip address mereka. Pada contohnya adalah pada webnya google. Untuk melakukan akses ke google kita cukup mengetikkan www.google.com tetapi sebenarnya yang dikunjungi adalah alamat ip dari google itu sendiri. Jadi ini peran dari dns bekerja mereka melakukan perubahan dari nama domain ke alamat ip dan sebaliknya.

3. Web server
Web server merupakan sebuah layanan pada server yang gunanya untuk mengolah website dari server tersebut. Biasanya website ini juga berasal dari dnsnya tadi. Dan yang ini merupakan kelanjutan dari yang tadi. Jika kita ingin mengolah websitenya tempatnya adalah disini. Jadi para web developer biasanya bergerak di bidang ini dan untuk membuat website biasanya akan dimasukkan kesini. Karena ini merupakan layanan web server.

4. Mail server
Selanjutnya adalah layanan mail server. Yaitu layanan ini berfungsi untuk melakukan pengiriman surat pada suatu jaringan. Layanan ini bisa digunakan oleh client untuk melakukan komunikasi satu sama lain dengan melakukan pengiriman email kepada pihak yang lainnya. Dan ini sebenarnya sudah banyak penerapannya pada contohnya adalah pada gmail, yahoo dan sebagainya. Mereka sebenarnya mereka juga memakai layanan mail server. Jadi intinya mail server ini adalah sebuah layanan untuk melakukan pengiriman email pada suatu jaringan.

5. Proxy server
Proxy server merupakan salah satu layanan yang masuk dalam kategori keamanan dalam suatu jaringan. Jadi untuk definisi dari proxy server ini adalah sebuah layanan yang digunakan untuk melakukan blocking terhadap situs yang berbahaya. Jadi server akan melakukan block terhadap situs situs tertentu yang telah didata sebelumnya. Jadi jika client melakukan akses kepada situs tersebut maka akan membuat si pengguna tidak bisa akses dan akan ditolak atau dialihkan. Maka dari itu ini merupakan strategi keamanan karena biasanya pada proxy server ini berisi situs yang terlarang atau virus. Jadi ini akan berbahaya jika diakses oleh client. Maka dari itu server memblok hal tersebut dan client aman.

6. NTP
Network Time Protocol merupakan sebuah layanan penyamaan waktu antara server dengan client. Jadi begini, jika dalam sebuah server sudah terpasang layanan ntp maka akan memudahkan bagi client untuk melakukan penyamaan waktu dengan server tersebut. Biasanya ini juga kita gunakan misalnya pada hp kita waktunya sesuai dengan server dari provider yang kita pasang dalam hp kita. Dan saat data dinyalakan maka akan membuat waktu secara otomatis akan dicocokkan dengan server itu sendiri.

7. FTP server
File Transfer Prootocol merupakan sebuah layanan untuk berbagi file dalam suatu jaringan. Baik dari client maupun server. Jadi dengan layanan ini bisa mengakses suatu file secara bersamaan, yang penting berada pada satu jaringan yang sama. Layanan ini tentunya sangat berguna dan akan sering digunakan. Karena transfer file dalam suatu jaringan itu pasti sering terjadi. Untuk itu layanan ini harus ada dalam sebuah jaringan. Harus ada dalam layanan servernya supaya client dapat menikmati layanan berbagi file ini.

8. SSH Server
Ssh merupakan sebuah cara untuk melakukan control server tanpa mengoperasikan server tersebut. Jadi kita bisa melakukan control dari komputer client misalkan. Jadi layanan ini memiliki fungsi untuk meremote server dengan aplikasi tertentu. Yang umum digunakan adalah aplikasi putty. Yaitu aplikasi yang bisa untuk remote server.

9. Samba server
Merupakan sebuah layanan untuk melakukan pembagian file atau transfer file dari sistem operasi yang berbeda. Disini yang dimaksud adalah sistem operasi windows dan linux. Jadi kedua sistem operasi ini dapat saling terhubung untuk melakukan transfer file. Layanan ini cukup banyak digunakan karena cukup banyak juga server yanag berbasis linux dan para client yang berbasis windows. Jadi untuk transfer file tentunya akan menggunakan samba ini.

Baiklah sebenarnya layanan-layanan diatas hanya sebagian saja dan sebenarya masih banyak lagi layanan-layanan pada server yang bisa digunakan. Jadi kita bisa simpulkan bahwa sebenarnya layanan-layanan pada server akan menyesuaikan pada kebutuhan dan sesuai dengan permintaan client. Tapi pastinya layanan ini sangatlah penting untuk memudahkan client dalam melakukan interaksi dan melaksanakan pekerjaan lainnya.
Scroll To Top