Kuras sampah dalam komputer mu

Halo sobat semua kali kita kembali akan membahas tentang optimasi pada komputer kita. Lalu optimasi apakah yang akan kita bahas kali ini. Kali ini yang akan kita bahas adalah tentang sampah pada komputer kita. Jadi dimana mana yang namanya sampah pasti mengganggu bukan. Jadi hal itu perlu dibersihkan, bisa kita simpulkan tempat yang banyak sampah adalah tempat yang kurang baik. Tetapi apakah komputer sama juga seperti. Lalu sampah seperti apa yang ada pada komputer kita.

Begini salah satu logikanya, komputer anda punya penyimpanan kan. Jika saja komputer tersebut penyimpanannya penuh maka akan terjadi penurunan kinerja bukan. Jika penuh karena data yang nyata saja dapat menurunkan performa apalagi terpenuhi oleh sebuah sampah. Maka dari itu kami pada pembahasan kali ini akan membuat tutorial tentang cara mnguras sampah dalam komputer kita tersebut. Baiklah silahkan simak pada pembahasan berikut ini.

1. Pengertian sampah pada komputer
Sebelum kita melakukan pembahasan terhadap cara mengurasnya kita pertama harus memahami sampah yang ada di komputer itu adalah sampah yang seperti apa. Akan saya beri contoh sampah yang paling sederhana. Yaitu jika anda menghapus sebuah file atau folder. Silahkan anda cek pada bagian recycle bin. Jika ada file dalam recycle bin maka file tersebut adalah sebuah sampah.

Dan saat sampah tersebut belum terhapus anda lihat pada penyimpanan anda maka meskipun file telah terhapus penyimpanan anda akan sama saja. Tetapi saat anda melakukan clear pada recycle bin maka penyimpanan anda akan kembali longgar. Jadi definisi untuk sampah di komputer yang pertama adalah sebuah file yang terhapus tapi belum benar-benar bersih, maka file tersebut dianggap sebagai sampah. Meskipun file yang ada di recycle bin ini bisa terhapus secara otomatis tetapi ini akan membuat komputer anda keberatan dengan banyak data.

Untuk sampah yang kedua ini adalah sampah yang berasal dari proses-proses dalam komputer tersebut. Sekarang seperti pada kehidupan nyata saja. Jika sebuah pabrik membuat suatu produk atau melakukan pekerjaan maka pabrik tersebut akan mengeluarkan sebuah sampah. Dan di komputer juga mirip seperti itu, jadi saat komputer anda melakukan sebuah pemrosesan maka akan tercipta sebuah sampah yang akan membuat komputer anda kembali mempunyai sampah. Lalu bagaimanakah cara kerjanya. Jadi bergini suatu pemrosesan akan menyimpan data secara sementara ada cache. Lalu data sementara inilah yang disebut dengan sampah. Dan bagian inilah yang perlu kita bersihkan supaya tidak membuat komputer kita menjadi lebih lambat.

2. Fungsi sampah
Jika anda membaca judulnya saja pasti anda sudah penasaran kenapa sampah bisa ada fungsinya. Tetapi bukankah ada sampah yang bisa didaur ulang. Apakah ini juga sama seperti itu. Sampah komputer juga didaur ulang juga. Menurut pengamatan saya tidak. Jadi sampah yang akan kita bahas disini adalah sampah cache. Jadi sampah pada cache ini adalah sampah yang terjadi karena suatu pemrosesan data dan akan ada data sementara yang tersimpan dalam cache tersebut. Lalu jika membahas fungsi apakah fungsi dari hal ini.

Jadi begini, dalam suatu pemrosesan data ini. Ada sebuah data sementara yang dititipkan pada memory atau penyimpanan sementara dan di poin sebelumnya kita menilai ini sebagai sampah. Maka jika kita bicara tentang fungsinya. Kita bisa menyimpulkan bahwa sampah tersebut berfungsi untuk memercepat proses dari muat ulang data yang telah kita proses tadi. Ini juga berfungsi ketika komputer kita tiba mati tanpa sebab. Maka kita bisa dengan mudah mengakses lagi file yang sedang kita kerjakan. Jadi ini juga salah satu fungsi sampah tadi. Maka dari itu kita  juga mempunyai pertimbangan karena sampah ini sendiri juga memiliki fungsi taapi di sisi lain juga memiliki kerugian.

3. Cara membersihkan sampah
Baiklah pada poin ini akan kita bahas langsung tentang cara melakukan pembersihannya tersebut. Jadi dalam membersihkan sampah itu sendiri terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan tapi yang akan saya tulis pada pembahasan berikut ini adalah pembersihan sampah yang sering saya lakukan. Dan cara ini juga terbukti bersih dalam menguras sampah yang ada dalam komputer saya. Untuk itu silahkan simak cara-cara berikut ini.

Kosongkan recycle bin
Baiklah untuk cara yang pertama adalah cara yang paling simple dan cara yang paling mudah menurut saya. Karena sudah jelas bukan bahwa disetiap windows pasti ada recycle bin. Yaitu tempat sampah tersebut. Jadi jika kita ingin melakukan pembersihan dari sampah tersebut kita tinggal bersihkan saja pada tempat sampahnya tersebut. Cara untuk membersihkan sampah melalui recycle bin adalah sebagai berikut.

#klik kanan pada recycle bin

#klik empty recycle bin

Menggunakan %temp%
Untuk cara yang kedua ini adalah cara yang cukup manjur juga. Tapi untuk cara ini adalah cara yang lebih dikhususkan untuk menghapus cache pada komputer kita. Jadi jika dengan cara ini kita bisa melihat file-file cache pada komputer kita dan kita bisa dengan mudah untuk menghapusnya. Cara untuk melakukannya cukup simple sebenarnya.
#buka run

#tulis %temp%

#hapus semua file

Menggunakan aplikasi
Baiklah cara yang ketika ini juga cara yang paling efektif. Karena apa? Karena jika kita menggunakan cara yang ini kita akan dimudahkan karena kita bisa melakukan pembersihan seperti nomer 1 dann nomer 2 secara bersamaan hanya melalui satu aplikasi. Jadi seperti ini kita akan mudah membersihkan sampah dan hasilnya cukup bagus. Jadi untuk aplikasi yang biasa saya gunakan adalah menggunakan aplikasi Ccleaner. Jadi aplikasi pembersih sampah tersebut mempunyai fungsi yang cukup bagus karena dapat membersihkan sampah dengan bersih. Berikut ini adalah cara untuk membersihkan sampah menggunakan aplikasi.

#buka aplikasi Ccleaner

#klik analyze

#bersihkan sampah

4. Akibat sampah yang dibersihkan
Baiklah untuk poin yang terakhir ini kita akan melakukan pembahasan dengan judul jika kita sudah membersihkan sampah tersebut maka apakah akibatnya terhadap komputer kita. Apakah komputer kita kan lebih cepat atau bagaimana. Akan kita bahas dalam pembahasan berikut ini. Baiklah jika kita membersihkan sampah pada komputer kita yang pertama kita rasakan adalah komputer yang bersih serta ringan.

Dan kita akan lebih mudah untuk menggunakan komputer kita. Tapi cobalah anda buka file folder atau aplikasi. Maka proses pembukaan tersebut akan cukup lama karena akan melakukan indek ulang dari awal lagi dikarenakan cache yang tadi sudah terhapus. Jadi sebenarnya sampah pada komputer anda ini ada manfaatnya dan ada juga kerugiannya.


Scroll To Top