Konsep kerja Hub Switch dan Router

Halo sobat semuanya kali ini kami akan kembali mengupdate tentang ilmu-ilmu komputer. Dan kali ini kami ingin membuat artikel tentang bagaimana konsep kerja dari ketiga perangkat jaringan yang sering kita gunakan yaitu perangkat Hub, Switch, dan Router. Jadi ketiga perangkat tersebut merupakan perangkat-perangkat jaringan. Merupakan perangkat untuk berkomunikasi dan melakukan pengiriman data dan sebagainya. Tetapi pada setiap perangkat tersebut memiliki perbedaan cara kerja atau konsep kerja. Jadi setiap perangkat memiliki peranan masing-masing untuk membuat komunikasi menjadi lebih lancar. Jadi semua alat atau perangkat jaringan ini memiliki fungsi yang penting.

Dan jika difikirkan ketiga perangkat ini merupakan perantara. Jadi mereka memilliki kemiripan fungsi yaitu sebagai perantara. Jadi memang ini yang akan dibahas dibalik kemiripannya apakah yang membuat ketiga perangkat ini menjadi berbeda secara konsep kerja. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimanakah konsep kerja dari ketiga perangkat jaringan ini. Agar para pembaca juga lebih mudah untuk memahami kami juga akan membuat perumpamaan-perumpamaan pada setiap konsep kerja dari perrangkat tersebut. Jadi anda akan lebih mudah untuk memahami hal ini.

Untuk bagian ini akan saya uraikan terlebih dahulu tentang fungsi dari ketiga perangkat tersebut. Jadi ketiganya memiliki beberapa fungsi antara lain.

1. Hub
Sebagai penghubung perangkat jaringan
Untuk saling bertukar informasi
Mampu menambah dan mengurangi node pada jaringan
Menjadi pusat pengelolaan dalam sebuah jaringan

2. Switch
Sebagai penghubung antara beberapa perangkat jaringan
Untuk saling berkomunikasi
Mengirim data secaraa cepat dan tepat
Sebagai konsentrator

3. Router
Menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain
Transmisi data dari jaringan satu ke jaringan yang lain
Menghubungkan jaringan local ke jaringan internet yang lebih luas
Melakukan proses routing
Menghubungkan jaringan yang berbeda

Setelah kita memahami tentang fungsi dari ketiga perangkat tersebut sekarang marilah kita mempelajari bagaimana ketiga perangkat tersebut akan bekerja. Jadi seperti apa proses pekerjaan yang dilakukan oleh ketiga perangkat ini dalam mengirimkan atau mengolah sebuah data jadi akan lebih mudah jika kita memahami konsep dari sesuatu terlebih dahulu. Supaya kita tidak salah penafsiran. Berikut ini adalah konsep kerja dari beberapa perangkat jaringan.

1. Hub
Untuk yang pertama adalah konsep kerja dari perangkat penghubung atau konsentrator yang disebut dengan hub. Sebelumnya akan saya jelaskan secara sekilas pengertian dari hub ini sendiri. Hub merupakan sebuah perangkat yang akan menjadi pusat dari sebuah jaringan. Jadi semua kabel jaringan pada setiap komputer dan perangkat jaringan lainnya akan terhubung pada hub ini. Jadi intinya hub ini akan menjadi pusatnya. Maka dari itu keberadaan hub ini sangat penting dan jika hub ini mati maka jaringan akan lumpuh dan semua node yang terhubung akan terputus dan tidak dapat berkomunikasi.

Baiklah akan kita mulai untuk mendeskripsikan konsep kerja dari hub ini. Begini pada hal ini hub akan saya ibarat seseorang kurir dari kantor pos. Jadi kurir ini tugasnya mengirim suatu surat ataupun barang, jika menurut cara kerja hub ini maka begini cara kurir tersebut. Kurir akan mendatangi semua rumah yang ada. Tetapi hanya rumah tujuan yang akan mendapatkan surat. Dan begitu seterusnya, jadi cara ini akan memakan waktu yang cukup lama.

2. Switch
Untuk perangkat yang kedua ini adalah switch. Sebenarnya switch ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan hub yaitu sebagai pusat yang menghubungkan semua perangkat jaringan pada sebuah topologi. Jadi intinya hub dan switch bekerja sebagai konsentrator. Switch ini akan bekerja sebagai penghubung yang akan membuat jaringan lumpuh jika dalam switch ini sendiri bermasalah. Jadi jika switch bermasalah atau terjadi gangguan maka jaringan akan mengalami trouble dan bahkan bisa membuat jaringan menjadi lumpuh dan tidak bisa berfungsi. Dengan begitu para pengguna tidak bisa berkomunikasi satu sama lain.

Tetapi pada poin yang kedua ini kita akan membahas tentang konsep kerja dari switch ini sendiri. Jadi switch ini meskipun memiliki fungsi yang mirip bahkan sama dengan hub. Tetapi sebenarnya mempunyai konsep kerja yang berbeda. Jadi sebagian orang menyimpulkan bahwa switch lebih pintar daripada hub. Mengapa demikian, karena switch bisa mengirim data lebih cepat. Lalu bagaimanakah konsep kerja dari switch ini. Begini , akan kita ibaratkan lagi dengan tukang pos. Jadi misalkan seorang kurir ingin mengantar surat.

Jika kurir tersebut menggunakan konsep kerja dari switch maka kurir tersebut akan bekerja dengan cara hanya mendatangi rumah yang akan dituju. Dan switch ini akan memberikan surat atau barang kerumah tersebut. Dan jika dibandingkan dengan cara kerja hub, ini lebih menyingkat waktu dan cukup efektif. Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil dari konsep kerja switch adalah dengan cara mengirim sinyal hanya kepada node yang dituju dan hanya node tujuan yang akan menerima data. Jadi bisa dikatakan bahwa switch ini memiliki kemampuan untuk mendaftar setiap alamat dari node yang terhubung.

3. Router
Untuk perangkat yang ketiga yaitu perangkat router. Router ini intinya adalah menghubungkan dengan jaringan yang berbeda. Jadi anda bisa melakukan hubungan dengan luar jaringan lokal anda. Baiklah akan saya jelaskan bagaimana cara router ini bekerja. Kita akan ibaratkan router ini sebagai salah satu komponen dari kantor pos tadi. Jadi menurut saya router ini adalah kantor pos nya. Jadi kantor pos inilah yang bertugas menghubungkan antara pengirim dan penerima. Meskipun pengirim dan penerima ini walaupun penerima dan pengirim ini berada di daerah yang berbeda baik di kota yang berbeda maupun pada provinsi bahakan negara yang berbeda. Maka ini yang saya sebut router sebagai penghubung dengan jaringan luar. Jadi ini kalau di router adalah router tersebut menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan yang lebih universal. Jadi inilah inti router sebagai penghubung dengan jaringan yang berbeda.

Kesimpulan
Jadi dari beberapa penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa dari ketiga alat tersebut memiliki kerja yang hampir sama tapi prosesnya berbeda. Kita simpulkan bahwa pada kerjanya hub mengantarkan data tetapi hub mengantarkan data dengan cara mengirim sinyal kesemua node tetapi hanya node tujuan yang akan menerima data. Sedangkan pada perangkat switch ini lebih pintar dari hub karena switch hanya mengirim sinyal dan data kepada penerima dan cara ini lebih efektif. Beda lagi dengan router yang memiliki prinsip kerja sebagai penghubung dengan jaringan lain. Jadi bisa kita simpulkan bahwa ketiganya memiliki perbedaan konsep kerjanya.

Scroll To Top