Komponen dalam processor

Dalam suatu sistem komputer pasti memiliki sebuah komponen yang betugas tugas untuk melakukan pemrosesan data. Dan pemrosesan ini terdapat suatu perangkat yang bernama processor. Processor ini bagaikan sebuah otak dalam sebuah komputer. Dialah yang akan bertanggung jawab untuk memikirkan tentang pengolahan data dalam sebuah komputer. Jadi dalam sebuah komputer ini sangat dibutuhkan adanya suatu komponen pemroses. Dengan adanya processor ini akan ada inti dari suatu komputer. Maka dari itu kita sering melihat banyak orang yang memilih processor saat ingin membeli suatu komputer. Diakarenakan dalam processor ini memang cukup penting dan akan menentukan tentang kinerja dari komputer yang diigunakan.

Dan untuk memperdalam pemahaman tentang processor ini. Akan kita bahas tentang processor. Kita akan membahas tentang bagaimana fungsi processor ini dalam sebuah komputer. Jika kita ingin mendapatkan kinerja yang bagus tentu kita harus memakai processor yang bagus. Dan banyak processor-processor di pasaran yang dikembangkan seperti yang cukup terkenal dan sering digunakan adalah processor intel dan AMD. Kedua processor tersebut sampai saat ini masih dikembangkan dan masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Dan memiliki strategi sendiri untuk menarik peminat. Untuk itu kita sebagai user atau pengguna sebuah komputer harus bisa memilih sesuai dengan yang cocok dengan kita dan penggunaan kita.

Karena dalam penggunaan processor ini biasanya akan berbeda beda sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Semua akan ada jalannya sendiri-sendiri. Maka itu kita sebagai user yang cukup tau teknologi kita harus analisa apa saja kegiatan kita. Dan waktunya kita pilih processor yang tepat untuk komputer kita. Jika komputer kita memiliki processor yang cukup sesuai dengan kebiasaan kita maka akan mudah dalam penggunaan dan bisa digunakan secara maksimal. Untuk memahami lebih banyak silahkan simak dari penjelasan penjelasan berikut ini.

1. Pengertian proocessor
Processor adalah komponen dalam suatu komputer yang mengatur kinerja komputer. Dan merupakan inti dari suatu pemrosesan dalam perangkat komputer. Jika kita ibaratkan dengan manusia processor ini adalah otak dari sebuah komputer. Jadi processor ini akan memikirkan bagaimana data aknn diproses atau eksekusi apa yang diilakukan. Jadi tugas processor ini sangat banyak. Maka dari itu ini akan menentukan suatu komputer dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kita ingin menggunakan komputer yang lancar tentu salah satu syaratnya adalah menggunakan processor yang bagus. Jika processor tersebut bagus maka akan bisa membuat komputer ini menjadi lebih cepat dalam melakukan pemrosesan data.

Hubungan processor dengan perangkat-perangkat komputer yang lain juga cukup erat karena ini akan melakukan tugasnya dengan  bantuan  dari komponen-komponen yang lain. Jadi processor melakukan pemrosesan data juga akan dibantu oleh ram dan komponen-komponen yang lainnya. Ini akan sama seperti otak kita yang akan berfikir kemudian anggota tubuh yang lain akan melakukan aksi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika kita memiliki pemikiran yang cepat tentu kinerja kita juga akan cepat. Ini juga berbanding lurus dengan processor. Jika processornya bagus maka akan bagus pula kinerja dari sebuah komputer.

Diatas adalah pembahasan singkat tentang pengertian atau definisi dari processor. Dan setelah ini akan kita bahas tentang fungsi dari processor. Memang ada beberapa fungsi penting dari sebuah processor yang ini akan menjadi penunjang bagi kita untuk menjalankan suatu proses dalam komputer. Baiklah dibawah ini merupakan fungsi dari sebuah processor dalam komputer.

2. ALU
ALU merupakan singkatan dari aritmatik logical unit. Yaitu fungsi berguna sebagai otak yang akan melakukan penghitungan aritmatika. Tentunya dalam sebuah komputer akan memerlukan sebuah penghitungan. Pada bagian ALU ini memiliki fungsi inti yaitu melakukan penghitungan pada sebuah komputer. Jadi data yang ada kaitannya dengan penghitungan akan diproses dalam ALU ini. Jika anda ingin melihat penerapannya adalah pada aplikasi kalkulator. Jadi dalam kalkulator itu penghitungan dilakukan oleh ALU.

Dan masih banyak pemrosesan yang lain yang merupakan hasil dari kinerja ALU. Dalam processor ALU akan melakukan penghitungan aritmatika. Dan jika kita pikirkan bukankah jika belajar tentang pemrograman maka akan bisa kita lihat bahwa dalam pemrograman tersebut berisi tentang kode-kode program yang akan mengolah data tersebut. Tapi perlu kita pahamkan dalam kode-kode tersebut hanyalah perintah saja. Dan yang menjalankan perintah tersebut adalah komponen ALU ini.

Jadi kode pemrograman hanya sebuah perintah dan yang melakukan aksi adalah komponen ALU. Kemudian akan mengembalikan sebuah hasil dari data yang telah diproses. Pada bagian ALU ini akan mengurus urusan untuk aritmatika. Lalu siapa yang akan mengurus urusan yang lainnya. Urusan yang lain seperti contohnya untuk mengurus data akan menjadi urusan dari komponen yang lain. Jadi ini akan membuat processor menjadi multifungsi. Karena mereka tak hanya punya satu komponen untuk melakukan pemrosesan.

3. Control unit

Untuk melakukan control terhadap data yang masuk dan keluar akan menggunakan control unit. Dan control unit ini akan mengatur tentang bagaimana data akan diolah. Yang dimaksud disini adalah input atau output. Jadi dalam processor yang akan mengatur bagian input serta output ini adalah komponen yang disebut control unit. Dan dalam control unit ini akan melakukan kontrol pada perangkat dalam komputer. Jadi perangkat input serta output akan ada dalam kendali komponen bernama control unit.


Kerja control unit ini tentunya sangat penting karena tak akan berfungsi sebuah komputer tanpa input dan output. Tentu kinerja dari control unit sangatlah diperlukan untuk membuat suatu komputer dapat berfungsi dengan baik. Dan jika kita hilangkan komponen ini mungkin akan membuat sistem input serta output tak berjalan dengan normal. Atau bahkan input dan output tidak akan berjalan.

4. Memori unit
Memori unit adalah sebuah penyimpanan dalam processor dan merupakan bagian dari processor yang memiliki fungsi untuk penyimpanan. Tapi penyimpanan sifatnya sementara dan sangatlah cepat. Jadi penyimpanan yang simple ini akan membantu jika dalam pemrosesan data.

Jika semakin banyak memori unit ini akan membuat komputer semakin cepat dalam melakukan pemrosesan. Dan akan membuat komputer berjalan dengan lancar tentunya. Meskipun penyimpanan dalam memori unit ini cukup kecil ukurannya tapi ini memiliki kinerja yang sangat cepat. Dan akan sangat membantu dalam melakukan pengolahan data. Dan inilah yang akan menentukan cepat tidaknya sebuah komputer.
Scroll To Top