Interface webite yang bagus

Dengan banyaknya website yang tersebar di internet. Kita sebagai pengguna tentunya akan bisa mengamati ada banyak sekali website di dunia ini yang sering kita lihat. Jadi kita akan mencoba untuk mengamati dan memberi komentar tentang website-website tersebut apakah website tersebut sudah sesuai dengan ketentuan. Jadi begini ada sebuah aturan atau ketentuan website tersebut dapat terlihat bagus. Jadi jika kita browsing di internet kita dapat menilai apakah website tersebut bagus atau tidak dari segi tampilan.

Tapi juga apakah akses ke website tersebut cukup cepat. Ini sebenarnya mempengaruhi kualitas website tersebut. Dan dalam pembuatan website itu juga memperhatikan beberapa aspek seperti layout, warna, dan sebagainya. Maka dari itu penting bagi kita memahami ini. Apalagi jika kita adalah seorang web designer. Harus kita pelajari materi ini. Karena dengan ini kita akan tau mana yang lebih baik dan kita akan dapat membuat yang lebih baik. Dengan ini meskipun kita bukan seorang pembuat web tetapi kita juga bisa untuk menilai sebuah website. Bahwa website tersebut tergolong bagus atau tidak dari segi interface. Baiklah akan kita mulai untuk membahas kriteria-kriteria tersebut.

1. Warna
Untuk poin pertama adalah poin yang cukup dimengerti oleh semua orang. Jadi disini kita akan bicara warna. Aspek warna ini ckukp penting karena ini akan menjadi konsumsi dari pengunjung saat mengunjungi website tersebut. Dan yang perlu kita perhatikan dari warna ini adalah kita tidak usah memakai terlalu banyak warna. Dan yang terpenting adalah kombinasi warna. Jadi jika website dengan warna yang banyak akan membuat bingung dan dilihat juga tidak terlalu enak juga. Jadi untuk warna ini usahakan yang simple saja dan bisa terlihat bagus. Jadi hanya gunakan beberapa warna dasar saja.

Dan jika dalam website jangan sampai terlalu bergonta ganti warna. Misalkan diatas warna tema merah kemudian saat discroll berganti biru dan ganti lagi ini kurang baik sebenarnya. Usahakan anda fokus pada warna tertentu. Karena jika kita menggunakan merah dan berganti warna yang mendekati merah. Ini akan membuat website terlihat lebih baik. Jadi kita bisa memperhatikan warnanya yang simple. Kalau menurut saya sendiri warna yang paling fleksibel adalah warna putih dan warna abu abu. Jadi kedua warna tersebut jika saya coba coba sangat cocok dijodohkan dengan warna lainnya jadi akan membuat website terlihat lebih bagus lagi.

Maka dari itu kita bisa memakai warna, dan warna ini akan mudah menyatu dengan warna-warna tetangganya. Warna putih dan abu-abu biasanya saya gunakan untuk memberi space pada sebuah website. Misalkan saya habis menggunakan warna merah atau warna dasar yang lain. Saya akan memberi putih atau abu-abu di bagian selanjutnya. Dengan begitu meskipun simple tapi hasilnya cukup menyatu. Sebenarnya masih banyak lagi kombinasi warna yang dapat anda gunakan. Dan ini  bisa anda cari-cari di internet. Kalau anda sudah punya jiwa seni yang cukup baik maka anda tidak perlu browsing, anda cukup berimajinasi dan menerapkan dalam webite anda. Jadi intinya dalam warna ini kita bisa perhatikan warna disini usahakan simple, menyatu, dan tidak terlalu banyak warna.

2. Layout
Yang kedua adalah layout. Apakah layout ini. Layout ini adalah sebuah penempatan penempatan bagian dari sebuah website. Jadi intinya layout ini adalah pada tata letak suatu website. Jadi misal, letak header kemudian navigasi itu letaknya bagaimana. Tidak mungkin kan jika kita meletakkan footer di bagian atas. Seperti inilah yang dinamakan layout. Jadi kita akan menempatkan bagian bagian website pada bagian tertentu dan ini biasanya membuat website terlihat lebih baik. Dalam layout ini biasanya kita golongkan berdasarkan column.

Jadi ada website yang menggunakan single column kemudia 2 column 3 column dan sebagainya. Ini biasanya menyesuaikan dengan website apa yang kita buat. Jadi misalkan kita ingin membuat website company profil. Maka kita bisa pilih 3 column atau gabungannya. Untuk website aplikasi kita cukup gunakan single column. Dan untuk website berita kita dapat pakai double column. Jadi kita hanya tinggal menyesuaikan saja. Menurut apa? pertama  adalah menurut jenis websitenya. Dan yang kedua adalah menurut jenis kontennnya. Jadi kontennya seperti apa kita bisa bedakan disini. Jika masalah ini kita bisa gunakan referensi untuk mencari contoh-contoh dari website itu sendiri. Jadi kita akan tau bedanya dan mengambil kesimpulan sendiri. Karena dalam hal design ini sudut pandang masing-masing orang berbeda.

3. Responsive
Dengan berbagai jenis website yang ada. Dan kita sebagai pemakai juga memakai perangkat yang beragam untuk mengakses. Maka kita juga akan melihat kriteria website responsive. Lalu responsive ini sendiri apa. Menurut saya maksud dari responsive ini adalah dapat dibuka pada banyak perangkat. Jadi begini kalau kita pikirkan kita bisa menilai bahwa di dunia ini lebih banyak orang yang mengakses webite dengan device android dari pada lewat pc.

Meskipun pc juga banyak, tapi menurut saya untuk pc ini masih kalah dengan  yang lewat hp karena berkaitan dengan kepemilikan perangkat android ini lebih banyak daripada perangkat pc. Maka dari itulah sebuah website harus dibuat dengan responsive. Dan bisa fleksibel dibuka di semua perangkat. Jadi yang saya maksud bisa dibuka ini bukan sekedar bisa dibuka saja. Tetapi tampilannya juga user friendly alias enak dilihat. Jadi jika dibuka di pc dibuka di  hp tampilan akan tetap bagus. Malah biasanya akan berganti fitur atau menjadi tampilan tertentu. Ini tentu akan menjadi keunggulan sebuah website.

4. Ringan
Yang keempat adalah ringan. Baiklah coba anda pikirkan jika anda mengakses sebuah website dan anda website tersebut lama sekali dibuka. Tentunya akan bosan dan bisa saja anda melakukan back. Untuk itu penting bagi kita memperhatikan aspek ringan ini. Jadi misalkan sudah memenuhi syarat ke 1,2,3 tetapi website tersebut sangat berat. Atau jika dibuka sangat lama. Maka kita belum bisa menilai itu adalah sebuah website yang bagus.

Maka dari itu ini yang biasannya mempengaruhi sebuah website. Maka dari itu usahakan dalam suatu website menggunakan file resource dengan ukuran yang ringan supaya saat website anda di load maka website anda dapat di load dengan cepat. Jadi kriteria ini akan mempengaruhi kecepatan akses suatu website. Dan ini juga sangat perlu diperhatikan. Karena sebagian orang hanya akan memperhatikan aspek kecepatan dibanding aspek tampilan. Jadi meskipun tampilan sebuah website ini bagus. Tetapi lama saat dimuat maka akan malas juga yang akan membuka website.
Scroll To Top