Ekstensi pada file

Apakah anda pernah memperhatikan nam file satu persatu. Jika anda perhatikan maka pada setiap file pasti memiliki sebuah ekstensi. Yang disebut dengan ekstensi adalah beberapa huruf yang berada  dibelakang titik. Biasanya dalam suatu file akan ada nama dari file tersebut. Jika anda teliti seiap akhir dari nama file tersebut akan ada tanda titik dan dibekang titik ini akan ada beberapa huruf dengan nama yang berbeda beda sesuai dengan tipe filenya. Inilah yang disebut dengan ekstensi. Kita perlu memahami apa yang membedakan antara satu ekstensi dengan ekstensi yang lainnya. 

Karena setiap tipe atau jenis file akan memiliki format file yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sebuah ekstensi akan menentukan tipe dari file. Maka ekstensi dari sebuah file musik akan berbeda dengan file gambar. Maka dari itu ekstensi akan mewakili tipe dari file tersebut. Maka dari itu dengan adanya suatu ekstensi akan memudahkan melakukan identifikasi dalam sebuah file, mengingat ada banyak sekali jenis file di dunia ini. Dan dengan adanya ekstensi maka akan memudahkan sebuah identifikasi dalam sebuah file. Untuk memahami lebih lanjut tentang ekstensi pada suatu file akan kita bahas tentang ekstensi ini dalam pembahasan berikut ini.

1. Pengertian ekstensi
Ekstensi adalah sebuah identitas yang diberikan pada setiap file yang menujukkan tipe dari file tersebut. Ekstensi ini akan diletakkan dibelakang nama setelah tanda titik dalam nama suatu file. Dan ekstensi ini akan menentukan tipe dari file tersebut. Tujuan dari pemberian ekstensi ini antara lain adalah untuk memudahkan dalam melakukan identifikasi terhadap suatu file. Kita dapat mengetahui tipe dari suatu file dari ekstensi file tersebut. Pada contohnya yang sering anda temui adalah ekstensi .mp3 ekstensi tersebut mewakili sebuah file suara. Jadi jika file tersebut memiliki ekstensi .mp3 akan menujukkan bahwa file tersebut adalah file musik atau file suara. 

Jika kita sudah mengetahui tentang ekstensi ini kita akan mudah dalam mengelompokkan suatu file dalam kelompok tertentu. Kita dapat melakukan identifikasi seperti file video, file suara, file gambar dan yang lain-lain. Dengan begitu kita akan lebih mudah dalam melihat mana file kita yang berupa file musik mana file kita yang berupa gambar video dan tipe-tipe yang lainnya. Dan dengan demikian kita akan semakin mudah melakukan analisa serta manajemen dalam komputer kita. Dan dapat mengatur file dengan rapi dan baik. Untuk pembahasan selanjutnya akan kita bahas tentang macam ekstensi pada file .

2. Ekstensi .doc
Yang pertama kita bahas adalah ekstensi .doc yang merupakan sebuah ekstensi yang menandakan bahwa file tersebut adalah file yang berisi sebuah dokumen. Biasanya file-file laporan akan disimpan dalam format ini. Atau file-file yang diedit atau dibuat dalam ms word akan di beri ekstensi .doc dan ekstensi ini biasanya berisi file yang memuat tulisan atau gambarr yang terangkai dalam sebuah dokumen. File dengan ekstensi ini juga cukup banyak digunakan karena mengingat ada banyak sekali file-file yang berbentuk dokumen dalam komputer kita.

3. Ekstensi .jpg
Untuk ekstensi jpg tentu anda sudah sering mendengar karena memang sudah familiar dari kalangan file. Mulai dari perangkat mobile sampai pc pun ekstensi ini selalu ada. Karena ini akan mewakili suatu file yang berisi gambar. Jadi file-file yang ada format .jpg ini merupakan file yang berisi gambar. Sebenarnya cukup banyak sebuah ekstensi yang berkaitan dengan gambar. Tapi yang kita bahas kali ini adalah untuk ekstensi .jpg yang memang cukup banyak digunakan, dan ada lagi satunya yaitu untuk ekstensi .png . Dan keduanya memang memiliki beberapa perbedaan dan perbedaan tersebut akan kita bahas pada lain waktu. Tapi yang jelas dari kedua format tersebut memiliki perbedaan satu sama lain. Serta memiliki keunggulan masing masing.

4. Ekstensi .mp3
Jika anda adalah seorang pendengar musik tentu tidak asing dengan format file yang satu ini karena 90% musik yang berupa file adalah memiliki format atau ekstensi .mp3. Ekstensi ini sangat banyak digunakan dan memang ini ekstensi default dari file musik. Karena ekstensi ini akan support pada berbagai perangkat. Dan intinya untuk ekstensi .mp3 ini adalah sebuah ekstensi yang berisi suatu file berbentuk suara. Jadi yang berkaitan dengan lagu pasti memiliki unsur suara. Maka dari itu pada lagu lagu koleksi anda akan memiliki format yaitu .mp3

5. Ekstensi .mp4
Setelah mp3 kita akan bahas .mp4 . Ekstensi mp4 ini akan mewakili bagi file yang didalam nya berisi sebuah gambar dan suara. Jadi jika kita punya video maka anda perhatikan beberapa video akan memiliki format ini. Meskipun ada banyak ekstensi pada video tapi yang cukup banyak digunakan adalah untuk ekstensi .mp4 ini. Karena ini banyak digunakan maka kita bahas untuk ekstensi yang satu ini. Jadi sebagian besar ekstensi mp4 ini digunakan untuk video.

6. Ekstensi .txt
Hampir sama dengan ekstensi .doc fungsi dari ekstensi ini adalah untuk mendefinisikan pada file yang berisi dengan teks. Tapi beda dengan doc karena doc dapat berisi gambar maupun berisi teks. Tapi pada txt ini hanya teks saja. Ekstensi ini sangatlah ringan karena mengingat untuk ukuran file yang hanya berisi tulisan huruf hanya akan memiliki ukuran yang sedikit. Dan untuk file dengan format ini sederhana dan bisa juga dibuat dengan aplikasi notepad. Karena itu biasanya ada orang yang membuat catatan pada sebuah file berformat txt. Karena pada file ini memiliki ukuran yang ringan serta tidak memberatkan. Kita bisa menggunakan ini jika kita ingin membuat catatan-catatan sederhana.

7. Ekstensi .exe
Yang terakhir kita bahas adalah ekstensi .exe . Ini adalah sebuah ekstensi yang menandakan bahwa file tersebut merupakan sebuah file dengan isi sebuah installer aplikasi atau untuk menjalankan sebuah program. Karena dengan ini akan membuat kita lebih mudah jika ingin mencari mana file yang berupa program dan mana yang bukan. Kita tinggal lihat dengan ekstensi nya. Jika file tersebut memiliki ekstensi .exe tentu kita dapat membuka file tersebut dan akan berjalan suatu program. Karena pada dasarnya ini adalah suatu file yang akan digunakan untuk membuka suatu program dalam sebuah komputer. Sebenarnya masih banyak ekstensi yang lain. Tapi akan kita bahas pada lain kesempatan.

Scroll To Top