Client side dalam web programming

Dalam suatu website jika kita amati dari segi sisinya terdapat 2 bagian yaitu sisi dalam dan sisi luar. Lalu apa yang akan pelajari kali ini. Jadi yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah tentang sisi luarnya. Yaitu client side atau sisi client. Lalu apa sebenarnya sisi client. Jadi untuk sebuah website pasti yang anda ketahui adalah sebuah tampilan. Jadi inilah yang dimaksud dengan client side itu. Klien side ini lebih ke bagian tampilan saja. Jadi yang anda lihat selama ini dalam sebuah website adalah sebuah sisi client atau client side. 

Pada sisi yang ini adalah peran serta bagi seorang web design dalam melakukan tugasnya. Karena yang mereka adalah yang menentukan tampilan dari sebuah website. Jadi sebenarnya sebuah website tersebut baik atau tidak ditentukan oleh seorang web designer. Jadi dalam suatu website yang disajikan kepada pengunjung website anda adalah sebuah sisi front end atau sisi client. Jadi pada bagian client side akan melakukan interaksi dengan para pengunjung suatu website. Dan ini akan dilihat pertama kali oleh pengunjung itu sendiri. Maka dari itu kita juga perlu memaksimalkan pada bagian client side ini. Supaya kesan terhadap suatu website menjadi lebih baik dan lebih menarik.

Baiklah untuk memahami lebih lanjut akan segera kita bahas satu persatu dari apa itu client side dan seperti apa. Berikut ini penjelasan tentang client side pada sebuah website.

1. Pengertian
Client side adalah sebuah pengolahan data yang dilakukan pada bagian komputer pengguna atau komputer klien.  Jadi sisi ini melakukan pemrosesan data hanya pada komputer si klien. Jadi misalkan kita mengirim data. Maka data tersebut  tidak langung dikirimkan ke komputer server. Melainkan data diolah pada komputer klien dahulu. Jadi ini akan membutuhkan waktu yang singkat. 

Tentunya ini dilakukan dangan tujuan yang cukup baik. Karena akan membuat kita lebih cepat dalam melakukan input data. Dan data yang di input tersebut diolah hanya dikomputer kita. Berbeda lagi jika data yang dikirimkan tersebut langsung dikirim ke server dan diolah oleh server itu sendiri. Tentunya ini akan memakan waktu yang lebih banyak. Jika kita ingin komputer kita ini dapat lebih cepat dalam memroses data dalam sebuah website. Maka ini adalah tergantung dari sebuah sisi client ini. Jadi ini akan berfungsi juga sebagai sebuah pemrosesan data. 

Tapi jika kita lihat pemrosesan data pada bagian ini lebih cepat serta lebih efektif dibanding dengan pemroses yang langsung dikirim ke server langsung. Jika data data diolah secara lokal maka akan lebih cepat dibanding dengan yang dikirim ke server langsung. Karena kita juga bisa melihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transmisi data dari klien ke server ini pasti akan membutuhkan waktu. Meskipun terkadang proses ini cepat tapi tidak akan lebih efektif jika dilakukan di lokal. Tapi anda perlu memikirkan jika kita melakukan login pada sebuah sosial media kemudian setiap pemrosesan tersebut langsung berhubungan dengan server. Selain akan membuat proses lebih lama. Maka server juga kemungkinan akan bertambah tugas lagi. Dan jika user terlalu banyak dan kekuatan server sendiri belum baik. Maka akan membuat server menjadi down. Maka itu sebenarnya client side ini sangat penting.

2. Pemrosesan data
Dalam hal pemrosesan data seperti yang telah dijelaskan diatas. Bahwa dalam hal ini pemrosesan data dilakukan di sisi klien sendiri. Ini tujuannya yang jelas adalah untuk memudahkan pemrosesan data serta membuat proses pengolahan data menjadi lebih cepat. Karena jika setiap ada pemrosesan data dan harus menunggu dari server maka tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan waktu yang cukup banyak bagi sebuah website untuk melakukan sebuah pengolahan data. 

Jadi selain mengurus tentang tampilan dalam client side ini juga disebutkan tentang fungsi yang cukup berguna yaitu tentang fungsi pengolahan data. Jadi data-data yang ada pada klien yang dikirim akan diolah terlebih dahulu di klien. Agar lebih ringan saat dikirim ke sebuah server. Jika kita menggunakan segi kecepatan dalam setiap pembuatan website maka akan membuat para pengunjung menjadi betah karena cepatnya proses loading pada webite kita. 

Karena ada banyak orang di luar sana yang benci dengan website yang berat saat di load. Karena kebanyakan saat ini yang cukup diminati adalah website yang cepat dan website yang interaktif. Jadi terkadang ada orang yang mengesampingkan sebuah tampilan demi sebuah kecepatan suatu website. Karena website yang simple akan lebih mudah dimuat dari pada website yang berat dan terlalu rame.

3. Bahasa
Setelah kita paham tentang client side dan dalam pemrosesan data kita juga sudah faham. Saat ini waktunya kita untuk menganalisa bahasa yang digunakan dalam client side ini. Jadi diatas sudah saya tuliskan bahwa data yang akan dikirim ke server akan diolah terlebih dahulu dengan bahasa tertentu. Maka dari itu kita akan coba bahas tentang bahasa tertentu tersebut. Jadi di client side ada bahasa yang bisa kita gunakan untuk mengolah data data di bagian klien. Dan ini akan melakukan pengolahan data secara lokal dan akan mengolah data dengan cukup cepat. 

Jadi bahasa yang digunakan tersebut adalah bahasa  javascript. Jadi bahasa js ini merupakan client side yang bisa melakukan pengolahan data pada komputer klien sendiri. Jika kita lihat penerapan pada website adalah. Bisa kita lihat pada website kalkulator. Website kalkulator tersebut tidak menggunakan sebuah server side karena itu cukup dengan pengolahan data secara lokal akan bisa lebih cepat lagi. Jadi karena logika untuk melakukan aritmatika ini sudah terdefinisi maka tidak perlu pengolahan data pada server side itu sendiri maka bahasa js ini sangat kompatibel dengan bagian client side itu sendiri. 

Supaya klien side ini lebih mudah digunakan dan akan lebih baik dalam hal interaksi dengan para pengguna. Jadi yang bertugas tentang interaksi dengan pengunjung website ini adalah client side dan untuk bahasa js ini juga bisa diguanakan untuk melakuakan interaksi dengan para pelanggan. Maka dari itu kita akan lebih baik jika kita mempelajari bahasa yang satu ini.
Scroll To Top