Cara defragment harddisk

Halo sobat semuanya pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan tentang defragment pada harddisk. Apa itu defragment akan kita bahas pada artikel kali ini. Dan pastikan anda membacanya dengan teliti supaya anda faham. Karena ini juga cukup bermanfaat bagi anda para pengguna komputer. Ini juga akan berpengaruh juga pada performa komputer kita saat komputer kita digunakan. Secara umum defrag merupakan proses penataan pada harddisk. Jadi harddisk ini dalam melakukan penyimpanan pasti akan melakukan penyimpanan secara acak dan dalam penyimpanan ini biasanya kurang rapi.

Dan jika suatu harddisk dalam penyimpanannya kurang rapi maka akan membuat harddisk ini lebih cepat penuh dan jika harddisk sudah tertata maka akan bisa dipenuhi oleh lebih banyak data. Jadi biasanya file-file yang tidak beraturan yang berada dalam disk akan ditata ulang. Karena sebenarnya komputer belum bisa menata secara otomatis.

Maka dari itu kita bisa untuk melakukan defrag pada harddisk kita supaya harddisk kita menjadi lebih rileks alias lebih banyak space yang bisa digunakan. Karena jika space yang kosong cukup banyak biasanya akan lebih cepat dalam melakukan perintah atau melakukan beberapa hal. Jadi misalkan kita ingin melakukan penataan kita bisa melakukannya dengan cara menggunakan tool defrag bawaan windows. Dan ini cukup mudah hanya tinggal melakukan klik dan proses defrag berlangsung. Baiklah untuk mamahami lebih lanjut akan kita bahas lebih jauh tentang defrag ini. Silahkan simak pada poin-poin dibawah ini.

1. Pengertian defrag
Defrag ini merupakan sebuah proses penataan pada file-file yang ada dalam suatu harddisk. Dan harddisk ini sebenarnya belum bisa melakukan penataan sendiri. Ini menyebabkan disk yang morat marit atau tidak beraturan.  Dalama disk ini melakukan banyak manajemen file seperti menambah file kemudian menghapus dan sebagainya. Ada banyak hal sebenarnya yang menyebabkan suatu harddisk tidak tertata dengan rapi.

Maka dari itu kita perlu melakukan defrag pada harddisk di komputer kita. Kemudian untuk sebab yang lain pada contohnya adalah terlalu sering melakukan install hapus program pada komputer kita. Jadi usahakan saat melakukan install program kemudian menurut anda program tersebut tidak penting kemudian anda menghapus program tersebut. Maka ini akan membuat data yang ada dalam harddisk akan berantakan karena data tak tertata. Dan tujuan dari defrag ini adalah untuk melakukan penataan pada harddisk. Jika sudah tertata maka anda bisa menambah file lebih banyak lagi kedalam komputer anda.

Jika anda bayangkan adalah jika suatu lemari diisi dengan baju kemudian baju tersebut sering ditambah dan diambil maka dalam lemari kemungkinan akan terlihat penuh karena tatanan baju yang tidak beraturan. Tapi beda lagi jika kita menata lemari kita. Baju yang bisa dimasukkan dalam lemari kita bisa lebih banyak dan akan membuat lemari terlihat lebih rapi. Sebenarnya dalam harddisk ini hampir mirip dengan cara kerja pada lemari tersebut. Yang beda hanyalah pada perangkat dan data atau isinya. Jika lemari mengisi dengan baju dan jika pada komputer isinya adalah file-file pada komputer itu sendiri.

2. Manfaat dari defrag
Defrag ini dilakukan pastinya dengan tujuan untuk membuat komputer kita menjadi lebih baik. Dan jika komputer ingin memiliki kecepatan yang cukup pastinya dalam penyimpanan atau storage harus baik juga. File-file yang tersimpan dalam harddisk ini tentunya harus tertata dengan rapi. Dan jika sudah rapi maka kita akan bisa menampung data lebih banyak lagi dalam harddisk kita. Tapi kita pada poin ini akan melakukan pembahasan tentang fungsi dari defrag ini.

Menata harddisk
Maksud dari menata harddisk ini bukanlah menata harddisk secara hardware jadi kita bisa untuk menata harddisk secara filenya yang ada didalam. Jadi yang ditata adalah file-file yang ada dalam komputer kita. Jika harddisk kita sudah tertata dengan rapi maka kita akan lebih banyak bisa menampung file. Yang jelas defrag ini memiliki fungsi yaitu melakukan penataan pada file yang ada dalam harddisk. Inti dari defragment ini adalah penataannya. Jika file-file sudah tertata dengan baik maka bisa kita simpulkan bahwa proses defragment sudah sukses. Dan harddisk sudah dalam keadaan yang cukup baik.

Memberi ruang kosong
Fungsi yang kedua adalah memberi ruang kosong pada harddisk. Jadi jika kita sudah memahami pada fungsi yang pertama kita akan paham jika harddisk sudah tertata maka akan membuat lebih banyak ruang kosong dalam suatu harddisk. Dan jika suatu harddisk ini sudah tertata maka tentu akan lebih banyak memberi ruang kosong. Misalkan kita ini sudah melakukan defrag maka ruang kosong akan bertambah.

Meskipun kita sudah melakukan defag kenapa kok masih nyesek harddisk saya. Ini tentu akan membuat kita bingung bukankah fungsi dari defrag ini adalah melakukan penataan dan jika sudah tertata maka akan ada ruang kosing yang bertambah. Tapi perlu anda ketahui bahwa ruang kosong yang bertambah ini tidak serta merta banyak karena sifat dari defragment ini adalah menata bukan menghapus file dalam harddisk. Jadi kesimpulannya dalam melakukan defragment space kosong memang bertambah. Tapi pertambahannya tidak langsung banyak. Pertambahan space kosongnya memang agak sedikit.

Mempercepat kinerja harddisk
Baiklah kita sudah melakukan pembahasan tentang 2 fungsi dari harddisk ini yaitu untuk fungsi yang pertama adalah menata harddisk dan fungsi yang kedua adalah memberi ruang kosong. Jika kita sudah tau fungsi keduanya tentunya kita akan bisa menghubungkan dengan fungsi yang ketiga ini. Fungsi yang ketiga ini adalah suatu fungsi untuk membuat suatu komputer menjadi lebih cepat. Komputer akan lebih cepat kinerjanya. Dan jika kita pikirkan karena harddisk telah kosong lebih banyak maka akan cukup cepat proses dalam melakukan manajemen file. Untuk itu perlu kita pahamkan jika semakin banyak space yang kosong maka akan semakin cepat juga pemrosesan data dalam sebuah komputer tersebut. 

3. Cara kerja defragment
Jika kita sudah paham dengan manfaatnya maka selanjutnya kita akan melihat cara kerja dari defragment ini sendiri. Dan dalam melakukan kerja ini defragment bekerja untuk menata file-file dalam harddisk. Kita bayangkan sebuah kotak roti yang berisi roti. Dan dalam kotak tersebut sering diambil rotinya dan ditambah juga kemudian roti-roti di dalamnya. Kita tau bahwa kotak roti tersebut tidak mungkin bisa untuk melakukan penataan kepada roti. Maka dengan adanya defragment maka roti-roti yang ada didalam kotak tersebut akan tertata dan jika sudah tertata maka akan lebih banyak ruang kosong yang bisa untuk dimasukkan roti lagi .
Scroll To Top