Beragam cara mematikan komputer

Banyak sekali trik yang bisa kita lakukan dalam komputer kita. Termasuk bagaimana kita akan mematikan komputer kita. Jadi dalam mematikan komputer pun juga memiliki beberapa cara. Padahal hanya simple untuk membuat komputer kita mati tapi kita punya banyak cara mematikan komputer kita. Karena memang jalan untuk mati si komputer ini cukup banyak. Tapi mati disini adalah mati yang bisa dihidupkan lagi bukan mati selamanya. 

Pada hakikatnya mematikan komputer adalah membuat komputer tidak beroperasi dengan memutus dayanya. Karena dalam komputer biasanya untuk mematikan komputer ini adalah pada bagian shutdown. Maka dari itu kita perlu untuk membuat komputer kita mati dengan cara-cara yang berbeda dan anda bisa melakukan mana yang lebih baik menurut anda. Karena cara-cara ini bisa anda pakai sebagai alternatif untuk mematikan komputer selain dengan cara default nya. Jadi silahkan anda baca tentang cara-cara mematikan komputer sebagai berikut.

1. Cara normal
Baiklah untuk mengawali kita bahas dulu dari cara yang normal karena cara ini adalah cara yang berasal dari pabrik dan cara ini cukup banyak digunakan karena memang mudah. Maka dari itu untuk mematikan komputer tentu akan dipilihkan dengan cara yang mudah dengan menampilkan suatu ikon atau menu pada windows. Dengan begitu user akan lebih mudah dalam melakukan akses terhadap menu tersebut sehingga akan memberi kemudahan bagi kita dalam mematikan komputer. Untuk cara ini cukup mudah yaitu dengan cara menuju ke windows kemudian pada bagian power kita pilih menu shutdown. Dengan begitu komputer anda akan segera dimatikan.

2. Dengan CMD
Command prompt dengan cara aksesnya yang cukup mudah dan dengan perintah perintah yang sebaguna serta aplikasi nya yang cukup ringan. Command prompt ini tentu juga bisa kita gunakan untuk mematikan komputer. Karena pada cmd ini bisa kita gunakan untuk mengkases sebuah file pada komputer kita. Dan sebenarnya shutdown ini berupa sebuah program yang terletak di sistem. Maka dari itu pada program cmd kita cukup memakai perintah dasar yaitu shutdown. Perintah dasar tersebut dapat memiliki banyak fungsi dan pengembangan intinya untuk mematikan komputer kita ini. 

Untuk mematikan komputer kita secara langsung cara yang bisa kita gunakan ini cukup mudah yaitu dengan cara membuka cmd kemudian menuliskan perintah shutdown -s , dengan perintah tersebut cmd telah mengirim perintah untuk melakukan akses terhadap file atau program shutdown. Dan ada perintah tambahan -s yang artinya untuk melakukan start. Yang di start ini adalah program shutdown.exe. Jadi pada cara ini memang agak ribet tapi ini bisa anda gunakan bagi anda para pecinta CLI, karena sebagian orang memang suka kecepatan yang disajikan oleh CLI. Maka dari itu kita bisa gunakan cara ini untuk alternatif dalam mematikan komputer kita.

3. Dengan file .bat
Cara ketiga yang cukup unik dan jika kita bisa manfaatkan dengan baik maka akan menjadi cara  yang paling cepat. Karena cara ini bisa kita pasang dimana saja kita mau. Cara ini adalah dengan cara membuat sebuah file dengan format .bat dimana format ini akan bisa untuk menjalankan suatu program. Dan supaya program nya dapat berjalan maka kita perlu melakukan sebuah penambahan kode didalam file .bat ini. Pertama anda buat file dengan nama misalnya shutdown.bat pada desktop supaya mudah anda akses. Untuk menuliskan kode nya silahkan anda edit file tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih edit kemudian didalam file tersebut juga silahkan anda isikan sebaris kode yaitu shutdown -s

Jika anda sudah buat program atau file tersebut anda tinggal melakukan klik pada file tersebut. Dan biasanya akan ada terbuka sebuah jendela cmd. Dan jika saya amati yang terbuka disini adalah muncul perintah untuk melakukan request ke file shutdown.exe tadi lalu untuk  perintah -s ini juga sama untuk membuka program tersebut atau memulainya. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam mematikan komputer anda dan jika anda sudah menaruh program ini di dekstop maka file ini akan lebih mudah untuk diakses oleh pengguna dan hasil nya jika ingin melakukan shutdown hanya tinggal klik saja.

4. Send shutdown.exe ke dekstop
Hampir mirip dengan cara-cara yang sebelumnya cara yang ke 4 ini akan menggunakan langsung pada program shutdown.exe. Sebenarnya perintah-perintah untuk melakukan shutdown ini merujuk pada program shutdown.exe yang berada pada C:\Windows\System32. Dan coba sekarang anda cek pada alamat tersebut pasti ada sebuah aplikasi yang bernama shutdown.exe yang sebenarnya sebuah aplikasi yang menjadi rujukan bagi perintah perintah yang digunakan untuk mematikan komputer. Karena itu jika kita langsung melakukan klik pada program ini tentu komputer akan mematikan secara otomatis. 

Maka dari itu kita bisa send shortcut pada program ini ke desktop. Maka dari itu akan lebih mudah dalam mematikan komputer karena terdapat shortcut shutdown di dekstop. Cara nya cukup mudah yaitu dengan mencari terlebih dahulu file shutdown.exe yang ada di C:\Windows\System32 dan kita tinggal klik langsung atau send ke desktop.

5. Tombol power
Cara terakhir adalah cara yang paling keras. Dan cara ini jarang digunakan karena cara ini memang kurang baik terhadap komputer. Maka dari itu usahakan anda menghindari cara ini karena tidak baik terhadap komputer anda. Apalagi saat anda mematikan komputer anda dengan cara ini saat komputer anda sedang melakukan sebuah pemrosesan data tentu akan cukup berbahaya. Maka dari itu cara ini menurut saya hanya bisa anda gunakan saat komputer anda dalam kondisi yang darurat. 

Maka dari itu kita bisa gunakan cara ini saat kita tidak bisa mengontrol komputer kita dengan keyboard atau mouse lalu cara terakhir yang ada adalah dengan menggunakan tombol power. Untuk melakukannya cukup simple yaitu tekan tombol power sekitar 3 detik dan komputer akan dimatikan. Cara ini akan membuat komputer akan langsung mati. Jika anda ingin mematikan komputer memang ada banyak cara yang bisa digunakan, maka dari itu anda bebas memilih cara yang anda sukai.

Scroll To Top