Bahasa dasar dalam web

Dengan perkembangan web yang cukup pesat. Tentu kita juga penasaran bagaimana cara pembuatan website tersebut. Apakah yang dilakukan para website developer. Dan apakah kita juga bisa melakukan seperti yang mereka lakukan. Dan jika kita sudah bisa melakukan mungkin kita akan bisa seperti mereka bisa membuat sebuah website dan website tersbut dapat kita jual dan sebagainya. Atau sekedar melakukan pembuatan website untuk mengisi waktu luang anda. Dan ada juga sebagian orang yang melakukan hal ini untuk menuangkan kreativitas mereka dalam wujud sebuah website. Karena dalam web design sangat butuh adanya kreativitas.

Baiklah untuk mempelajari tentang apa yang dilakukan oleh para web developer, pada kesempatan kali ini akan saya jabarkan beberapa bahasa yang dapat digunakan dalam pembuatan website. Tetapi pada pembahasan kali yang akan kita bahas adalah bahasa bahasa dasar dalam suatu website. Dan jika kita penasaran apa yang dilakukan para web developer sehingga mereka dapat membuat sebuah website. Maka jawabannya adalah mereka melakukan suatu kegiatan yang disebut dengan koding. Jadi koding ini adalah menuliskan kode kode program dengan bahasa pemrograman tertentu untuk menciptakan sesuatu. Dan jika dalam website tersebut pasti akan menggunakan penggunaan bahasa yang cukup beragam dan perlu kita pelajari. Dan bahasa bahasa tersebut adalah sebagai berikut.

1. HTML
Hyper Text Markup Language inilah kepanjangan dari html ini. Jadi ini menurut saya adalah suatu bahasa yang dasar dalam pembuatan suatu website. Jadi bahasa ini akan dikenalkan pertama kali jika anda ingin membuat website. Memang bahasa ini hanya mampu menciptakan website yang cukup sederhana jika tidak digabungkan dengan bahasa bahasa yang lain. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa html ini adalah dasar. Ini adalah pondasi dalam melakukan sebuah pembangunan suatu website. Maka dari itu dalam mempelajari html ini anda harus mempelajari dengan sebaik-baiknya. Jika pada bahasa ini kita sudah faham dan bisa menggunakan sesuai dengan fungsinya. Maka kita akan lebih mudah dalam mempelajari yang selanjutnya. Karena yang lain-lain ini juga akan ada hubungannya dengan bahasa html ini. 

Maka dari itu untuk dasarnya anda harus mempelajari ini dengan sebaik-baiknya. Jika kita ibaratkan dengan rumah yang pertama adalah pondasi rumah itu harus kuat terlebih dahulu. Maka dalam suatu pembuatan website jika yang menjadi pondasi adalah bahasa html. Maka jika kita pelajari bahasa ini dengan baik, maka akan mempunyai dasar yang kuat untuk membangun suatu website. Karena jika saya lihat bahasa pada html ini tidak terlalu sulit karena ini merupakan bahasa yanng cukup sederhana. Jika ini saja anda bingung jangan sampai anda lanjut ke bahasa bahasa yang lain. Jadi intinya anda harus memahami dasar ini dengan sebaik-baiknya.

2. CSS
Cascading Style Sheet merupakan sebuah bahasa dimana bahasa ini merupakan bahasa yang akan menjadi pasangan dari html yang akan menjadi bahasa yang digunakan untuk membuat suatu website. Jadi bahasa ini akan menjadi tambahan dari bahasa yang sebelumnya yaitu bahasa html yang merupakan bahasa dasar. Lalu apa bedanya dengan bahasa html. Jadi bahasa css ini adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu website menjadi lebih baik atau bagus dalam hal interface. Jadi ini adalah suatu bahasa yang akan digunakan untuk mempercantik tampilan suatu website dan ini juga akan membuat website yang mulanya secara sederhana menjadi lebih berwarna dan enak dipandang.

Bahasa ini saya anggap sangat penting apalagi bagi anda yang ingin mendesain suatu website. Maka anda yang jelas akan membutuhkan bahasa ini karena bahasa ini akan membuat webstite menjadi lebih baik dalam hal tampilan. Jadi sebagai contoh dalam css ini adalah seperti saat melihat website dengan background tertentu. Maka untuk mengatur suatu background ini adalah menggunakan css. Jadi yang berkaitan dengan warna ini adalah urusan dari css. Tapi anda jangan sampai salah menilai karena css ini lebih banyak fungsi lainnya yang juga tidak kalah penting. Jika anda mempelajari bahasa yang ini. Maka akan tetap berguna nantinya. 

Karena dalam suatu website yang jelas akan mengubah suatu tampilan. Dan tampilan ini adalah tampilan yang baik atau yang terbaik. Jadi mau tidak mau anda akan memerlukan bantuan dari css  ini. Karena kalau saya simpulkan css ini adalah suatu bahasa yang digunakan untuk memoles suatu website supaya tampilannya menjadi lebih cantik dan enak dipandang. Serta akan membuat website terlihat lebih bagus karena yang pertama akan dilihat dari suatu website adalah tampilannya.

3. Javascript
Bahasa yang ketiga adalah salah satu bahasa yang cukup populer karena memang banyak yang menggunakan. Bahasa ini adalah bahasa javascript atau js. Jadi apa itu javascript. Akan kita bahas mulai dari pengertiannya. Jadi javascript adalah bahasa pemrograman yang bergerak di bagian client side yang mampu membuat website menjadi lebih interaktif dengan user atau pengguna suatu website. Dalam js ini juga banyak yang bisa digunakan bahkan bisa digunakan untuk merubah tampilan sebuah web. Dan ini bisa melakukan manipulasi pada sebuah css. 

Jadi jika kita ini ingin membuat website yang lebih interaktif maka yang perlu kita pelajari lebih lanjut adalah tentang bagaimana alur-alur dan syntax dari js ini. Karena sebenarnya kalau masalah logikanya hampir semua bahasa pemrograman logikanya sama. Jadi kita lebih perlu belajar ke bagian syntaxnya. Dalam perkembangannya bahasa js ini sudah banyak berkembang dan di internet sudah banyak plugin plugin tentang javascript ini yang dapat anda gunakan untuk mempermudah dalam pembuatan suatu website. Jika kita ingin tau lagi bagian yang akan menjadi bagian dari js adalah saat ada sebuah slideshow dalam sebuah website. Sebenarnya sebuah website yang memiliki slideshow ini adalah sebuah website yang di dalamnya juga terdapat sebuah js. Jadi js akan menggerakkan gambar gambar tersebut pada periode tertentu dan melakukan kerja sama dengan css. Supaya dapat menciptakan tampilan yang bagus.

Baiklah diatas adalah sedikit tentang bahasa dasar dari sebuah pembuatan website. Jadi jika anda ingin belajar website. Anda bisa membuat website dengan mempelajari 3 bahasa dasar seperti diatas. Karena saya yakin jika sudah menguasai 3 bahasa diatas anda akan bisa membangun frond end dengan tampilan yang cukup menarik. Jadi bahasa bahasa diatas adalah bahasa yang bersifat client side dan untuk seorang pemula ini akan sangat cocok. Karena biasanya akan dpelajari terlebih dahulu tentang front end kemudian jika sudah faham akan dilanjutkan ke bagian back end yang akan lebih tinggi lagi tingkatannya.

Scroll To Top