Apa itu server ?

Sobat semua pasti sering mendengar istilah sever dalam kehidupan sehari-hari. Tapi apakah server ini mengapa sering diucapkan orang-orang. Apalagi dalam teknologi informasi pasti server ini sangat dibutuhkan dan sangat perlu anda fahami. Maka dari itu pada kesempatan kali kami akan mencoba memberi penjelasan tentang server. Dan kita juga akan menjelaskan dengan cukup rinci tentang pengertian jenis dan sebagainya. Maka dari itu silahkan simak pada artikel berikut ini. Silahkan disimak dan difahami.
1. Pengertian server
Server merupakan sebuah sistem komputer yang memberikan layanan kepada client dalam sebuah sistem jaringan. Jika kita bicara dengan server ini maka kita juga harus memahami bahwa dalam suatu jaringan biasanya secara umum terdiri dari 2 komponen yaitu server dan client. Untuk kali yang akan kita bahas adalah mengenai server.  Jadi jika di lihat dari pengertiannya server ini merupakan sebuah komputer yang memberi layanan. Lalu apakah yang dilakukan oleh server dalam hal memberi layanan ini. Contohnya adalah layanan aplikasi. Jadi server akan memberikan layanan aplikasi kepada clientnya.

Seperti contoh yang sering kita gunakan saja adalah layanan dhcp dan sebagainya. Ini merupakan tugas dari si server ini. Jika bicara tentang memberi layanan kepada client kita bisa mengaitkan si server ini dalam suatu jaringan akan melayani si client. Jadi tugas dari server ini cukuplah berat. Karena server ini akan melayani lebih dari satu komputer. Bahkan banyak sekali client yang harus dilayani oleh server ini.

Jadi ini akan membuat komputer server ini membutuhkan sebuah spesifikasi komputer yang cukup memadai dan cukup tinggi karena akan banyak client yang akan menggunakan layanan dari server ini. Maka dari itu sangat penting juga peran serta hardware dalam sebuah server. Jika hardware sudah siap maka akan mudah juga untuk menambah atau membuat layanan dalam suatu server untuk memudahkan client dalam melakukan pekerjaannya.

2. Ciri ciri server
Kali ini kita akan fahami terlebih dahulu tentang ciri-ciri dari server ini. Jadi ini merupakan sebuah tanda-tanda jika sebuah sistem atau sebuah perangkat merupakan sebuah perangkat server. Jadi bisa kita identifikasi ciri-cirinya seperti pada pernyataan di bawah ini.

Pusat
Maksud kata pusat ini adalah bahwa server ini merupakan sebuah komputer atau sistem yang ada dipusat. Lalu pusat apakah yang dimaksud. Pusat yang dimaksud adalah pusat suatu jaringan. Jadi setiap jaringan akan punya pusat dan pusat ini tentunya adalah pada server ini. Jadi mengapa layanan diletakkan pada server ini. Karena pada server ini memang posisinya berada di pusat.

Melayani
Ciri dari server yang kedua adalah melayani. Kita tau bahwa dalam sebuah komputer server tentunya punya banyak layanan dan layanan inilah yang akan menjadi sarana bagi client untuk melakukan beberapa fungsi. Untuk itu jelas-jelas jika sebuah server ini harus punya fungsi tujuan untuk melayani clientnya. Karena server ini tercipta untuk melayani client.

Kuat
Baiklah maksud dari kuat disini adalah bahwa dalam sebuah server memiliki kekuatan yang melebihi dari clientnya yang jelas. Jika saja dalam sebuah server tidak memiliki spesifikasi komputer yang tinggi dan untuk melayani banyak client tentunya akan membuat komputer server menjadi tidak bekerja bahkan macet. Maka dari itu untuk komputer server harus mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi untuk membuat komputer tersebut menjadi lebih baik dalam bekerja. Yang paling jelas adalah kekuatan dari komputer server ini lebih kuat dari komputer klien. Karena jelas yang melayani harus lebih tangguh karena yang dilayani bukan hanya satu.

Melindungi 
Maksudnya adalah sebuah komputer server akan melakukan perlindungan terhadap jaringannya supaya terhindar dari suatu error atau gangguan dari luar. Seperti pada contohnya pada server pasti akan mempunyai fungsi untuk melakukan blocking terhadap  virus dan sebagainya. Jadi para client dapat menggunakan jaringan tersebut dengan aman tanpa takut terkena sebuah virus. Karena jika ada virus maka akan diblok dari server itu sendiri. Karena data masuk itu biasanya melalui sever terlebih dahulu.

Membagi
Baiklah ciri dari komputer server adalah membagi. Jadi maksudnya melakukan pembagian kepada client yang dilayani servere itu sendiri. Tentunya yang dibagi adalah layanan jaringannya. Entah itu bandwidth atau layanan yang lain. Yang jelas server ini yang akan melakukan pembagian terhadap layanan-layanan yang diberikan kepada client.

3. Manfaat komputer server
Baiklah disini akan saya jelaskan tentang manfaat dari komputer server ini. Jadi ini punya banyak manfaat dalam sebuah sistem jaringan. Keberadaan server ini sangatlah penting. Maka dari itu ini harus ada dan harus berfungsi dengan baik. Lalu apakah fungsi dari server ini. Akan kita bahas berikut ini.

Memberikan pelayanan kepada komputer client
Untuk bagian ini tentunya sudah kita bahas berkali-kali bahwa komputer server merupakan sebuah komputer yang melakukan pelayanan kepada client. Maka dari itu kita bisa menyimpulkan bahwa ini sangat bermanfaat karena dalam suatu jaringan komputer layanan dapat tersedia. Dan para client dapat memakai layanan tersebut.

Sebagai keamanan jaringan
Jika kita sudah belajar tentang keamanan jaringan tentu kita tau apa keamanan jaringan dan keamanan jaringan ini sangatlah penting dalam sebuah jaringan. Karena ini juga akan menentukan kenyamanan terhadap penggunaan. Maka dari itu kita perlu tau dimanakah letak dari keamanan ini. Biasanya suatu keamanan jaringan terletak pada server. Dan keamanan ini biasanya berbentuk aplikasi. Jadi dalam server ini terdapat sebuah aplikasi yang memberikan keamanan kepada jaringan komputer tersebut.

Mengatur lalu lintas data
Dalam sebuah server juga bisa untuk mengatur lalu lintas data pada jaringan tersebut. Jadi misalkan pada situs tertentu tidak boleh dikujungi maka akan diatur dalam server ini. Dan juga jika menggunakan data sekian juga akan dibatasi oleh server ini.

Melindungi dari virus
Jika anda punya server. Kita bisa contohkan seperti ini. Data yang masuk dalam sebuah jaringan mengandung sebuah virus. Tetapi jika tanpa server maka komputer tersebut  bisa terkena virus tersebut. Tetapi jika kita bicara jika pakai server maka jika ada data atau suatu yang mencurigakan atau aneh, server yang bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap lalu lintas data tersebut. Dan jika itu ternyata benar-benar mengandung virus maka akan ditolak.

Sebagai layanan berbagi file
Jadi dalam server ini memiliki sebuah layanan yang akan menampung sebuah file atau data-data didalam komputer server. Maka dari itu server harus memiliki penyimpanan yang banyak supaya dapat menampung banyak data. Dan data-data dalam server ini yang akan bisa diakses oleh para pengguna atau para clientnya.
Scroll To Top