Apa itu bios dalam komputer

Halo sobat semuanya kali kita akan membahas tentang bios. Apa itu bios? mungkin kita sudah sering dengar tentang bios tapi kita sendiri belum paham apa itu bios. Maka dari itu pada kesempatan ini akan kami bahas tentang bios. Dan secara singkat dahulu apa sih bios itu. Bios itu adalah sebuah  program yang berfungsi untuk mengatur kinerja dari hardware yang tertancap pada sebuah komputer.

Jadi jika kita membicarakan bios ini fungsinya adalah mengatur kinerja hardware. Maka dari itu bios ini sangat penting dan tidak terdapat pada harddisk programnya. Tetapi terdapat pada cmos. Dan ini biasanya tidak akan berubah meskipun sebuah komputer di instal ulang. Karena dalam suatu install ulang komputer yang di install ulang adalah pada harddisknya sedangkan bios ini telah terlepas dari harddisk tersebut.

Bios ini berdiri sendiri dan mampu melakukan control terhadap hardware-hardware dalam komputer. Termasuk mengontrol si harddisk itu sendiri. Jika kita pikirkan siapakah yang menyimpan data tentang jam pada komputer kita saat komputer kita dimatikann. Saat komputer dimatikan bukankah sudah tidak ada suatu daya dalam komputer kita untuk membuat komputer kita menyala.

Tapi disinilah peran dari sebuah bios untuk membuat komputer kita menjadi tetap menjalankan jam meskipun komputer kita dimatikan. Dan jika kita penasaran dari manakah daya yang dipakai oleh bios ini. Daya yang mereka pakai berasal dari baterai cmos. Baiklah untuk memahami lebih lanjut mari kita baca pembahasan berikut ini. 

1. Pengertian bios
Bios ini merupakan singkatan dari Basic Input/Output system jadi mereka adalah sebuah system yang mengatur tentang input output dalam sebuah komputer. Pengertian dari bios adalah sebuah program yang memiliki fungsi untuk mengatur hardware dalam sebuah komputer. Bios ini ditulis dengan bahasa assembly. Dalam sebuah bios ini memiliki daya sendiri untuk menghidupi programnya sendiri yaitu berada pada baterai cmos. Yang akan tetap bekerja walaupun komputer dalam keadaan mati.

Maka dari itu inilah yang telah berkontribusi dalam sebuah komputer dalam hal waktu. Jika  kita membahas tentang bios ini programnya ditanam dalam sebuah perangkat ic cmos. Dalam cmos ini terdapat program-program yang menyimpan pengaturan-pengaturan dalam suatu hardware di sebuah komputer. Dan ini juga memiliki banyak fungsi salah satu contohnya untuk mengatur first boot dalam sebuah komputer. Jadi kita bisa mengatur perangkat mana yang harus kita gunakan untuk melakukan first boot.

Dan perangkat tersebut bisa booting lebih dahulu setelah diatur dalam sebuah bios. Kalau untuk fungsi pengecekan bios ini sangatlah penting bagi kita para pengguna komputer, karena kita bisa mengecek apakah sebuah komputer sudah terdeteksi hardwarenya. Dalam suatu bios ini juga sudah didaftar perangkat apa saja yang telah tertancap dalam komputer kita dan secara rinci juga disebutkan. Bios ini juga yang memberi isyarat menyalakan komputer saat komputer dipencet tombol power. Jadi bios ini akan memberi sinyal dan akan dinyalakan komputer tersebut.

2. Komponen bios
Dalam sebuah  bios pasti memiliki beberapa komponen yang bisa menunjang kinerja dari sebuah komputer tersebut. Dan dalam bekerja bios ini memiliki beberapa komponen yang mereka gunakan untuk menjalankan tugas. Berikut ini adalah komponen  yang digunakan bios.

Driver
Jadi dalam driver ini adalah berisi konfigurasi-konfigurasi dari perangkat-peragkat yang tertancap pada sebuah komputer jadi setiap perangkat memiliki komponen-komponen sendiri sendiri. Dan komponen ini bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Karena pada umumnya jika suatu perangkat tidak ada drivernya maka tidak bisa digunakan dengan baik. Kerena biasanya saat perangkat baru ditancapkan akan membutuhkan suatu driver untuk menggunakan komputer tersebut. Dan jika belum terinstal secara otomatis kita harus mencari dan menginstalnya secara manual dan jika driver belum terinstal maka perangkat juga belum bisa digunakan.

Bios setup
Bagian bios setup merupakan bagian yang memiliki fungsi secara umum yaitu untuk memanajemen perangkat-perangkat dalam komputer. Ini juga menangani tentang kinerja sebuah komputer. Lebih tepatnya adalah kinerja hardware dalam sebuah komputer. Maka dari itu bios ini memiliki peran penting dalam sebuah pendeteksian komputer.

Main bootstraper program
Ini merupakan sebuah program yang cukup penting dalam proses booting. Karena progrram inilah yang akan memuat sistem operasi yang telah terinstal pada komputer. Jadi ini akan melakukan booting ke sistem operasi. Dan ini penting bukan karena jika komputer tidak bisa booting tentunya tidak bisa digunakan. Dalam sebuah program ini memang utama. Ini juga yang mengatur tentang first boot dalam sebuah komputer. Dan first boot ini akan melakukan booting dari perangkat yang dipilih dan jika sudah maka program ini akan memuat sistem operasi yang telah terinstal.

3. Fungsi bios
Menunjukkan informasi dari sebuah komputer
Fungsi yang ini adalah berkaitan dengan dalam bios ini akan bisa kita lihat tentang fungsi bios ini dalam hal informasi hardware. Jadi kita bisa melihat hardware apa saja dalam komputer kita. Dan dari sini kita bisa melakukan identifikasi tentang komputer kita. Jadi tanpa kita masuk dalam sistem operasi kita bisa melihat identitas sebuah komputer secara dasar. Jadi yang dimuat dalam bios ini cukup banyak memang seperti memory processor harddisk dan sebagainya. Dengan fungsi ini akan lebih memudahkan jika saja kita tidak bisa masuk dalam sistem operasi maka dari itu.

Mengatur jam
Jadi dalam bios ini seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa bios ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu fungsi yang berkaitan dengan pengaturan jam. Jadi jam dalam komputer akan bisa diatur dalam bios. Dan jika komputer dimatikan maka jam akan tetap terupdate secara otomatis. Lalu dimana asal daya yang bisa membuat bios tetap menyala. Jadi daya yang mereka miliki berasal dari baterai cmos.

Mengatur first boot
Dalam suatu penginstalan fungsi melakukan first boot ini cukup penting karena dalam melakukan instalasi komputer akan mengatur perangkat apa yang akan di boot pertama dan ini akan diarahkan ke perangkat yang berisi bootable.

Mengatur konfigurasi dalam komputer
Maksud dari konfigurasi ini adalah hanya konfigurasi dasar dalam sebuah komputer. Dan konfigurasi dasar ini adalah seperti contohnya untuk membuat komputer melakukan booting pada perangkat tertentu mengatur jam dan sebagainya. Karena ini dapat diatur di bios tentu ini akan sangat penting.

Menjalankan POST
Bios punya fungsi untuk menjalankan perintah post lalu apa perintah post itu. Perintah post adalah sebuah fungsi untuk melakukan pengecekan dalam suatu komputer. Biasanya saat kompter baru dinyalakan maka akan dicek terlebih dahulu tentang komputer tersebut apakah sudah siap dan bisa booting dengan baik.
Scroll To Top