4 komponen komunikasi data

Untuk melakukan hubungan antar komputer tentu kita tak pernah terlepas dari komunikasi data. Dan kita perlu untuk memahami apa itu komunikasi data. Serta kita akan memahami komoponen yang ada pada komunikasi data ini. Kita tentu tak akan mampu berkirim data dalam suatu komputer ke komputer jika tidak ada komponen komunikasi data. Karena pada intinya berkirim dan menerima data ini adalah suatu komunikasi. Melakukan komunikasi dengan orang lain juga suatu proses pengiriman dan penerimaan data. Dan kita bisa lihat disini terdapat hubungan yang cukup erat antara proses pengiriman data dan juga proses komunikasi.

Karena hal itu dapat mengartikan bahwa komunikasi ini adalah suatu proses pengiriman data dari satu titik ke titik yang lain dengan suatu perantara. Karena jika kita berbicara tentu kita juga mengirimkan suatu data berupa suara dan lawan bicara kita yang bertugas sebagai seorang yang menerima data kita. Tapi sebenarnya dalam melakukan komunikasi atau pengiriman data ini tidak hanya menggunakan 2 komponen saja. Melainkan ada empat komponen. Dan empat komponen penting ini akan menunjang suatu pengiriman data atau suatu komunikasi. Berikut ini akan kita bahas komponen tersebut satu persatu.

1. Pengirim
Komponen yang pertama ini adalah komponen yang disebut sebagai pengirim atau source. Jadi ini adalah sesuatu atau sebuah perangkat atau orang yang akan mengirim data kepada penerima. Jadi inilah sumber data yang ada pada sebuah komunikasi. Pengirim akan memulai sebuah komunikasi dengan melakukan pengiriman data. Pengiriman data ini juga akan menggunakan bantuan komponen lain juga. Sebagian orang menyebut pengirim ini sebagai source atau sumber. Jika pengirim ini disebut sumber maka akan ada komponen tambahan yang disebut transmiter.

Transmiter ini adalah suatu alat atau komponen juga yang akan mengambil data dari source lalu diteruskan ke penerima. Dan antara source dan transmiter ini saling bekerja sama. Tanpa adanya suatu transmiter data tak akan bisa dikirimkan dan data akan diam saja di source. Begitu juga sebaliknya jika tidak ada sourcenya maka transmiter tidak akan beroperasi karena tidak ada data yang dikirim. Jika dalam suatu komunikasi bagian pengirim ini perannya cukup baik dan perlu ada karena memang semua komponen yang berjumlah 4 ini cukup penting dan perlu kita pahami satu persatu.

2. Penerima
Setelah kita bahas pengirimnya sekarang kita bahas bagian penerima. Tentu untuk definisinya adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai penerima data atau menangkap apa yang dikirimkan dari pengirim. Karena memang sebuah komunikasi pasti membutuhkan lawan komunikasi. Jika tidak ada lawannya tentu namanya bukan sebuah komunikasi. Peran antara pengirim dan penerima ini dapat berubah sesuai dengan keadaan. Jika perangkat tersebut mengirimkan data maka akan menjadi sebuah source dan akan tercipta sebuah transmiter begitupun yang satunya akan menjadi sebuah destination atau tujuan dari pengiriman data tersebut.

Dalam penerima ini juga sama akan ada suatu komponen yang akan menjadi penerimanya. Jadi tidak akan langsung masuk ke destination. Karena dalam penerima ini juga akan ada 2 komponen yaitu destination dan receiver. Tapi data yang dikirim tak akan langsung sampai ke desitnation karena juga membutuhkan sesuatu yang penerimaan yang dilakukan receiver. Receiver ini merupakan penerima data dan selanjutnya akan diteruskan ke destination dan komunikasi akan dapat sampai ke tujuan.

3. Media
Jika dalam suatu komunikasi terdapat pengirim dan penerima tentu akan ada yang membuat mereka terhubung. Jadi dalam suatu komunikasi data akan ada penghubung antara pengirim dan penerima yang disebut dengan media transmisi. Berarti media transmisi adalah sebuah alat penghubung dari sebuah komputer satu dengan komputer lainnya yang melakukan sebuah komunikasi. Jika kita melakukan pembicaraan dengan orang lain tentu kita mengeluarkan suara dan suara kita merambat melalui udara. Udara inilah yang berfungsi sebagai sebuah media transmisi. Media ini bertugas sebagai sebuah penghubung antara source dan destination dalam melakukan komunikasi data. Jika tidak ada komponen yang satu ini tentu suatu data tak akan sampai ke tujuan nya.

Jika kita menganalisa tentang bentuk dari media ini ada beberapa jenis. Ada media transmisi yang terlihat ada juga media transmisi yang tak terlihat. Contohnya yang terlihat ada kabel atau wired. Kabel ini dilewati data dalam suatu komunikasi data. Jika sudah dilewati oleh data maka ini akan disebut dengan media transmisi. Untuk media transmisi yang tidak terlihat contohnya adalah udara, sinyal radio, sinyal wifi. Ini juga merupakan media karena data dikirimkan melalui perantara mereka. Dan mereka akan membuat sebuah jembatan bagi pengirim dan penerima dalam melakukan komunikasi.

4. Data
Komponen yang terakhir adalah data. Tentu ini harus ada jika sudah ada komponen-komponen lain tapi tidak ada komponen yang ini tentu akan membuat ini aneh. Karena dalam komunikasi pasti akan ada yang dikirim dan diterima oleh komponen pengirim dan penerima. Jika kita melakukan suatu pembicaraan dengan orang lain tentu kita akan mendengat suara yang kita timbulkan atau yang ditimbulkan oleh lawan bicara kita. Jadi dalam komunikasi ini suara adalah data yang dikirimkan dan diterima.

Jika dalam komunikasi antara 2 komputer atau perangkat yang lain. Maka ada banyak sekali jenis data yang akan ditransmisikan dalam suatu komunikasi data. Dan jika kita sudah paham tentang datanya tentu akan lebih mudah. Dan kita bisa menyebutkan mana yang termasuk dalam data ini. Contohnya adalah sebuah paket data. Jadi paket data ini merupakan sebuah data yang dikirim dari pengirim kepada penerima. Jadi dalam transmisi data. Data ini akan dilempar-lempar dari pengirim ke penerima melalui media transmisi.

Scroll To Top