Ternyata Antivirus Memperlambat Komputer

Halo sobat semuanya kali ini blog Bahas Komputer akan membagikan informasi tentang komputer lagi. Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah tentang antivirus. Tentuya anda sudah tidak asing lagi dengan antivirus. Atau bahkan anda juga menggunakan antivirus. Dan biasanya setiap komputer  banyak yang diinstal antivirus karena mereka takut terkena virus. Atau mereka mengantisipasi supaya tidak ada virus yang masuk kedalam komputer mereka. Antivirus ini memang ampuh untuk mengamankan komputer anda.

Tetapi tahukah anda bahwa antivirus ini ternyata dapat memperlambat komputer anda. Apakah anda penasaran kenapa bisa memperlambat. Jika anda ingin tahu silahkan anda simak pembahasan berikut ini. Kalau antivirus itu memperlambat komputer anda tetapi mengapa masih banyak yang menggunakan antivirus ini. Mengapa masih banyak developer developer yang mengembangkan antivirus ini. Apakah selamanya antivirus akan memperlambat komputer anda. Sebenarnya tidak seperti itu. Karena lambat nya komputer bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti dibawah ini.

Faktor yang memperlambat komputer
1. Spek komputer yang rendah
Mengapa spesifikasi komputer yang rendah bisa membuat komputer menjadi lambat. Bisa dibilang begini, misalkan anda sendiri punya komputer yang memiliki spesifikasi rendah. Jika digunakan pasti tidak secepat yang seperti pada komputer yang punya spek yang tinggi. Oleh karena itu jika digunakan biasa saja sudah lambat. Apalagi diinstal dengan antivirus. Maka akan lebih lambat. Tapi mengapa lambat. Akan kita bahas dalam pembahasan berikutnya.

2. Terlalu banyak virus
Jika seseorang terkena virus. Tentunya kinerja orang tersebut akan menjadi berkurang. Mungkin akan menjadi lebih lambat dan bahkan tak mampu melakukan pekerjaan. Sama dengan sebuah komputer. Jika terinfeksi sebuah virus pasti virus tersebut akan membuat komputer tersebut menjadi lebih lambat. Karena virus ini juga akan merusak sistem juga. Pada beberapa kasus yang lain kita akan menemui sebuah komputer yang terkena virus sampai komputer tersebut hang dan tidak bisa lagi digunakan. Maka dari itu virus ini juga bisa dikatakan berbahaya karena dapat membuat kondisi komputer anda menjadi lebih buruk. Seperti padad kasus virus yang daat mengenkripsi data. Dalam virus tersebut semua data akan terenkripsi dan dipassword.

Kemudian hanya pembuat virus yang akan mengetahui password tersebut. Dan jika ingin mengetahui komputer tersebut kita harus membayar sejumlah uang. Dan bukankah hal itu bisa merugikan kita sendiri. Kalau saja data yang punya adalah data yang biasa atau tidak terlalu penting maka biasa saja, kita bisa melakukan instal ulang pada perangkat kta. Dan kita akan memperoleh keadaan yang fresh lagi. Tetapi bagaimana jika yang di enkripsi adalah data dari sebuah perusahaan. Maka perusahaan tersebut mau tidak mau harus membayar supaya bisa mendapatkan data itu kembali. Lalu mengapa antivirus ini bisa memperlambat komputer anda? Baiklah akan kita bahas penyebabnya.

Penyebab antivirus memperlambat komputer
1. Berjalan di latar belakang
Untuk melihat apakah komputer berjalan di latar belakang kita bisa melihat di pojok kanan bawah biasanya akan ada tray icon dan tray icon tersebut akan menunjukkan bahwa antivirus sedang berjalan. Tapi apakah anda merasa membuka antivirus tersebut. Tidakkan tetapi program tersebut tetap berjalan. Dan terus berjalan di latar belakang. Program yang berjalan di latar belakang ini sebenarnya bisia membuat space ram anda berkurang dan komputer anda akan semakin lambat. Maka bagaimana kah cara anda supaya bisa exit antivirus tersebut. Sebenarnya caranya cukup mudah yaitu dengan cara melakukan klik kanan pada icon tersebut dan disana akan pilihan exit.

Tapi hati hati setelah anda melakukan klik exit. Komputer anda dalam keadaan yang tidak terlindungi atau unprotected. Dan akan semakin rawan terkena virus. Dan tentunya ini tidak menguntungkan bagi anda karena data yang anda pakai keamanannya berkurang. Dan anda berpotensi kehilangan data tersebut. Maka dari itu anda perlu berfikir dua kali untuk membuat komputer anda menjadi tanpa perlindungan. Tetapi coba anda bandingkan dulu. Silahkan anda close antivirus anda dan silahkan anda lihat apakah anda punya space ram yang cukup banyak jika dibandingkan dengan saat anda menggunakan antivirus. Maka dari itu anda perlu mencoba cara ini supaya anda tau perbedaannya dan anda bisa menilai mana yang lebih baik untuk anda.

2. Berjalan saat komputer baru dinyalakan
Taukah anda antivirus ini bisa berjalan secara otomatis saat komputer anda baru dihidupkan dan anda tidak menyadari hal ini karena ini tidak akan diperlihatkan. Tapi pada sebagian antivirus akan muncul pop up yang menunjukkan bahwa antivirus anda sudah mulai dijalankan. Dan saat itu juga seperti pada poin yang pertama tadi anda akan mendapati antivirus yang anda gunakan berjalan dilatar belakang dan komputer anda akan mengalami pengurangan kecepatan.

Tapi sebenarnya pengurangan kecepatan ini tidak signifikan. Hanya pada komputer tertentu yang punya space yang rendah maka dari itu anda yang punya komputer dengan spek yang tinggi tidak terpengaruh dengan hal ini. Dan komputer tetap berjalan lancar jaya. Untuk menghindari komputer anda menjalankan antivirus secara otomatis ada beberapa yaitu salah satu nya menonaktifkan auto start. Supaya komputer anda tidak menjalankan aplikasi antivirus ini secara otomatis saat komputer baru dinyalakan.

Solusi supaya tetap lancar dan terlindungi
Untuk mensiasati hal tersebut kita bisa melakukan beberapa hal antara lain: Mematikan antivirus, tetapi dimatikan pada saat tertentu saja supaya komputer anda bisa tetap terlindungi. Lalu kapan waktu yang dapat anda lakukan untuk melakukan penutupan terhadap antivirus ini. Jawaban yang paling tepat adalah saat anda tidak ingin melakukan proses scanning terhadap virus. Jadi, anda hanya akan mengaktifkan antivirus jika anda ingin melakukan pemindaian virus tersebut. Tetapi perlu anda ingat anda harus memindai komputer anda dari virus secara berkala. Jadi jangan sampai beberapa bulan anda membiarkan komputer anda.

Bisa bisa ada virus yang sudahh masuk melalui komputer anda yaitu melalui file file yang mungkini anda download dari internet dan dalam file tersebut ternyata terkandung sebuah virus. Kemudian cara kedua supaya anda bisa bisa tetap terlindungi dan komputer tetap berjalan dengan cepat adalah melihat di taskbar->startup->kemudian nonaktifkan autostart dari antivirus yang anda ingin nonaktifkan. Dengan begini anda tidak terlalu lama saat proses booting.

Cara yang ketiga adalah dengan cara meningkatkan performa komputer anda karena cara ini adalah cara yang paling ampuh dan saya nilai sangat efektif karena anda tidak perlu mematikan antivirus. Dengan begitu anda akan tetap terlindungi. Kemudian yang kedua anda tetap bisa menjalankan komputer anda dengan cepat karena pada komputer anda sudah memiliki spesifiikasi yang mumpuni. Jadi karena menjalankan antivirus saja tidak akan membuat komputer anda menjadi lambat.

Scroll To Top