Persamaan Windows dan Linux

Halo sobat semuanya pada kesempatan kali kita akan membuat beberapa daftar yang menunjukan persamaan antara  windows dengan linux. Jadi 2 sistem operasi yang sama-sama terkenal ini sebenarnya punya banyak perbedaan. Karena bisa dikatakan keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol dari segi tampilan atau interface dimana mayoritas pada sistem operasi windows menggunakan GUI dan pada sistem operasi linux menggunakan CLI.

Jadi berseberangan meskipun sebenarnya dibalik perbedaan mereka tersimpan kelebihan di masing-masing sistem operasi jadi anda tidak perlu khawatir jika anda-anda menggunakan salah satu dari mereka. Tidak ada yang lebih buruk, semua sistem operasi itu baik. Maka dari itu karena banyak yang mengulas tentang perbedaan dari windows serta linux. Kali ini saya akan mencoba mengulas tentang persamaan dari kedua sistem operasi tersebut. Menarik bukan, jika anda penasaran silahkan perhatikan pembahasan berikut ini.
1. Sama sama merupakan sistem operasi
Persamaan dari keduanya yang paling jelas adalah keduanya merupakan sistem operasi. Benar bukan pernyataan saya. Jadi kedua windows dan linux ini sama-sama merupakan. SO meskipun punya banyak perbedaan tapi keduanya memiliki inti yaitu menjadi sebuah sistem operasi. Tugas mereka sebagai jembatan antara hardware dengan brainware adalah sama. Jadi dengan tugas yang sama ini merupakan kesamaan. Jadi meskipun linux ini bergerak lebih kepada sistem operasi yang berbasis server tetapi keduanya masih sama saja juga sebagai sistem operasi komputer.

2. Fungsi yang sama
Baik windows maupun linux semuanya punya fungsi yang sama yaitu menjadi jembatan menjadi penghubung dari pengguna dengan perangkatnya. Maka dari itu syarat dari sistem operasi itu sendiri sejatinya adalah untuk jembatan ini jadi jika sistem operasi ini tidak mempunyai fungsi sebagai jembatan antara pengguna dan perangkatnya maka keduanya masih belum bisa dikatakan sebagai sistem operasi. Baik windows maupun linux inti dan konsep kerja dari keduanya adalah sama. Misalkan linux digunakan sebagai server, tetapikan dalam sebuah server ini terdapat administrator jaringan yang akan mengoperasikan server tadi.

Dan sama juga seorang administrator tadikan terhubung dengan sistem operasinya jadi tidak ada bedanya. Meskipun sistem operasi yang basisnya sebagai server dan banyak yang bilang bahwa server tersebut mempunyai fungsi yang mereka katakan sebagai pelayan terhadap klien yang terhubung. Tapi yang perlu anda perhatikan dan anda ingat adalah bahwa dalam sistem operasi ini mempunyai sebuah tugas utama yaitu sebagai jembatan antara pengguna dan perangkat yang digunakan oleh pengguna tersebut. Jadi bisa dibilang jika sistem operasi digunakan sebagai server itu bisa dibilang fungsi yang lain. Dan sebenarnya keduanya bisa dijadikan server baik windows maupun linux.

3. Sama sama punya terminal
Yang ketiga akan membahas tentang terminal. Jadi dari kedua sistem operasi diatas terdapat sebuah aplikasi atau tool untuk melakukan konfigurasi maupun melakukan sebuah pengaturan terhadap komputer tersebut. Baik konfigurasi yang digunakan untuk pengaturan server ataupun hanya untuk manajemen file atau yang lainnya. Jadi misalkan anda punya sistem operasi windows anda diberi aplikasi bawaan yaitu aplikasi cmd. Jadi cmd ini adalah aplikasi bawaan dari windows yang fungsinya sendiri adalah untuk melakukan manajemen terhadap komputer.

Jika anda mau mempelajari sebenarnya yang cmd ini anda bisa banyak melakukan hal hal yang luar biasa. Jadi misalkan anda bisa menyalakan wifi, mengcopy file dan sebagainya. Tapi untuk yang di cmd ini anda kan tidak menggunakan klik. Jadi anda akan menggunakan perintah-perintah pada cmd. Dan untuk itu anda perlu mempelajari terlebih dahulu perintah ini. Tapi hal ini memang seru jika anda mau mencobanya. Dan yang satunya adalah pada linux. Untuk sistem operasi linux sendiri memiliki terminal juga lalu jika di linux apa nama aplikasi yang digunakan untuk melakukan control terhadap komputer kita atau sistem operasi yang sedang kita jalankan. Oke akan saya jelaskan , pada sistem operasi linux ini nama aplikasi nya adalah aplikasi terminal.

Jadi ini sama dengan jenisnya. Maka dari itu untuk membukanya anda bisa langsung cari di peralatan. Misalkan anda memakai sistem operasi linux yang punya interface CLI maka anda akan langsung disuguhkan dengan terminal. Jadi saat anda masuk pada sistem operasi linux basis CLI maka anda akan menggunakan cara CLI untuk mengoperasikan sistem operasi tersebut. Karena pada CLI ini tidak ada tampilan seperti pada versi GUI atau pada sistem operasi windows. Anda perlu mempelajari juga untuk yang CLI ini karena perintahnya ada cukup banyak.

4. Memiliki perintah yang hampir mirip 
Jadi pada sistem opersi linux maupun widnows saat kita membuka terminal dari keduanya maka kita akan menggunakan perintah-perintah untuk mengoperasikan komputer kita. Jadi apakah persamaan dari keduanya. Jadi keduanya memiliki beberapa kemiripan dalam mendefinisikan perintah jadi perintahnya mirip mirip. Karena fungsi fungsi yang dijalankan memang sama tujuan nya. Seperti pada contoh untuk melakukan proses copy. Keduanya memiliki perintah yang hampir sama yaitu untuk linux menggunakan perintah cp dan dan untuk windows menggunakan perintah copy. Sebenarnya masih anda beberapa perintah yang sama seperii contoh diibawah ini:

Melakukan copy:
copy (windows):fungsinya untuk melakukan proses menyalin suatu file, folder mapun text.
cp (linux):fungsinya untuk melakukan proses menyalin suatu file, folder mapun text.

Berganti folder:
cd (windows):memiliki fungsi change directory atau berganti directory. 
cd (linux):memiliki fungsi change directory atau berganti directory.

Berganti folder:
mv (windows):memiliki fungsi move atau memindah file/folder. 
mv (linux): memiliki fungsi move atau memindah file/folder.

Membuat folder
mkdir (windows):memiliki fungsi yaitu make  directory atau membuat directory. 
mkdir (linux):memiliki fungsi yaitu make  directory atau membuat directory.

Menghapus folder
rmdir (windows):memiliki fungsi yaitu remove  directory atau menghapus directory.
rmdir (linux):memiliki fungsi yaitu remove  directory atau menghapus directory.

Keluar dari terminal
exit (windows):memiliki fungsi yaitu keluar dari terminal.
exit (linux): memiliki fungsi yaitu keluar dari terminal.

Jadi dari beberapa kesamaan yang disebutkan diatas kita dapat membuat sebuah kesimpulan bahwa dalam suatu sistem operasi itu sebenarnya ada kesamaan-kesamaan . Meskipun dari beberapa sistem operasi ini terdapat perbedaan tapi mereka punya tujuan yang sama jadi akan wajar jika memiliki beberapa kesamaan yang mendasar. Karena sistem operasi ini pada intinya adalah jembatan antara pengguna dengan perangkat. Untuk lebih memahami tentang bagaimana masing-masing sistem operasi ini bekerja anda juga bisa mencoba keduanya dan merasakan perbedaannya supaya nanti anda dapat membedakan mana sistem operasi yang lebih cocok dengan anda. Karena memang windows dan linux ini merupakan 2 sistem operasi yang mempunyai fungsi yang luar biasa. 
Scroll To Top