Merawat Komputer secara Software

Halo sobat semuanya pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perawatan sebuah perangkat komputer. Sebenarnya ada 2 jenis perawatan komputer yaitu perawatan secara hardware dan perawatan secara software. Untuk perawatan secara hardware ini perawatannya adalah dengan cara merawat komputer secara fisik jadi akan kita contohkan misalnya jika kita membersihkan komputer kemudian mengelap lcd mengecek motherboard hal itu merupakan sebuah perawatan secara hardware jadi barang yang dirawat berupa barang yang nyata.

Berbeda dengan merawat komputer secara software. Jadi dengan cara merawat software komputer dijaga performanya dengan cara perawatan software. Jadi yang dirawat adalah perangkat lunaknya seperti sistem operasi aplikasi dan lain sebagainya. Untuk perawatan secara software ini adalah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Jadi kita akan merawat dalam dari komputer itu sendiri. Dan apakah tips-tips dan cara yang harus dilakukan agar kita dapat meningkatkan atau mempertahankan performa dari komputer kita.

Tapi fungsi yang paling jelas adalah untuk menghindari kerusakan pada komputer baik secara software maupun secara hardware. Karena hubungan antara keduanya juga sangat erat dikarenakan saling mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing yang saling berhubungan. Jadi tidak menutup kemungkinan jika salah satu dari keduanya rusak akan mempengaruhi. Berikut ini adalah cara merawat komputer secara software:

1. Bersihkan sampah
Dimanapun tempatnya sampah pasti dibersihkan. Dan tidak luput pula pada sebuah software komputer yang dalam setiap pengoperasiannya juga menghasilkan sebuah sampah. Yang jika sampah ini dibiarkan maka dampaknya akan cukup parah karena keberadaan dari sampah ini kalau dibiarkan akan menumpuk dan bisa membuat ruang penyimpanan anda semakin sempit. Jika ruang penyimpanan semakin sempit maka suatu pemrosesan sebuah data akan menjadi lebih lambat. Oleh karena itu keberadaan sampah disini juga harus diperhatikan supaya anda tidak terkena dampak yang cukup membahayakan. Jadi berikut adalah cara membersihkan sampah pada komputer anda:

Yang pertama, menggunakan recycle bin. Semua komputer yang mempunyai sistem operasi windows pasti mempunyai recycle bin. Yang sejatinya fungsi dari recycle bin ini adalah untuk menyimpan sementara sebuah file yang telah terhapus. Jika suatu file terletak pada recycle bin maka file tersebut sebenarnya masih aman karena data yang disitu masih belum di hapus permanen. Tapi disinilah akan dihapus permanen juga data yang awalnya terhapus hanya di titipkan ke recycle bin tadi. Dan taukah anda yang saya maksud sampah itu salah satunya adalah pada recycle bin ini. Jadi file-file yang ada pada recycle bin adalah sebuah sampah.

2. Atur folder yang rapi
Mengapa saya mengatakan ini sebagai perawatan karena hal ini menurut saya sangat penting. Sebuah komputer akan menjadi sebuah komputer yang terlihat buruk jika dalam manajemen file saja sudah acak-acakan tidak karuan. Jadi untuk mengatasi hal tersebut kita bisa merapikan folder maupun file yang ada pada komputer kita kemudian kita juga perlu melakukan pengelompokan pada setiap jenis file. Dan jika folder yang anda buat rapi maka anda akan terlihat lebih indah dan juga dari sisi kecepatan saya kira lebih cepat yang sudah dirapikan.

Jadi yang saya maksud disini adalah misalkan kita melakukan pencarian terhadap suatu file atau folder. Maka dengan folder dan file yang tertata maka akan lebih mudah ditemukan tentang file yang ita cari tadi. Jadi rapi tidaknya folder ternyata juga mempengaruhi terhadap suatu kinerja komputer. Sebuah komputer juga akan melambat jika komputer tersebut memuat sebuah gambar foto yang banyak dan secara bersama-sama. Maka kita harus lebih merapikan folder. Jika kita malas untuk merapikan hal tersebut kita juga bisa hanya melakukan pengelompokkan dari semua file yang ada.  Jadi komputer akan lebih terarah. Dan jika kita sendiri saja ingin membuka suatu file atau berkas kita secara pribadi akan dengan mudah menemukannya.

3. Scan dari virus
Untuk cara perawatan komputer secara software yang lainnya adalah dengan cara melakukan scanning terhadap virus yang berguna untuk mengecek kondisi komputer apakah dalam keadaan baik. Jadi si antivirus ini akan melakukan pemindaian virus yang terdapat pada komputer anda. Jadi pada komputer jika terdapat virus akan dihapus oleh si antivirus tadi, jadi misalkan nanti tidak ada virus berarti komputer anda dalam keadaan aman.

Oleh karena itu maka anda sebaiknya melakukan scanning secara berkala supaya komputer kita bisa tetap terjaga dan aman dari serangan virus. Karena semua pasti sudah tau bahwa virus ini memang sangat berbahaya. Dan seiring berjalannya waktu juga masih banyak juga orang yang malah mengembangkan virus tersebut dan biasanya hanya untuk keuntungan semata atau dalam arti lain merugikan pihak lain. Seperti pada kasus ransomware dahulu anda masih ingat bahwa pada saat itu mereka membuat sebuah sistem komputer terenkripsi data-datanya dan harus membayar sejumlah bitcoin untuk menebus supaya data kita bisa dibebaskan lagi.

Tetapi sebenarnya tidak semua virus itu berbahaya seperti ransomware tersebut memang ada virus virus kecil. Dan biasanya virus kecil ini sudah bisa di lawan dengan antivirus tersebut. Yang penting anda melakukan scanning terlebih dahulu supaya anda dapat mengetahui apakah komputer anda sendiri tersebut sudah aman atau belum. Jadi kesimpulannya antivirus ini cukup penting jadi anda harus melakukan cara yang satu ini pada komputer anda.

4. Instal ulang
Cara-cara diatas yang sudah tersebut merupakan usaha yang bisa kita lakukan saat komputer kita dalam keadaan kita pakai dan cara tersebut merupakan masuk cara perawatan dan berbeda dengan poin yang kelima ini. Bagaimana komputer tersebut keamanannya terjaga. Tapi pada cara yang kelima ini kita akan membahas tentang cara yang tipenya dilakukan dengan cara yang yang bersifat penanggulangan. Yaitu dengan melakukan install ulang pada komputer. Bukankah komputer kita sudah terinstal. Bukan begitu maksudnya jadi kita akan meenginstal ulang komputer kita. Lalu apakah ada manfaat dari install ulang ini sendiri. Sebenarnya ada banyak dari manfaat dari menginstall ulang komputer. Dan ini juga masuk katergori perawatan secara software.

Manfaat dari meginstall ulang ini adalah untuk membuat komputer menjadi lebih fresh. Jadi begini sistem operasi yang sudah lama dipakai sudah usang dan sudah sering menghadapi error dan sering menghadapi masalah. Akan dihilangkan sistem operasi dan diisi kembali dengan sistem operasi yang baru. Jadi ini akan membuat komputer menjadi lebih fresh. Komputer yang diinstal ulang ini seperti komputer yang baru lahir. Jadi ini seperti komputer baru beli. Hanya sedikit program yang terinstall dan komputer akan lebih ringan jadi akan lebih mudah dioperasikan. Jadi ini adalah kesempatan untuk memasang antivirus dan mengatur kembali file-file anda supaya lebih rapi dan komputer anda lebih terjaga sejak awal penginstalan.
Scroll To Top