Merawat Komputer secara Hardware

Halo sobat semua setelah pada artikel yang satunya telah membahas tentang cara merawat komputer secara software. Kali ini kita akan bahas juga cara merawat komputer secara hardware. Jadi 2 elemen penting dalam sebuah komputer yaitu hardware dan software tersebut semuanya harus dirawat dengan baik dan secara teratur. Serangkaian cara-cara perawatan tersebut tak lain fungsinya adalah untuk mencegah kerusakan pada sebuah komputer serta membuat komputer anda tetap dalam keadaan yang baik.

Jadi anda bisa menggunakan perangkat anda secara nyaman. Jika anda seorang pekerja yang menggunakan komputer sebagai alat untuk bekerja tentu anda tidak ingin terjadi gangguan dengan komputer anda karena hal ini akan membuat pekerjaan anda menajadi tertunda bahkan anda tidak bisa mnyelesaikan suatu project. Jadi sangat penting peran perawatan ini. Jadi daripada anda menunggu rusak dan akan melakukan servis terhadap komputer anda dan anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk hal itu.

Maka kita akan lebih mudah bukan jika kita melakukan perawatan untuk komputer kita supaya komputer kita tetap terjaga secara fisik atau secara hardware. Bagaimanakah cara menjaganya atau merawatnya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan terhadap hardware anda. Berikut akan kami bahas tentang cara merawat komputer secara hardware.

1. Mengecek listrik
Listrik juga akan mempengaruhi performa dari komputer anda. Jadi yang dibutuhkan disini adalah bahwa komputer anda bisa berjalan dengan baik jika komputer anda dialiri oleh listrik yang stabil pula. Jadi begini misalkan sebuah komputer dialiri dengan listrik yang tidak stabil komputer tetap bisa berjalan. Walaupun tegangan listrik dirumah anda tidak stabil. Tapi perlu anda ketahui meskipun komputer anda baik-baik saja tetapi taukah anda bahwa meskipun komputer anda berjalan dengan baik tetapi ini tidak baik terhadap hardware anda.

Apalagi anda langsung menancap pada listrik dan listriknya itu sendiri tidak stabil maka anda harus hati-hati. Memang pada awalnya kita tidak melihat dampaknya terhadap komputer. Tapi ini dampak tidak secara langsung. Tapi akan selang beberapa waktu untuk ini dan akan membuat piranti-piranti pada komputer anda mengalami penurunan performa. Jadi pada awalnya hanya penurunan performa dan akan diikuti kerusakan. Maka dari itu untuk mengatasi cara ini anda dapat menambahkan alat seperti stavolt untuk membuat tegangan listrik yang mengalir pada komputer anda bisa berjalan dengan stabil.

Jika tegangan sudah stabil ini maka anda bisa memakai komputer juga dengan performa yang baik dan hardware akan lebih awet. Untuk mengetahui listrik anda sendiri stabil atau tidak anda bisa menggunakan avo meter untuk mengukurnya. Dengan begitu anda dapat melakukan antisipasi terhadap komputer anda apakah perlu alat tambahan atau tidak. Jadi kesimpulannya adalah listrik penting untuk komputer anda.

2. Mengecek kipas
Cara yang kedua ini memang cukup penting juga. Karena yang ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jadi begini akan saya jelaskan dahulu bagaimanakah fungsi dari kipas ini. Jadi ada 2 jenis kipas yang pertama dibagian processor dan bagian casing-casing. Jadi semua kipas itu fungsinya sama yaitu yang pertama untuk mencegah suatu komputer menjadi overheat. Jadi suhu komputer naik dan sangat tinggi. Dan yang kedua fungsinya adalah untuk menjaga suhu dari komputer itu sendiri supaya komputer tersebut dapat berjalan dengan baik.

Jadi akan mulai saya ceritakan misalkan saja kipas pada bagian processor itu mati atau tidak berputar. Maka dampaknya sangat parah. Pertama processor akan mengalami kenaikan suhu yang sangat panas lalu terjadi overheat. Dan dalam keadaaan komputer tanpa heatshink ini tidak akan bertahan lama hanya beberapa menit saja sudah langsung mati dan anda akan merasakan bahwa komputer akan panas dan ini berbahaya.

Jika komputer anda tadi sudah mati maka jika dihidupkan akan terjadi kasus yang sama yaitu komputer anda dalam waktu dekat akan mati lagi. Dan begitu seterusnya sampai anda memperbaiki heatshink ini. Jadi bagaimanakah cara menjaganya. Begini jika anda ingin menjaga supaya hal tersebut terjadi maka anda harus rajin-rajin mengecek kondisi kipas anda supaya kipas tidak terganggu. Waspadai bahwa rambut dan kotoran lain yang dapat menghentikan pergerakan kipas ini akan fatal akibatnya.

3. Mengecek mobo
Motherboard merupakan perangkat vital dalam sebuah komputer karena disinilah piranti-piranti ditancapkan jadi ini sangat penting dan harus dijaga. Jangan sampai ada banyak debu yang bertumpuk pada motherboarrd. Akan membuat mobo ini timbul gangguan. Dan untuk mengatasi ini anda bisa mengecek dan membongkarnya jika anda sudah membongkar maka anda bisa membersihkannya. Jadi begini anda bisa menggunakan alat-alat sederhana seperti sikat gigi yang sudah tidak anda gunakan ini akan efektif.

Dan yang tidak kalah penting anda harus menjaga mobo supaya terhindar dari air. Jangan sampai mobo ini terkena air jika anda tidak ingin terjadi sesuatu pada motherboard anda. Anda bisa bayangkan bahwa dalam mobo ini saat beroperasi menghasilkan listrik juga dan jika terkena air dan air ini juga sebuah penghantar untuk listrik. Maka anda akan lilhat sendiri hasilnya mobo akan konslet bahkan keluar percikan api dan yang jelas mobo rusak. Jika satu titik pada mobo ini rusak biasanya penanganannya akan sangat sulit untuk perbaikan dikarenakan pada mobo ini pirantinya kecil-kecil. Maka dari itu penting sekali menjaga mobo supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Menggunakan pendingin
Mungkin yang anda pikirkan seperti ac. Jadi kita akan sebutkan macam-macam pendingin. Yang pertama adalah yang dipasang di dekat processor itu yang merupakan heatshink. Untuk mendinginkan processor dan yang di dalam casing itu untuk mendiginkan yang di dalam casing. Tetapi anda juga dapat menambahkan lagi pendingin yang biasa disebut dengan cooling pad. Ini merupakan alat pendingin yang biasanya diletakkan dibawah laptop. Jadi ini bisanya ditancapkan pada port usb. Dan akan mendinginkan komputer anda dari luar. Selain dari pendingin-pendingin diatas masih pendingin yang lain lagi yaitu ac.

Benar ac yang seperti kita gunakan itu sebenarnya baik untuk sebuah komputer jadi komputer yang diletakan pada ruang ber ac akan lebih awet dibandingkan dengan komputer yang terletak pada ruangan yang tidak ber ac. Jadi ini semua berguna anda bisa perhatikan bahwa beeberapa server dari perusahaan terkenal diletakkan pada kutub supaya menjadi dingin. Jadi intinya pemakaian pendingin ini cukup penting karena akan melakukan control terhadap suhu pada komputer yang anda gunakan.
Scroll To Top