Layar Windows 10 tidak bisa Diredupkan

Halo sobat semua pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan sebuah trik bagi anda para pengguna windows 10. Karena windows 10 ini sendiri merupakan windows yang paling baru diantara versi windows sampai saat ini. Sistem operasi yang banyak digunakan para netizen ini sebenarnya merupakan sistem operasi yang cocok untuk semua orang. Serta jika kita amati windows memiliki fungsi yang cukup beragam dari untuk perkantoran, pembelajaran, designing.

Jadi tidak heran jika banyak sekali peminat untuk windows 10 ini. Tetapi sebenarnya windows 10 ini berbayar. Tetapi ada sebagian ada yang menggunakan crack. Dan untuk topik pembahasan kali kita akan membahas tentang keluhan dari para pengguna windows 10 yang tidak bisa meredupkan layarnya. Dan biasanya ini mereka alami saat mereka baru saja menginstal sistem operasinya. Lalu apakah ada sebab-sebab tertentu dari kasus ini. Dan apakah sudah ada cara untuk mengatasi hal tersebut. Akan kita bahas pada beberapa tutorial berikut ini.

Pertama kita akan membahas terlebih dahulu tentang penyebab dari kasus ini. Baiklah untuk sebabnya saya baru mengetahui 2 sebab yang menyebabkan layar pada windows 10 ini tidak bisa diredupkan. Jadi tidak bisa diredupkan disini adalah:

1. Driver belum terpasang
Untuk sebab yang pertama yang kita bahas adalah tentang driver. Yang belum terpasang. Sebelum kita ke tips nya kita pahamkan dahulu apa itu driver pada komputer. Dan apakah manfaat dari driver ini. Driver sendiri merupakan suatu program atau aplikasi kecil yang memiliki fungsi yaitu untuk mengendalikan aplikasi , sistem operasi, dan hardware. Sebenarnya hardware ini biasanya sudah ada bawaan dari saat kita membeli komputer. Biasanya dalam bentuk cd atau dvd. Jadi anda tinggal memasukkan cd tersebut kedalam cd room dan cukup langsung menginstall. Maka semua driver akan terinstal. Dan driver bawaan ini biasanya cukup lengkap jadi anda tidak perlu khawatir.

Untuk itu driver yang ada kaitannya dengan tampilan layar atau display disini biasanya adalah driver vga. Jadi misalkan anda tidak punya cd atau dvd untuk menginstal driver maka anda perlu mendownload di internet dan di internet memang banyak jika masalah driver seperti ini. Jadi misalkan suatu komputer belum terpasang drivernya maka kita tidak bisa mengontrol komputer tersebut dalam hal tertentu. Jika kita belum memasang driver vga maka kita  tidak bisa mengontrol displaynya. Salah satunya adalah kita tidak bisa mengatur kecerahan layar kita. Jadi keberadaan driver ini juga sangat penting.

2. Harus menggunakan kombinasi keyboard
Untuk sebab yang lain yang menyebabkan kita tidak bisa mengatur kecerahan pada komputer kita atau pada windows 10 adalah jika mengaturnya menggunakan keyboard. Jadi untuk sebab yang ini merupakan sebab dengan unsur ketidaktahuan. Jadi tidak serta merta memang komputernya tidak bisa diatur tetapi memang ini ada fungsi tersendiri dari keyboard yang memiliki fungsi untuk mengatur kecerahan pada layar. Jadi anda harus teliti dengan fungsi-fungsi keyboard. Jadi jika anda membeli laptop baru sebaiknya anda baca terlebih dahulu fungsi dari setiap tombol yang ada. Saya yakin ini pasti sudah dijelaskan pada buku panduan.

Seperti contoh pada laptop asus untuk mengatur layar kita perlu kombinasi 2 tombol yaitu tombol fn + f5 untuk meredupkan layar. Dan fn + f6 untuk menerangkan layar jadi komputer layarnya sudah bisa dikontrol dengan ini. Berbeda lagi dengan komputer dengan merek yang lain dan untuk jenis tombol yang lain. Terkadang hanya tombol f berapa seperti itu tanpa menggunakan fn. Tapi yang jelas untuk mengatur ini jika menggunakan tombol pada umumnya terletak pada baris tombol paling atas. Untuk sebab yang ini anda harus mencari tahu tentang perangkat anda sendiri melalui buku panduan ataupun melalui internet. Supaya anda tidak kebingungan dalam menggunakan tombol-tombol alternatif tersebut. 

Baiklah setelah kita mengetahui penyebab dari error tersebut yaitu error yang membuat kita tidak bisa mengatur kecerahan terhadapa layar. Maka dalam tutorial ini juga akan disertai dengan beberapa tips atau cara untuk mengatasi error-error tersebut. Berikut akan kami jelaskan.

1. Menginstal driver
Untuk trik yang pertama adalah menginstal driver vga atau display untuk komputer anda. Dengan cara ini anda akan dapat melakukan control terhadap komputer. Perlu anda ketahui bahwa setelah anda menginstal ini maka anda dapat mengatur kecerahan layar dari komputer anda dan anda sudah nyaman dengan komputer anda. Lalu bagaimana jika saya sudah melakukan penginstalan driver pada komputer saya tetapi masih saja belum bisa diatur kecerahan layar saya. Lalu apakah ada kendala lain dari komputer saya.

Sebelum ke cara yang lain tak ada salahnya saya juga menunjukkan cara yang berkaitan dengan driver yaitu dengan cara mengecek apakah driver yang anda install adalah driver yang terbaru jadi driver ini akan mempengaruhi performa. Biasannya jika driver ini anda install tapi belum versi yang terbaru maka performanya tidak akan sempurna dan akan membuat komputer anda belum maksimal juga penggunaannya. Anda juga bisa mengecek pada komputer anda apakah drivernya sudah terpasang dengan baik atau belum.

Anda juga bisa mengeceknya dengan melakukan pengecekan di device manager dan anda cari bagian display. Jika anda mendapati bagian display masih terdapat tanda seru berarti penginstalan driver anda belum berhasil atau masih terjadi kendala. Jadi anda bisa mengulangi atau mendownload driver yang lain. Atau jika cara tersebut belum juga bisa anda bisa juga mengupdate driver yang sudah tersedia.

2. Menggunakan aplikasi dimscreen
Selanjutnya trik saya yang kedua ini merupakan trik yang saya temukan saat saya mencoba mencari tool untuk membuat layar menjadi redup supaya mata saya lebih terlindungi saat melihat komputer karena layar yang terlalu terang biasanya kurang baik. Apalagi saat keadaan sekitar cukup gelap. Maka dari itu saya browsing-browsing dan akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi yang disebut dimscreen. Saya juga pernah menerapkan cara ini kepada teman saya yang kebetulan laptopnya juga error saat dipasang driver vga.

Dan saat di instal maka tampilannya malah rusak. Maka dari itu saya coba dengan menginstal aplikasi ini dan akhirnya bekerja dengan baik. Layar komputer berhasil diredupkan dalam sekali sentuh. Dan anda juga bisa mengatur kecerahan layar seredup apa. Dan layarnya juga akan sesuai pengaturan. Menurut saya cara ini lebih simple daripada anda mencari driver kesana kemari dan hasilnya malah tidak ketemu-ketemu. Maka dengan aplikasi ini adalah cara yang cukup simple dan menjadi alternatif yang cukup baik.
Scroll To Top