Koding Cepat dan Santai

Bagi anda para pecinta web design pasti punya hobi yaitu coding. Jadi kita menghabiskan hari-hari untuk menulis kode-kode supaya bisa menjadi karya seni yang luar biasa. Dan yang jelas adalah karya kita tersebut berguna paling tidak adalah untuk kita sendiri. Jadi kita akan bisa bangga dengan karya kita tersebut. Ngomong-ngomong tentang koding kita pasti pada awalnya memang sangat lama malas dan sebagainya. Saat kita koding kita sering bingung kita sering boring karena ada error yang belum solved tapi lama sekali.

Maka dari itu kali ini kami akan membagikan sebuah tips untuk para programmer yang suka coding tersebut supaya coding ini lebih asyik dan dalam menulis kode pemrograman ini akan lebih cepat selesai dan yang pasti akan lebih menyenangkan. Dengan cara yang santai tetapi kode yang kita tulis lebih cepat selesai, tentu hal tersebut menyenangkan bukan. Meskipun dalam artikel ini disebutkan cepat tetapi anda harus tetap teliti dalam menuliskan kode-kode tersebut supaya tidak terjadi error dan anda harus melakukan pembenaran tersebut dan biasanya waktu untuk pembenaran ini relatif cukup lama. Jadi intinya kita harus bisa koding dengan cepat serta hati-hati supaya tidak terjadi error. Untuk lebih jelasnya apa saja yang harus kita lakukan tersebut bisa kita lihat berikut ini.

1. Posisi badan
Pertama yang akan kita bahas adalah posisi badan kita saat kita melakukan koding. Dikarenakan koding ini adalah kegiatan yang butuh berfikir juga dan waktunya juga tidak singkat maka tak ada salahnya kita itu mencari cara duduk yang paling enak buat kita supaya kita itu dalam melakukan koding bisa lebih nyaman dan hasilnya kita akan lebih memperoleh hasil yang lebih baik. Lalu meliputi apa saja yang perlu kita amati dalam posisi badan ini. Yang pertama adalah posisi duduk, jadi saat kita menulis kode-kode tersebut usahakan duduk yang rileks.

Setelah posisi duduk sudah selesai kita bisa memperhatikan posisi tangan dengan keyboard, jadi harus tepat posisi tangannya supaya kita tidak merasakan ketidaknyamanan pada tangan kita saat melakukan koding. Sebaiknya anda duduk pada kursi dan komputer berada di meja. Menurut saya dengan posisi itu akan membuat koding menjadi lebih nyaman. Dan sebenarnya masih ada beberapa tambahan-tambahan yang dapat anda lakukan seperti menyiapkan camilan serta menyiapkan sebuah minuman. Karena dalam melakukan koding ini yang pertama adalah anda harus santai dulu. Jika anda sudah santai maka anda akan bisa berfikir dengan jernih cepat dan tepat sesuai dengan yang anda inginkan.

2. Biasakan mengetik 10 jari
Dan lagi-lagi mengetik dengan 10 jari diperlukan. Sebenarnya hal ini merupakan hal penting dan mendasar dari seseorang yang menggunakan komputer. Yaitu mengetik ini merupakan inti juga. Sama seperti manusia saat berbicara jadi mengetik ini sangatlah penting. Kalaupun anda belum biasa melakukan hal ini anda bisa melakukan dengan yang anda bisa. Dan terserah berapa jari. Tapi alangkah baiknya jika anda mempelajari cara mengetik 10 jari ini supaya anda lebih mudah untuk melakukan banyak pekerjaan seperti menulis laporan, artikel, ataupun kegiatan koding itu sendiri. Jadi dalam mengetik 10 jari ini sebenarnya butuh sekali kebiasaan dan praktek.

Jika anda tidak mebiasakan untuk mengetik dengan 10 jari maka anda akan lebih lama untuk bisa melakukan hal tersebut. Yang pertama adalah anda harus berani mencoba. Jika anda sudah mencoba perlahan akan terbiasa. Pada awalnya memang agak sulit. Tetapi jika sudah terbiasa akan menyenangkan dan anda seperti ingin menulis terus menerus. Jadi intinya jika kita bisa menerapkan mengetik dengan 10 jari ini saat kita koding maka kita akan lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Karena memang penerapan dari mengetik 10 jari ini memang akan sangat terlihat. Kecepatan mengetik anda akan lebih cepat dari biasanya.

3. Pikirkan
Apakah maksud judul pikirkan tersebut? Maksudnya adalah saat kita melakun koding ini kita akan memikirkan apa yang harus kita tuliskan. Dan yang perlu anda tekankan disini adalah bahwa berfikirnya adalah berfikir yang cepat. Jadi kecepatan dari pemikiran kita juga akan menentukan, jadi kita akan melatih berfikir secara cepat. Maka jika digabungkan dengan poin yang kedua tadi akan menjadi kombinasi yang luar biasa karena kecepatan fisik kita akan dipadukan dengan kecepatan berfikir jadi kita menulis cepat tetapi tetap terkontrol dan terarah karena kita tetap memikirkan dari hal yang kita tulis ini. Maka dari itu perencanaan awal sangat penting jadi saat kita sudah koding kita tidak akan memuat ide terlalu lama yang malah akan menyebabkan kita lupa tadi kita akan menulis apa. Jadi kecepatan pikiran perlu ditingkatkan.

4. Konsentrasi
Ingatlah suatu pekerjaan jika dilaksanakan dengan serius pasti hasilnya juga memuaskan. Maka dari itu dalam mengerjakan koding itu juga anda juga harus serius. Lalu serius disini dalam arti yang bagaimanakah. Kandungan kata serius disini maksud nya adalah dalam mengerjakan koding ini anda harus konsentrasi. Jadi konsentrasi terhadap apa. Terhadap pekerjaan kita terhadap projek kita. Fokuskan pikiran untuk mengerjakan sebenarnya untuk mengerjakan poin yang ketiga yang perlu anda lakukan adalah berkonsentrasi. Jadi jika kita sudah konsentrasi maka secara otomatis cara berfikir juga akan semakin cepat. Dan juga kita konsentrasikan fisik kita tangan kita supaya bisa mengetik dengan cepat. Supaya kode-kode cepat terselesaikan. Jadi kesimpulan dari poin ini adalah menguatkan yang poin kedua serta poin yang ketiga

5. Referensi
Yang ke lima adalah referensi. Dari judulnya saja jelas maksud dari ini adalah untuk mencari sumber terkait dengan yang kita kerjakan dari luar. Jadi begini meskipun kita tadi sudah berfikir dan berkonsentrasi tapi kan bahasa pemrograman itu luas dan pasti pemikiran manusia itu ada batasannya. Apalagi kita masih dalam tahap belajar. Jadi dalam belajar koding ini pasti anda akan menemukan fase dimana anda akan jenuh dan anda sebaiknya segera mencari petunjuk dari mbah google. Karena memang jika kita solving dan terlalu lama maka kita akan timbul rasa kesal dan kita akan malas unuk meneruskan pekerjaan tersebut. Maka dari itu referensi adalah opsi yang cukup penting. Atau jika anda tidak ingin terlalu bingung anda dapat mencari referensi ini diawal sebelum anda melakukan koding. Jadi anda akan tau sepeti apa yang akan dibuat. Jadi jika beberapa tips singkat diatas maka kecepatan dalam melakukan koding akan lebih cepat daan bertambah. Semoga tips ini bermanfaat dan terima kasih.

Scroll To Top