Keunggulan Text Editor Sublime Text

Kali ini saya akan menjelaskan tentang text editor. Text editor adalah sebuah aplikasi yang bisa untuk melakukan editing pada sebuah file yang berupa teks. Dan apakah fungsi dari teks editor ini. Ya teks editor ini bisa anda gunakan untuk membuat sebuah file. Misalkan anda ingin membuat catatan dan sebagainya. Lalu apakah ada fungsi lainnya? Pastinya ada. Fungsi lain dari teks editor ini yang paling banyak digunakan adalah untuk koding.
Koding adalah menuliskan sebuah kode untuk menciptakan atau memprogram suatu aplikasi atau pekerjaan tertentu. Dan biasanya para programmer menggunakan teks editor untuk melakukan koding ini. Tetapi sebenarnya apakah ada teks editor selain yang disebutkan diatas yaitu sublime. Masih ada banyak sebenarnya. Yang paling sederhana adalah notepad atau notepad++. Dengan aplikasi bawaan windows seperti notepad sebenarnya anda sudah bisa melakukan koding tetapi hanya pada batasan tertentu. 

Dan anda akan lebih cepat jika anda koding menggunakan aplikasi yang bisa mendukung untuk seorang programmer seperti pada contoh nya sublime, adobe dreamweaver, netbeans, dan sebagainya. Tetapi mengapa kita membahas tentang sublime disini. Sebenarnya apa itu sublime?. Dan apa keunggulan dibanding dengan aplikasi lainnya. Akan kita jelaskan berikut.

1. Ringan
Sublime adalah teks editor yang sangat ringan dan sama sekali tidak membuat komputer anda keberatan. Sublime sendiri hanya akan mereduce atau mengurangi kapasitas memory anda sekitar 40mb saja berbeda dengan yang lain. Pada beberapa text editor yang berbasis programming seperti atom dan adobe dreamweaver akan memakan memory anda lebih banyak dan ini akan menyebabkan komputer anda menjadi lebih lambat. Dengan begitu maka anda bisa menjalankan dengan lancar.dan taukah anda proses koding itu sebenarnya butuh yang cepat karena jika aplikasi untuk koding dan aplikasi tersebut ternyata sangat lambat maka dapat dipastikan para pemakai akan merasa malas dan mungkin akan berganti aplikasi.

2. Mudah dibawa
Apa yang saya maksud dengan mudah dibawa. Dengan aplikasi sublime ini anda akan mudah membawanya kemana-mana dengan catatan anda punya sebuah flashdisk atau penyimpanan yang lain. Dan bagaimanakah caranya? Pada website resmi sublime anda dapat mendownload banyak versi dari sublime ini. Maka dari itu anda perlu untuk mencari salah satu versi dari sublime yaitu versi portable. Sekali lagi sublime mempunyai versi portable yang sangat mudah dibawa. Yaitu dengan versi portable ini anda tidak perlu menginstal sublime. Anda cukup langsung jalankan dan aplikasi sublime siap digunakan. Dan pada aplikasi sublime ini tidak akan ada perbedaannya tentang kualitas jika diabandingkan antara sublime yang versi portable dan versi installer. Semuanya punya manfaat yang sama dan kualitas yang sama. Jadi anda tidak perlu khawatir.

3. Bisa untuk sistem operasi apapun
Taukah anda bahwa sublime ini tidak hanya bisa dijalankan di sistem operasi windows tetapi bisa untuk sistem operasi yang lain. Contohnya adalah di linux. Anda bisa menjalankan sublime di sistem operasi linux maupun windows. Dengan catatan versi yang dijalankan adalah sistem operasi yang berbasis GUI atau punya tampilan. Jadi tidak masalah misalkan anda punya sistem operasi apapun. Anda tetap  bisa menggunakan sublime ini.

4. Disertai plugin
Jika anda menggunakan sublime. Anda tentunya bisa melakukan koding. Contohnya adalah saat kita ingin melakukan pembuatan web atau web design. Dan apakah bantuan yang saya maksud. Bantuan yang saya maksud adalah dengan cara menambahkan plugin tertentu untuk memudahkan anda dalam menuliskan kode. Terdapat banyak sekali plugin pada sublime ini dan juga banyak sekali fungsinya. Dengan plugin ini kita dapat menyampaikan penulisan kode dengan cepat dan dengan kesalahan yang minim karena kita akan diberi saran untuk menuliiskan kode dan kita cukup menekan tab saja.

5. Banyak bahasa
Ada banyak bahasa di dalam aplikasi sublime ini.  Tetapi bukankah pada semua aplikasi terdapat banyak pilihan bahasa. Biasanya dalam aplikasi ada banyak bahasa contohnya aplikasi dirubah menjadi bahasa inggris, china, jerman, italia dan sebagainya. Tetapi yang saya maksud dari bahasa disini adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang anda pilih akan banyak. Contohnya pada defaultnya adalah plain text. Tetapi anda masih punya banyak bahasa untuk anda pilih contohnya html, css, php dan masih banyak bahasa lain. Karena inilah sublime punya keunggulan dan dengan sublime yang ringan ini anda dapat memprogram banyak bahasa pemrograman. Bahkan bisa dengan bantuan. Dan yang saya maksud plugin tadi kita juga bisa memilih plugin untuk banyak bahasa bahkan setiap bahasa anda bisa mencari dan menambahkan pluginnya. Pada beberapa programmer tertentu biasanya menggunakan framework. Bahkan framework ini juga punya plugin juga.

6. Multi jendela
Apakah maksud dari judul diatas pada contohnya anda bisa membuka 3 file secara bersamaan tetapi bersamaan ini artinya anda bisa membuka beberapa file secara bersamaan dan anda bisa melihatnya dalam satu layar. Artinya dalam monitor anda bisa melihat bberapa tampilan dari beberapa file tersebut. Menurut saya ini bisa membuat proses editing menjadi lebih mudah dan lebih cepat karena anda juga bisa melihat layar-layar yang lainnya juga.

7. Multi seleksi
Maksud dari multi seleksi diatas adalah anda dapat melakukan seleksi atau memilih beberapa teks atau bahkan beberapa baris teks. Dan setelah memilih anda bisa bebas melakukan apa yang anda inginkan. Untuk menggunakan fungsi ini anda bisa dengan mudah yaitu dengan tekan kontrol kemudian melakukan seleksi. Dan teks yang anda inginkan akan terseleksi. Dan dengan bersamaan anda bisa menyeleksi teks tersebut.

8. Multi editing
Yang saya maksud multi editing disini sebenarnya ada kaitannya dengan multi editing diatas yaitu anda bisa melakukan editing dengan cara yang pertama adalah anda lakukan multi selecting yang akan menyeleksi beberapa teks tersebut setelah terseleksi anda sudah bisa melakukan multi edtiting yaitu anda akan langsung bisa mengedit secara bersamaan.

9. Tab width
Ini biasanya adalah jarak tab dalam sebuah teks atau baris teks jadi anda bisa mengatur seberapa anda bisa mengatur jarak dari tab ini. Dan apakah fungsi dari ini. Anda bisa melakukan ini dengan tujuan agar tulisan anda bisa lebih rapi. Jika tulisan anda bisa lebih rapi maka anda bisa melihat dengan mudah dan hasil tulisan akan lebih mudah dipelajari. Apalagi jika dipelajari oleh orang lain dan akan lebih mudah dipahami karena disertai jarak yang pas.
Scroll To Top