Hemat Kuota dengan Opera

  Halo sobat semuanya pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang hemat kuota. Dan hemat kuota pada kali ini akan berkaitan dengan hemat kuota pada perangkat pc atau komputer anda. Pernahkah anda merasa jengkel karena anda baru saja membeli kuota tapi tiba-tiba saja kuota tersebut malah habis dan pengurangan dari kuota tersebut menurut anda tidak sesuai dengan pemakaian yang anda pakai selama ini. Jadi anda merasa hanya memakai kuota yang sedikit tidak buka youtube tidak buka instagram tapi mengapa kuota saya sangat cepat habis. Tapi yang anda lakukan hanya sebatas melakukan searching searching di google. Atau browsing sesuatu. Tapi mengapa kuotanya sangat cepat habis. Apakah ada suatu aplikasi lain yang telah menyedot kuota saya.

   Sebenarnya tidak, tapi ini terkadang memang berasal dari browsing yang anda lakukan sendiri itu jadi memang anda yang melakukan tapi anda tidak menyadari. Jadi menurut saya hal ini disebabkan oleh halaman web yang cukup berat untuk dimuat jadi akan menyedot kuota anda dengan cukup banyak. Jadi anda tidak sadar akan hal ini, selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah website yang anda muat pada sebuah perangkat komputer atau pc akan berupa tampilan desktop jadi bisa dipastikan bahwa akan menggunakan kuota yang cukup banyak.

Lalu apa yang perlu kita lakukan supaya kita dapat menghemat kuota ini adalah kita harus memuat website dengan tampilan yang lebih ringan atau dengan kita mengakses dari perangkat hp mungkin maka data yang dimuat akan lebih sedikit. Bagaimana jika anda ingin melakukannya dengan laptop anda dan anda tidak ingin melakukan searching-searching di hp anda dan anda hanya ingin melakukannya dengan laptop anda. Baiklah jika anda ingin menghemat kuota anda maka akan saya bagikan trik tersebut. Trik tersebut menggunakan suatu browser yang cukup terkenal yaitu browser opera. Berikut adalah cara yang anda dapat lakukan silahkan disimak.

1. Gunakan Data saver
Dalam browser opera yang terkenal ini kita akan disuguhkan dengan banyak ekstensi yang dapat kita unduh secara gratis dan dapat membantu pekerjaan kita supaya dalam kita melakukan proses browsing dan yang lain-lain kita akan lebih mudah cepat dan efektif. Salah satu dan yang pertama kita bahas kali ini adalah untuk extention yang akan menghemat data jadi extention ini akan menghemat data dalam arti kita akan mendapatkan website yang biasa jadi yang lebih hemat.

Kalau menurut saya pada extention yang ini cara kerjanya atau konsepnya adalah memadatkan data. Atau akan mengambil data yang terpenting saja. Jadi akan lebih sedikit data yang akan di download. Jadi kita akan lebih menghemat data. Tetapi ini menurut saya tidak efektif terhadap semua website jadi ada sebagian website yang tidak berubah sama sekali jadi akan tetap dan data akan sama saja. Jadi menurut saya meskipun extention ini masih belum maksimal tetapi anda harus mencobanya. Supaya anda bisa membandingkan bagaimana perbandingan jika menggunakan data saver ataupun tanpa data saver. Jadi ini akan lebih menambah kepercayaan anda bahwa berkurangnya kuota anda adalah karena memang anda yang memakai.

2. Ad-block
Jika anda membuka blog atau pun website pasti anda sering disana terlihat iklan-iklan. Jadi anda akan melihat iklan ini di samping website diatas dan sebagainya jadi sebenarnya apakah iklan ini bisa membuat website menjadi lebih lama di load atau dalam artian lain webnya diload demgan data yang lebih banyak. Jadi saya juga berasumsi bahwa dalam website yang mengeluarkan iklan ini akan membuat kuota lebih cepat berkurang. Memangnya apa sebabnya dan hubungannya apa. Begini iklan ini kan juga seperti konten dan mayoritas konten ini adalah berupa gambar. Jadi dari gambar tersebut akan membuat kuota kita berkurangkan.

Kalau kita berfikir kuota yang digunakan Cuma sedikit jadi akan hemat. Sebenarnya kata tersebut ada benarnya juga sih. Tapi cobalah anda perhatikan jika anda memuat 5 iklan dalam 1 website dan dalam satu hari anda telah membuka lebih dari 10 website. Berapa saja kuota yang terkuras untuk memuat iklan. Lalu bagaimana dengan iklan yang dalam bentuk video. Bukankah ini iklan yang akan lebih banyak menguras kuota juga. Jadi intinya iklan ini juga berperan besar dalam pemborosan kuota. Dan iklan ini hampir disetiap website pasti ada karena ini akan menjadi sumber penghasilan dari si pemilik website tersebut. Lalu bagaimanakah cara supaya anda bisa mengontrol supaya iklan tidak tayang saat kita memuat sebuah halaman web.

Jawabannya adalah dengan menggunakan extention dari opera lagi. Untuk extention yang satu ini sebenarnya sudah cukup terkenal karena hampir disemua browser ini pasti ada yang namanya ad-blocker. Jadi extention ad-blocker ini mempunyai tugas yang cukup handal yaitu melakukan pemblokiran terhadap penayangan iklan pada web yang kita buka. Jadi yang semula kita ini melihat iklan maka secara otomatis jika ad-blocker ini diaktifkan akan membuat iklan yang tadi nya bisa tayang menjadi hilang. Dan proses memuat web menjadi lebih cepat. Dikarenakan tadi sudah kita jelaskan bahwa dalam hal ini iklan dapat memperlambat proses memuat suatu website. Maka dengan ad-blocker ini kita akan lebih cepat mengakses sebuah website. Serta kita mampu lebih menghemat kuota.

3. User-agent Switcher
Jika kita sudah aktifkan data saver kemudian ad-blocker tetapi kita masih mendapati kuota kita habis dengan cepat. Maka masih ada satu cara jitu yang dapat anda lakukan supaya anda bisa menghemat kuota anda. Jika dilihat dari judulnya mungkin ini cukup asing bagi anda jadi ini sebenarnya juga nama extention. Jadi nama user-agent switcher ini maksudnya adalah sebuah extention dari opera yang akan merubah tampilan webite sesuai user agent yang kita inginkan.

Jadi dalam extention ini kita akan diberi beberapa menu dimana kita dapat merubah user agent menjadi seperti mozilla, chrome, android dan sebagainya. Tetapi apakah cara ini akan terbukti menghemat kuota kita. Kita ingat dulu diawal tadi kita sudah berasumsi bahwa jika kita masih tetap boros menggunakan laptop sebaiknya kita menggunakan hp. Jadi data yang di load akan lebih lebih sedikit dan lebih menghemat. Jadi di extention ini kita bebas merubah tampilan website sesuai yang kita inginkan. Kita dapat merubah menjadi seperti android seperti dibawah ini.
Kalau anda perhatikan apakah tampilannya sama dengan tampilan yang di android. Sudah seperti emulator saja ya. Jadi dengan merubah menjadi seperti ini maka anda sudah dapat menghemat karena tampilannnya akan lebih ringan. Tetapi apakah anda masih kurang jika anda masih kurang anda bisa mengubah menjadi yang lebih luar biasa lagi yaitu tampilan java seperti pada gambar dibawah


Scroll To Top