Fungsi Tersembunyi dari CMD

Halo sobat semua kali ini blog bahas komputer akan membahas tentang cmd. Pasti anda sudah sering mendengar atau bahkan anda sudah sering menggunakan. Cmd ini sebenarnya adalah sebuah aplikasi bawaan windows untuk mengoperasikan komputer dengan interface cli atau command line interface. Kalau kalian sudah terbiasa dengan cmd ini biasa disebut ilmu hitam karena tampilan cli yang hanya hitam putih.

Tapi yang pasti dengan tampilan yang sederhana ini akan lebih ringan. Karena mengoperasikan lewat cmd ini sangatlah asik karena kita dapat mematikan, mengcopy, menjalankan program lewat cmd ini. Bukankah ini sangat seru dengan menulis sebuah perintah kita bisa melakukan menajemen. Lalu apakah fungsi dari cmd tersebut? Sebenarnya cmd tersebut memiliki banyak fungsi dan beberapa fungsi tersebut sangat berguna. Tetapi taukah anda bagaimana cara-cara membuka cmd. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuka cmd ini.

1. Melalui Windows+r
Untuk membuka cmd lewat windows+r ini sebenarnya sudah sering digunakan oleh banyak orang karena cara lebih cepat dan lebih fleksibel. Saya sendiri juga kebih suka menggunakan cara ini untuk membuka cmd. Lalu apa keunggulan cara ini dibanding fungsi yang lainnya seperti dengan aplikasi dan lain-lain. Ya dengan cara mengklik run ini maka anda akan dapat mengakses dengan lebih cepat karena run ini lebih ringan.

2. Melalui run
Untuk cara melalui run ini cukup mudah yaitu kita akan mencari aplikasi run pada start kemudian akan kita ketikkan perintah cmd. Maka secara otomatis akan langsung membuka aplikasi cmd dengan sendirinya.

3. Melalui aplikasi
Untuk membuka aplikasi melalui cmd ini sebenarnya jarang digunakan tetapi perlu anda pelajari juga karena ada fungsi tersembunyi dari cara ini. Untuk caranya adalah dengan cara mencari aplikasi command prompt pada start kemudian langsung kita klik. Lalu apa keunggulannya bukankah sama hasilnya yang dibuka adalah cmd. Sebentar, dengan cara ini anda sebenarnya akan bisa menggunakan fungsi tambahan salah satunya adalah kita bisa masuk  cmd sebagai administrator. Bagaimanakah maksudnya, kita dalam cmd akan memiliki hak akses yang tinggi saat mengoperasikan cmd. Lalu bagaimana cara kita supaya kita bisa masuk sebagai administrator. Caranya cukup mudah. Yaitu dengan mencari aplikasi cmd tadi kemudian kita klik kanan disitu akan ada sebuah pilihan ’run as administrator’ dan silahkan klik. Dengan begitu kita akan masuk ke cmd sebagai administrator.

4. Mengunakan windows+x
Kembali lagi kombinasi dari beberapa tombol yang dapat kita buat untuk membuka cmd tersebut tersebut. Saat kita mengklik tombol windows dan x secara bersamaan pada pojok kiri bawah akan muncul beberapa pilihan dan dari salah satu pilihan ini terdapat pilihan yaitu aplikasi cmd. Kita tinggal klik aplikasi tersebut dan aplikasi cmd akan secara langsung terbuka. Cara ini juga cukup cepat digunakan untuk membuka cmd karena pop up yang ditampilkan akan tampil dengan lebih cepat.

Berikut ini adalah fungsi tersembunyi dari cmd tersebut:
1. Dapat mematikan komputer
Kita akan mulai dengan fungsi yang cukup sederhana yaitu mematikan komputer. Bagaimanakah cara kerja dari cmd ini sehingga bisa mematukkan sebuah komputer. Akan kita lihat bagaimana caranya yaitu cukup mudah. Kita hanya cukup menuliskan perintah pada cmd. Lalu perintah apa yang perlu kita tuliskan. Inti dari perintah ini adalah perintah shutdown. Dengan perintah tersebut kita bisa memanipulasi cara kita mematikan komputer. Jika kita ingin langsung mematikan komputer kita cukup tekan shutdown –a. Dan sebenarnya masih banyak lagi cara mamatikan komputer dengan cmd ini. Dengan perintah ini sebenarnya cukup mudah dan cepat bukan.

2. Melakukan manajemen file
Biasanya anda melakukan manajemen file menggunakan explorer. Anda dapat melakukan copy paste membuat menghapus data maupun folder dan sebagainya. Dan dengan cmd anda juga dapat melakukan hal ini. Hanya dengan modal beberapa baris kode anda sudah dapat melakukan manajemen file pada cmd. Yang perlu anda perhatikan adalah anda mampu melakukan manajemen file dengan kode-kode tertentu dan kode tertentu tersebut ada harus menghafalnya terlebih dahulu. Supaya lebih mudah maka anda harus sambil melakukan praktek terhadap kode-kode yang anda pelajari.

3. Menonton Star War
Kalau anda masih bingung jadi silahkan anda baca ulang judulnya. Ya menonton star war, mungkin yang anda pikirkan adalah menonton film star war. Tapi apakah benar seperti yang anda pikirkan itu. Ya benar, yang kami maksud dari menonton star war adalah film star war seperti yang anda lihat biasanya. Tetapi ini dengan menggunakan cmd yang sangat ringan . bukankah ini cukup asik bukan. Untuk menjalankan fungsi anda perlu sedikit perbedaan dari yang sebelumnya. Yaitu anda butuh koneksi internet.

Jika anda sudah terhubung ke internet maka anda dapat menjalankan perintah ini karena sebenarnya perintah ini mengambil resource atau data dari online. Tetapi tenang ini tidak akan menghabiskan banyak kuota. Hanya sedikit saja karena nantinya cara ini akan menampilkan cmd dalam bentuk cli atau hanya dalam bentuk tulisan tapi tulisan yang saya maksud beda. Anda mungkin akan penasaran dengan hal ini kalau begitu anda dapat mengecek cara untuk menonton star war dengan cmd di blog ini.

4. Membuat hotspot
Pernahkah anda kebingungan saat anda ingin membagikan sebuah koneksi internet yang anda miliki kepada salah seorang teman atau keluarga anda. Sedangkan pada bawaan windows sendiri kita tidak menemukan tool atau aplikasi yang digunakan untuk mengaktifkan hotspot. Maka dari itu kita juga bisa manfaatkan cmd untuk mengaktifkan fungsi ini. Yaitu dengan cara mengetik netsh wlan start hostednetwork. Tetapi masih ada konfigurasi yang lain yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan fungsi ini.

5. Menjalankan program
Dengan cmd yang serba guna ini kita masih bisa menggunakan hal lain yang lebih berguna. Yaitu kita bisa membuka aplikasi atau program lain dengan menggunakan cmd. Sebenarnya kodenya adalah sangat mudah dan anda sudah bisa langsung mempraktekannya. Yaitu dengan cara menuliskan perintah start (nama program). Setelah itu kita akan langsung menuju aplikasi yang kita buat. Dengan cmd kita bisa melakukan banyak fungsi hanya bermodalkan sebuah baris kode. Maka dari itu aplikasi bawaan wondows yang satu ini harus kita maksimalkan.

Scroll To Top