Bedanya CLI dan GUI


Halo sobat semuanya kali ini saya akan membahas tentang sistem operasi dalam komputer. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang interfacenya. Apa anda sudah paham apa yang dimaksud dengan interface, yang dimaksud dengan interface adalah antarmuka dari sistem operasi komputer. Jadi kita akan bahas tentang bagaimana klasifikasi sistem operasi pada komputer berdasarkan antarmuka atau berdasarkan tampilannya. Jadi jika berdasarkan antar mukanya sistem operasi ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu untuk sistem operasi berbasis GUI dan sistem operasi berbasis CLI. Dan keduanya akan kita bahas pada artikel dibawah ini. Jadi anda nanti akan bisa membandingkan mana yang lebih cocok untuk anda gunakan.

1. GUI
Apa yang dimaksud dengan GUI. Ya lagi lagi GUI ini merupakan sebuah singkatan dari nama sebuah jenis sistem operasi pada komputer yaitu Graphic User Interface. Maksudnya gimana? Mungkin anda masih bingung dengan ini dan yang jelas kami akan berusaha menjelaskan dengan bahasa yang mudah dicerna supaya anda sebagai pembaca mudah memahami tentang maksud  dari GUI ini. Ya akan kita mulai dari kata yang pertama yaitu pada kata graphic, ya graphic disini maksudnya adalah sistem operasi disini mempunyai sebuah grafis yang bisa sebagai tampilan.

Jadi pada sistem operasi ini mempunyai grafik atau tampilan seperti itulah kurang lebih. Kemudian kata kedua yaitu user, maksudnya adalah pengguna. Jadi graphic tadi adalah untuk para pengguna dari sistem operasi tersebut. Dan yang ketiga adalah interface maksudnya yang berupa graphic adalah interface untuk pengguna tadi. Jadi kesimpulannya GUI adalah sebuah antarmuka pengguna yang mempunyai graphic atau grafis. Ini menurut saya menjadi sebuah sistem operasi yang user friendly karena akan lebih mudah dalam penggunaannya.


2. CLI
Sama seperti GUI tadi CLI merupakan sebuah singkatan juga yang awalnya merupakan Command Line Interface. Baiklah akan kita bahas lagi satu persatu dari yang pertama adalah command maksud nya adalah perintah jadi dalam menjalan kan sistem operasi menggunakan perintah tertentu. Yang kedua line atau garis dan disini bisa kita artikan baris juga jadi perintah tadi disusun pada baris. Yang ketiga adalah interface jadi yang berupa baris perintah tadi adalah tampilan atau user interfacenya. Apakah anda sudah paham? jadi intinya CLI ini merupakan sistem operasi yang interfacenya berupa tulisan saja. Jadi tidak ada grafisnya seperti pada GUI tadi. Jadi memang ini kurang user frinedly tetapi masih ada fungsinya tersendiri.

Perbedaan GUI dan CLI
1. Interface
Dari segi interface jelas sangat beda  jauh antara kedua sistem operasi tersebut karena yang umum yang membedakan mereka adalah pada tampilannya. Jadi begini keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Yaitu yang satu dengan tampilan yang cukup luar biasa dan yanng satunya sangat sederhana.  Jadi pada GUI berupa grafik dan pada CLI berupa tulisan saja. Dan jelas-jelas anda sebagai pengguna pasti akan memilih yang punya grafik karena anda pasti akan lebih mudah menggunakan atau mengamati dari sistem operasi tersebut. Dan yang saya maksud disini adalah bahwa pada cli memang tampilannya hanya hitam dan putih.

Dan memang jika anda kurang terbiasa menggunakannya anda akan kemungkinan bingung dalam menggunakan ini dan anda harus mencari tutorial terlebih dahulu. Tetapi berbeda dengan GUI yang pada umumnya punya penampilan yang menarik yang bisa kita pahami dengan mudah dan dapat kita pelajari dengan coba-coba. Seperti halnya saat kita awal membeli laptop dan disana terinstal windows maka kita cukup melihat tampilan kemudian kita coba-coba maka kita akan bisa tau maksud dari perintah ikon program dana sebagainya. Dan berbeda dengan yang berbasis CLI seperti contohnya adalah pada sistem operasi distronya linux yaitu Debian. Pada debian kita akan disuguhkan hanya background hitam dan tulisan berwarna putih.

Kalau kita seorang pemula bisa dipastikan kita akan bingung kan. Apa yang harus kita lakukan padahal pada CLI kita harus menggunakan perintah tertentu. Tetapi jika anda ingin mempelajari anda juga bisa melihat pada help di linux jadi akan disediakan apa saja perintah untuk menjalankan sistem operasi tersebut. Tetapi kenapa masih ada para pengguna dari sitem operasi CLI ini padahal ini sangat ribet bukan. Tetapi tidak begitu, sebagian orang memang menyukai sesuatu yang lebih menantang jadi mereka ingin terus mengasah dirinya untuk lebih terbiasa dengan sesuatu yang berbeda. Jadi kesimpulan secara tampilan dari sistem operasi GUI dan CLI adalah jika anda seorang pemula anda sebaiknya pakai GUI tapi jika anda ingin sesuatu yang luar biasa anda bisa coba CLI.

2. Kecepatan
Setelah kita membandingkan tampilannya kini waktunya kita mengetahui berapakah kecepatan dari ke-2 sistem operasi ini. Baiklah akan kita mulai dari yang GUI, jika anda pakai windows seperti yang biasa anda pakai apakah menurut anda ini lambat? Tidak kan. Karena beberapa faktor mungkin seperti penggunaannya memang ringan dan spek dari komputer anda memang tinggi. Tetapi anda harus tau bahwa pada CLI lebih cepat dari yang GUI.

Apakah anda tau penyebabnya. Jadi penyebabnya adalah jika suatu sistem operasi meload sebuah gambar atau file, frame, video dan sebagainya maka komputer akan lambat. Tetapi pada CLI lebih cepat dikarenakan pada CLI hanya meload sebuah tulisan. Dan ini bisa anda buktikan jika anda membuka file dengan format txt misalkan dan dibandingkan dengan format jpg. Jadi sistem operasi juga demikian. Akan lebih cepat saat hanya meload sebuah text.

3. Penggunaan
Sebenarnya kedua sistem operasi ini sampai saat ini masih banyak digunakan. Jadi semua masih dibutuhkan dan masih tetap dikembangkan. Jadi yang GUI semakin mantap tampilannya juga dan yang CLI juga semakin luar biasa cepatnya. Kalau masalah penggunaan pada GUI contohnya adalah yang anda lakukan pada windows anda setiap hari dengan tampilan tampilan tersebut bermain game seperti Pro evolution soccer, Fifa, GTA dan sebagainya. Tetapi pada sistem operasi berbasis CLI tetap ada game atau permainan.

Tetapi saya sangat jarang menemui jika pada CLI itu dibuat main game. Tetapi untuk apakah sistem operasi yang sederhana ini. Sistem operasi yang sederhana seperti CLI ini digunakan untuk sebuah server biasanya. Anda tadi sudah pahamkan jika masalah kecepatan CLI lebih diunggulkan, jadi cocok untuk server. Karena server tersebut butuh untuk memproses banyak data. Maka diperlukan sebuah sistem operasi yang punya kecepatan yang tinggi. Jadi bisa disimpulkan jika masalah penggunaan dari kedua sistem operasi ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan dan keduanya sama-sama masih digunakan sesuai kebutuhannya.

Scroll To Top