Apa itu CRUD?

Pada kesempatan kali ini blog bahas komputer akan menjelaskan tentang CRUD. Crud sendiri sebenarnya merupakan singkatan. Jadi crud itu adalah kependekan dari 4 kata yaitu Create, Read, Update, Delete. Apakah anda sudah punya gambaran tentang crud ini. Sebenarnya crud ini merupakan sebuah menajemen file atau fitur dalam pembuatan sebuah aplikasi atau membuat aplikasi dan web. Jadi crud ini terletak pada server side yang bertugas melakukan pengolahan data. Lalu data apakah yang akan diolah. Data yang akan diolah adalah data dari sebuah website atau aplikasi. Jadi dari ke 4 kata diatas mempunya makna dan fungsi masing-masing yang akan saya bahas dibawah ini.

1. Create
Yang pertama adalah Create atau jika kita artikan dalam bahasa indonesia adalah membuat. Jadi fungsi pertama dari crud adalah fungsi create yang bertugas untuk membuat sebuah dokumen. Lalu contoh penerapannya seperti apa dalam suatu aplikasi atau dalam suatu web. Jadi create adalah fungsi yang akan menambahkan sebuah data dan data tersebut akan tersimpan pada bagian server. Jadi fungsi create ini sangatlah penting. Pada kenyataannya jika kita ingin mengolah data tentunya kita  harus menambahkan data terlebih dahulu, dengan begitu kita dapat mengolah data tersebut. Dan jika data sudah berhasil kita masukkan kita bebas untuk melakukan eksekusi terhadap data 
tersebut.

2. Read
Pada fungsi yang kedua ini yaitu fungsi read. Anda tentunya sudah paham dengan maksud dari fungsi ini yaitu untuk membaca. Lalu apakah bisa kita simpulkan membaca. Bukankah yang membaca itu kita. Tapi kenapa ini masuk kedalam bagian crud ini padahal crud ini mengolah data. Begini, akan saya jelaskan terlebih dahulu. Jadi pada fungsi read ini yang dimaksud membaca adalah membaca data pada sebuah database atau sebuah server. Jadi data yang sudah tersaji dalam database akan di baca oleh bagian read ini. Dan setelah dibaca atau istilah lainnya adalah diambil. Jadi data yang dibaca tadi akan ditampilkan pada sebuah view pada web atau aplikasi nya. Jadi intinya seperti ini sebuah data pada database diambil dan ditampilkan pada view. 

3. Update
Fungsi update artinya adalah adalah mengupdate data. Updatenya bukan seperti update status tapi fungsi ini lebih mirip dengan fungsi edit. Jadi yang di edit adalah data pada database. Misalkan kita tadi sudah membuat data dan sudah di masukkan dalam database. Maka fungsi update ini akan berfungsi untuk merubah data yang kita buat tadi. Kita juga bisa mengedit data yang sudah ada pada database.

4. Delete
Mungkin belum dijelaskan saja kita sudah tau cara kerja dari fungsi ini. Maka pada crud ini fungsi dari delete jelas adalah untuk menghapus data pada database. Dan database bisa terhapus. Fungsi ini merupakan fungsi yang paling umum pada setiap web aplikasi maupun semua device pasti punya fungsi ini.

Cara kerja dari C R U D
Cara kerja crud adalah yang pertama yang jelas harus ada database yang tersedia , database ini dapat berupa database mysql atau pun database yang lainnya. Jika kita sudah punya databasenya  kita tinggal mengolahnya. Lalu bagaimana kita mengolah database tersebut. Ya dengan crud ini kita bisa mengolah database sebagaimana kita mau dengan beberapa fungsi dasar. Sebenarnya fungsi pada crud ini merupakan fungsi-fungsi dasar dalam manajemen file atau menajemen suatu database. Dan kita akan coba jelaskan cara kerjanya.

Yang pertama adalah kita menambahkan sebuah data pada database kita dengan fungsi tambah database kita tadi yang semula kosong akan bisa terisi dan dengan data kita juga tadi kita mampu menggunakan fungsi dari crud yang lainnya yaitu pada fungsi read update dan delete. Karena itu pada fungsi create ini adalah fungsi yang sangat penting  karena tanpa fungsi yang ini tidak ada data didalam database.

Kemudian pada fungsi read, maksudnya adalah menampilkan sebuah data kedalam sebuah tampilan. Yang dimaksud disini adalah interface yang akan bisa dilihat oleh para pengguna. Jadi akan bisa melihat isi dari database yang ada. Kemudian yang ketiga adalah fungsi update, fungsi ini adalah fungsi untuk membuat update pada data dalam arti data yang sudah ada akan dilakukan modifikasi atau akan diupdate. Dengan begitu akan terlihat bahwa fungsi yang pertama tadi merupakan fungsi yang sangat penting. Kemudian yang terakhir adalah fungsi delete atau bisa kita katakan fungsi untuk menghapus data jadi kita bisa menghapus data yang misalkan kita tidak suka atau data yang tidak penting.

Manfaat  C R U D
Manfaat dari crud ini adalah sangat jelas yaitu untuk membuat sebuah aplikasi atau sebuah website bisa berjalan dengan baik. Artinya disini berjalan dengan baik adalah bisa mengolah data. Karena sejatinya pada crud ini yang dibahas adalah data, jadi fungsinya crud adalah untuk memanajemen suatu data dan untuk menigkatkan kemudahan pada suatu aplikasi atau sebuah website.

Contoh penerapan C R U D
Contoh dari penerapan crud ini akan kita ambil pada sebuah aplikasi yang cukup terkenal atau webnya juga yaitu pada facebook. Begini akan kita jelaskan, pertama saat anda melakukan pendaftaran pada facebook apakah anda dimintai sebuah data diri dana apakaha anda memberi kepada mereka. Ya disinilah fungsi dari crud bekerja crud akan menambahkan data anda kedalam database dan data yang anda masukkan tadi disimpan pada database facebook.

Kemudian saat anda telah berhasil mendaftar pada facebook tersebut maka anda akan melihat penampakan akun anda dan akun tersebut sesuai dengan data yang anda isikan tadi. Maka peran dari sudah bisa anda lihat data yang anda masukkan tadi dan data tadi bukankah diambil dari database dan ditampilkan kembali pada anda. Dan yang bisa anda lakukan adalah contohnya adalah anda bisa update status dan mengupload foto. Saya ambil contoh lagi.

Pada saat anda melakukan update status ini maka anda akan ditampilkan juga dan anda juga akan ada opsi untuk sunting. Disini perannya update atau mengedit data dilakukan jadi data yang tadi sudah tersimpan anda ganti isinya. Setelah itu anda juga bisa melihat fungsi hapus postingan dan hapus postingan ini akan menerapkan fungsi delete.

Scroll To Top